18 Istilah Dalam Dunia Ikan Channa yang Sering Digunakan

18 Istilah Dalam Dunia Ikan Channa

Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas beberapa istilah yang sering digunakan dalam tubuh channa, pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia ikan channa, seperti misalnya CB, WC, Proven, Flaring dan sebagainya jadi simak artikel ini sampai habis.


1.    Captive Breed (CB)

CB adalah istilah yang digunakan untuk ikan hasil dari budidaya atau breeding. Saat ini banyak ikan hias yang diperdagangkan dipasaran termasuk juga ikan channa. Dipasaran sendiri asal dari ikan-ikan ini sangat beragam ada yang diperoleh dari hasil tangkapan alam dan ada juga yang diperoleh dari hasil ternak atau budidaya. Hasil ternak atau budidaya inilah yang selanjutnya disebut CB (Captive Breed).


2.    Wild Caught (WC)

Kalau tadi ada istilah CB, sekarang ada istilah WC. WC adalah singkatan dari Wild Caught atau bisa diartikan sebagai tangkapan alam. Banyak orang yang menggunakan istilah ini untuk ikan channa hasil dari tangkapan langsung dari alam atau habitat alami ikan channa. Seperti sungai, sawah, rawa-rawa dan sebagainya. Ikan channa hasil dari WC biasanya memiliki karakter yang masih sangat liar ketika ditempatkan pada aquarium pemeliharaan.


3.    Proven

Proven adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan status ikan channa yang pernah atau sudah ber-reproduksi dalam arti melahirkan atau memiliki anak. Terkadang banyak penjual ikan channa yang menjual ikan channa yang sudah pernah memiliki anak, biasanya para penjual ikan channa ini memberi embel-embel proven pada ikan channa tersebut untuk membedakannya dengan ikan channa lain.


4.    Pair

Pair secara kata dalam bahasa inggris bisa diartikan sebagai pasangan. Dalam dunia ikan channa istilah ini diambil untuk menunjukan dua ikan channa yang sudah berpasangan. Dalam hal ini satu pair ikan channa berarti satu pasang atau sepasang ikan channa yang terdiri channa jantan dan channa betina.


5.    Flaring

Flaring merupakan istilah yang digunakan untuk respon ikan channa yang melebarkan sirip dan membuka mulutnya, respon ini biasanya terhadap sesuatu yang dianggap mengancam ikan channa. Biasanya sirip-sirip channa akan mengembang seolah menggertak. Hal ini sesuai dengan sifat agresif dan teritorial ikan channa yang berusaha keras mempertahan wilayahnya.


6.    Lokaliti

Istilah lokality digunakan untuk menunjukkan asal daerah ikan channa. Pada umumnya lokaliti ini digunakan dibelakang nama spesies ikan channa. Hal ini bertujuannya untuk menspesialisasikan jenis ikan channa tersebut dengan daerah asalnya.


7.    WC (Water Change)

Istilah yang satu ini berbeda dengan WC sebelumnya kalau WC sebelumnya adalah singkatan dari Wild Caught, WC satu ini singkatan dari Water Change yang berarti pergantian air. Istilah water change sesuai artinya berkaitan dengan kegiatan pergantian atau pemeliharaan kualitas air ikan channa.


18 Istilah Dalam Dunia Ikan Channa yang Sering Digunakan


8.    Progress

Progress jika diartikan berarti kemajuan. Dalam hal ini istilah progres dalam dunia ikan channa berkaitan dengan upaya meningkatkan perkembangan ikan channa agar lebih baik, entah itu dalam hal antomi, warna, ataupun mental ikan.


9.    Treatment

Tratment jika diartikan berarti perawatan. Jika kita kaitkan dengan dunia ikan channa tratment ini bisa diartikan sebagai kegiatan atau tatacara perawatan terhadap ikan channa agar memperoleh hasil yang maksimal seuai dengan keinginan.


10.  Varian

Istilah varian sering digunakan dalam dunia ikan channa untuk menyebut penggolongan dari klasifikasi spesies. Biasanya disebutkan pada ciri warnanya. Seperti misalnya channa maru yang memiliki varian red dan yellow.


11.  Teritorial

Istilah teritorial sering kali digunakan dalam dunia ikan channa karena ikan ini memang bersifat teritorial. Teritorial disini berarti sifat ingin menguasai wilayahnya sendiri tidak boleh ada kepemilikan atau penguasa lainnya. Ikan channa biasanya akan bersifat agresif ketika ada sesuatu yang mendekat ke daerahnya.


12.  Predator

Istilah predator digunakan pada jenis ikan pemangsa atau pemburu. Dalam hal ini ikan channa bisa dikatakan sebagai ikan predator karena dialam liar ikan channa biasanya memburu hewan atau ikan kecil lainnya.


13.  Mager

Istilah mager berarti malas gerak. Istilah ini sering digunakan pada kondisi dimana ikan channa selalu diam ditempat dan tidak mau bergerak meski digoda ataupun diberi makanan sekalipun.


14.  Stres

Istilah stres dalam dunia ikan channa adalah untuk menyebutkan kondisi dimana ikan channa dalam keadaan mental terganggu karena sesuatu hal.


15.  Snakehead

Snakehead adalah istilah lain dari ikan channa. Ikan channa sering kali disebut dengan istilah snakehead karena kepala ikan channa berbentuk seperti kepala ular.


16.  In Door

Istilah in door dalam dunia ikan channa digunakan untuk menyatakan posisi dari sebuah aquarium pemeliharaan ikan channa  yang berada didalam sebuah ruangan.


17.  Semi Out Door

Istilah semi out door digunakan untuk menyatakan posisi dari sebuah aquarium pemeliharaan yang berada didalam sebuah ruangan, tetapi masih bisa mendapat sinar matahari secara langsung.


18.  Out Door

Istilah out door ini adalah kebalikan dari indoor. Istilah out door menyatakan posisi dari sebuah aquarium pemeliharaan yang berada atau ditempatkan diluar ruangan dan mendapatkan sinar matahari secara penuh.

Posting Komentar untuk "18 Istilah Dalam Dunia Ikan Channa yang Sering Digunakan"