Manfaat dan Peran Sungai dalam Pengembangan Ekonomi

Manfaat dan Peran Air

Air adalah elemen yang menutupi 2/3 dari luas permukaan bumi. Jenis air yang umumnya setiap hari dimanfaatkan oleh manusia adalah air tawar yang hanya 3% dari total volume air yang ada di bumi. Selain itu dari 3% jumlah air tersebut masih dibagi lagi menjadi gletsyer (69%), air permukaan (0,3%), air tanah (30%), dan bentuk lainya (0,9%).

Air tanah dan air permukaan merupakan jenis air yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari seperti untuk minum, mencuci, mandi, dan sebagainya. Selain itu juga, air berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia serta sumber ion yang diperlukan oleh tubuh manusia. Tanpa air maka manusia tidak akan mampu bertahan hidup dalam waktu lama.

Selain itu, air dipermukaan bumi menjadi tempat tinggal dari berbagai macam makhluk hidup yang sering dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Berbagai macam ikan baik di laut maupun di darat dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber makanan yang bergizi. Selain itu, Ikan juga bisa dibudidayakan di tambak-tambak di danau, di waduk ataupun di pantai.

Lebih jauh, air juga dibutuhkan dalam bidang pertanian dan perkebunan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia. Selain itu air juga berperan penting dalam kehidupan manusia yang lain yakni sebagai sarana transportasi. Dalam hal ini, daerah-daerah di pedalaman Kalimantan transportasi air masih sangat diandalkan. Transportasi air juga digunakan sebagai sarana penyeberangan antar pulau. Berikut beberapa manfaat dan peran sungai dalam pengembangan ekonomi.


Manfaat dan Peran Sungai dalam Pengembangan Ekonomi

Ada banyak sungai dengan panjang dan lebar yang beragam di bumi ini. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia dengan panjag 6.650 km yang melewati sebelas negara di dunia yakni Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir.

Sementara sungai terpanjang di Indonesia ialah sungai Kapuas di Kalimantan Barat dengan total panjang mencapai 1.178 km. Sungai ini mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller hingga ke muara sungai di Selat Karimata.

Sungai adalah massa air yang secara alami mengalir melalui suatu lembah. Pada umumnya sungai mengalir di permukaan bumi ke tempat yang lebih rendah dan sebagian lain meresap di bawah permukaan tanah. Lebih jauh, aliran sungai tidaklah tetap, kadang deras dan kadang juga lambat, tergantung pada kemiringan sungai itu sendiri. Alirannya mengikuti saluran tertentu yang di kanan kirinya dibatasi oleh tebing yang curam.

Sungai sering dimanfaatkan manusia untuk berbagai macam hal, dalam hal ini pemanfaatan dan peran sungai dalam pengembangan ekonomi antara lain yaitu:


1)    Sumber Air Industri

Aliran sungai di Indonesia pada bidang industri biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan air minum. Perusahaan ini memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku untuk disuling serta diolah menjadi air mineral yang menyegarkan untuk diminum. Tindakan seperti ini sangat mendukung perkembangan ekonomi dimana pengambilan bahan baku di sungai bisa meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.

 

2)    Irigasi

Pemanfaatan air untuk irigasi biasanya dilakukan oleh petani untuk mengairi sawah ataupun kebunnya agar kebutuhan air untuk tanaman bisa terpenuhi sehingga hasil panen akan lebih maksimal. Apabila hasil panen petani maksimal maka pendapatan yang akan diperoleh juga otomatis akan optimal.


3)    Perikanan

Usaha perikanan sering dilakukan pada sungai besar dengan aliran yang tidak begitu deras. Masyarakat biasanya akan membangun keramba atau kolam ikan dekat dengan sungai. Pemilihan tempat ini sangat menguntungkan petani karena pembuangan limbah dan pengisian kembali kolam dengan air bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus ada pompa seperti jika pembuatan kolam jauh dari sungai.


4)    Transportasi

Sungai bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi seperti halnya yang ada di Pulau Kalimantan. Di pulau Kalimantan, sungai yang ada cukup banyak dan termasuk kedalam sungai besar sehingga aksesibilitasnya akan lebih cepat dan murah melalui sungai dibandingkan dengan melalui dataran.


5)    Rekreasi

Pemanfaatan sungai yang lainnya yaitu sebagai destinasi wisata. Biasanya, sungai yang dipilih sebagai destinasi wisata ialah sungai yang mempunyai banyak jeram sehingga bisa dimanfaatkan sebagai wisata arung jeram.


6)    Sumber Bahan Bangunan (Pasir dan Batu)

Selain sebagai penyuplai air, taukah Anda bahwa sungai juga dapat menyuplai bahan bangunan seperti pasir dan batu, terlebih lagi pada sungai-sungai yang mempunyai hulu di sekitar gunung berapi seperti Sungai Code, sungai Gendol, Sungai Progo dan sebagainya.


Manfaat dan Peran Sungai dalam Pengembangan Ekonomi

Manfaat dan Peran Danau dalam Pengembangan Ekonomi

Danau adalah massa air yang ada di suatu cekungan (ledok/basin) yang terdapat di daratan. Danau Toba yang terletak di Pulau Sumatra merupakan terbesar yang ada di Indonesia. Danau dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, dalam hal ini pemanfaatan danau di bidang ekonomi yang umum dilakukan di Indonesia antara lain yaitu:


1)    Cadangan Air Bersih

Adanya air di danau dengan volume yang sangat besar bisa dimanfaatkan sebagai penyuplai air tanah dangkal ataupun air tanah dalam. Keberadaannya terutama akan membantu ketika sedang musim kemarau panjang.


2)    Air irigasi

Danau bisa dimanfaatkan sebagai air Irigasi, dimana irigasi ialah faktor utama dalam hal pertanian, danau ini bisa menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan air pada saat kemarau panjang. Ada kalanya, kebutuhan air irigasi tidak bisa terpenuhi hanya dari saluran lokal, maka waduk buatan bisa dibuat sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


3)    Pariwisata

Danau yang terbentuk secara alami ataupun secara buatan jika dikelola dengan baik menjadi suatu objek wisata maka akan memiliki daya tarik sendiri. Keberadaan danau alami ataupun buatan keberadaannya bisa ditujukan sebagai wisata air.


4)    Perikanan

Salah satu manfaat danau ialah untuk pengembangan perikanan. Air yang jumlahnya melimpah akan mampu menampung maupun sebagai penyuplai kebutuhan air di empang, yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan.


5)    Pembangkit Tenaga Listrik

Jika cadangan air yang ada di danau sangat besar dan mampu untuk dijadikan sumber tenaga hidrolistrik, maka danau atau waduk akan menjadi potensial untuk dijadikan sumber penggerak turbin dalam pembangkit listrik tenaga air.


Posting Komentar untuk "Manfaat dan Peran Sungai dalam Pengembangan Ekonomi"