Sejarah Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo) Secara Singkat

Sejarah Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo) Secara Singkat

Kesultanan Makassar adalah kesultanan Islam yang terletak di Sulawesi Selatan. Kesultanan Makassar sendiri berawal dari kerajaan Tallo dan kerajaan Gowa. Kedua kerajaan ini kemudian bergabung menjadi satu di bawah pimpinan raja Gowa. sementara raja Tallo menjadi mangkubumi. Setelah akhirnya menganut Islam, kerajaan tersebut akhrinya berubah menjadi Kesultanan Makassar.

Kesultanan Makassar berkembang menjadi sebuah pusat perdagangan di Indonesia bagian Timur. Hal ini karena letak Makasar yang strategis serta menjadi bandar penghubung antara Malaka, Maluku, dan Jawa sehingga ramai dikunjungi oleh pedagang-pedagang dari dalam dan luar negeri.

Puncak kejayaan Kesultanan Makassar ialah pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddin pada tahun 1653–1669 M. Sultan Hasanuddin berhasil membangun Makassar menjadi penguasa jalur perdagangan di wilayah Indonesia Bagian Timur.

{|CATATAN| Berikut kami sajikan 9 rekomendasi artikel terkait:
1) Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia Secara Singkat 
2) Sejarah Kesultanan Samudera Pasai 
3) Sejarah Kesultanan Aceh Darussalam 
4) Sejarah Kesultanan Demak 
5) Sejarah Kesultanan Banten 
6) Sejarah Kesultanan Mataram 
7) Sejarah Kesultanan Ternate dan Tidore 
8) Sejarah Kesultanan Banjar 
9) Peninggalan Sejarah Masa Islam di Indonesia}

Pada tahun 1660 M, terjadi perang Makassar. Perang ini dikarenakan oleh persaingan antara kesultanan Makassar dan kerajaan Bone yang memperoleh dukungan dari VOC Belanda.

Selain itu juga perilaku yang dilakukan oleh orang-orang Belanda yang menghalang-halangi pelaut Makasar untuk membeli rempah-rempah dari Maluku dan mencoba ingin memonopoli perdagangan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya perang Makassar.

Dan di dalam perang ini kesultanan Makassar mengalami kekalahan serta terpaksa menanadatangani perjanjian Bongaya yang sangat merugikan kesultanan Makassar.


Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kesultanan_Makassar
http://history-xscience1.blogspot.com/2014/05/kesultanan-makassar-gowa-tallo_17.html

0 komentar

Posting Komentar