Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak komputer atau software adalah kumpulan instruksi dan data yang diolah oleh komputer. Perangkat lunak adalah hubungan antara pengguna dan komputer sebagai perangkat keras.

Perangkat lunak mencakup perintah dari pengguna dan perangkat keras yang benar-benar menjalankan perintah tersebut. Perangkat lunak terdiri dari program, perpustakaan (kumpulan program kecil), dan data terkait perangkat lunak seperti Dokumen, Media Digital, dll. Berdasarkan lisensi, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:


1)    Freeware, yaitu software yang dapat digunakan secara bebas atau gratis tanpa batasan ruang lingkup atau durasi penggunaan, tetapi kode sumber yang ada tidak dapat dilihat atau dimodifikasi. Contohnya termasuk Skype, Avira, CCleaner, Smadav, Winamp, LibreOffice Writer.

 

2)    Shareware, yaitu software yang dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna untuk tujuan pengujian sementara saja hingga batas waktu yang ditentukan. Jika pengguna menyukai perangkat lunak tersebut, mereka harus membelinya. Shareware sering dibatasi oleh masa pakainya (misalnya. 30 hari versi uji coba) atau berapa kali perangkat lunak dapat dijalankan (misalnya. 30x) atau fitur tertentu yang tidak tersedia. Setelah masa percobaan berakhir, perangkat lunak dapat ditangguhkan atau terus berfungsi sebagaimana dimaksud. Contohnya termasuk Corel Draw, Microsoft Office, IDM (Internet Download Manager), Wondershare Filmora, Norton Antivirus.

 

3)    Adware, yaitu perangkat lunak iklan yang berisi iklan. Perangkat lunak ini gratis, tetapi Anda akan melihat iklan saat menjalankannya. Iklan ditampilkan saat peluncuran atau saat digunakan. Contohnya seperti Windows Live Messenger Plus yang merupakan contoh add-on produk adware untuk Windows Live Messenger.

 

4)    Perangkat Lunak Komersial/Kepemilikan, yaitu perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan dijual dan dibayar oleh pengembang perangkat lunak. Pengguna yang membeli perangkat lunak tidak boleh mendistribusikan atau memodifikasi perangkat lunak secara bebas tanpa izin resmi dari perusahaan yang menjual perangkat lunak tersebut. Perangkat lunak komersial ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Contohnya termasuk Microsoft Windows, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Kaspersky, dll.


Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya


Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Sebuah komputer tanpa perangkat lunak (software) tidak akan berfungsi dengan baik. Perangkat lunak komputer (software) adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer. Data elektronik yang disimpan dalam komputer dapat berupa program atau instruksi yang menjalankan perintah. Perangkat lunak juga dikenal sebagai penafsir perintah yang dijalankan oleh pengguna komputer dan diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.

Perangkat lunak terdiri dari komponen-komponen yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi dan membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen ini dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan fungsinya, yaitu: sistem operasi, sistem aplikasi, dan bahasa pemrograman.

Baca juga artikel terkait berikut:

1) Pengertian Sistem Komputer dan Fungsinya 

2) Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


1.   Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi adalah perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer Anda bekerja. Sistem operasi adalah jembatan dimana Anda berinteraksi dengan komputer. Sistem operasi, sering disebut sebagai perangkat lunak sistem, yaitu perangkat lunak pertama yang berjalan saat Anda menghidupkan komputer. Sistem operasi biasanya ditempatkan pada penyimpanan sekunder seperti hard drive, SSD, dll.

Sistem operasi bertanggung jawab untuk menyediakan layanan utama ke perangkat lunak lain yang sedang berjalan dalam bentuk menjadwalkan tugas, mengelola penyimpanan, mengonfigurasi operasi pengguna, dan mengakses penyimpanan sekunder. Bagian kode dalam sistem operasi yang menjalankan layanan utama disebut kernel. Sistem operasi memiliki beberapa fitur utama, yaitu:

a)    Manajemen proses: Ini melibatkan konfigurasi, penjadwalan, dan pemantauan proses (program) yang sedang berjalan di komputer Anda.

b)    Pengelolaan sumber daya: Berkaitan dengan pengendalian penggunaan sumber daya komputer yang digunakan oleh perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi lain yang sedang berjalan. Sumber daya adalah komponen perangkat keras di komputer Anda, seperti: CPU, memori, dan perangkat input atau output.

c)    Manajemen data: Berupa pengendalian data input dan output, termasuk alokasi pada secondary storage dan main memory.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk komputer PC/desktop saat ini adalah Microsoft Windows, MacOS Apple Inc., dan distribusi Linux (Debian, Fedora, Ubuntu). Sistem operasi paling populer untuk perangkat seluler (ponsel pintar dan tablet) adalah Android dan Apple iOS. Sistem operasi distribusi Linux banyak digunakan di komputer server dan superkomputer. Kelas khusus lain dari sistem operasi adalah sistem operasi untuk sistem embedded dan real-time.


1)    Sistem Operasi Windows

Windows adalah sistem operasi yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft, atau antarmuka berbasis antarmuka pengguna grafis. Windows tidak lagi memerlukan perintah untuk dimasukkan pada baris perintah seperti pada MS-DOS. Pengguna dapat membuka menu dan kotak dialog, menjalankan aplikasi, dan menghapus file hanya dengan mengeluarkan perintah dengan mouse atau keyboard.

Sistem operasi Windows adalah perekat yang menghubungkan aplikasi dan perangkat keras sehingga terintegrasi secara konsisten dan stabil. Windows juga mengontrol dan mengelola sumber daya yang berjalan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras di komputer Anda, serta mengelola dan mengontrol data input dan output. Keuntungan Windows adalah ia hadir dengan antarmuka yang ramah pengguna. Kelemahan Windows adalah tidak open source, berbayar dan sangat mahal, serta mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah dan rentan terhadap serangan virus.


2)    Sistem Operasi Linux

Linux adalah sistem operasi open source. Sistem operasi Linux yang biasa dikenal dengan Linux Distribution atau distro Linux, perkembangannya sangat cepat. Kekurangannya adalah tidak tersedia untuk pengguna awam, aplikasi Linux terbatas dan Linux sangat sulit untuk diinstal.


3)    Sistem Operasi Mac OS

Mac OS, atau singkatan dari Machintosh operating System, adalah sistem operasi eksklusif yang hanya tersedia untuk komputer Apple. Kelebihan MarCOs adalah sangat stabil, antarmuka yang sesuai untuk kebutuhan multimedia Anda, sangat aman, sulit diretas dan dilindungi virus. Kelemahannya adalah relatif mahal, tidak bagus untuk bermain game, dan bukan open source.


4)    DOS (Disk Operating System)

DOS (Disk Operating System) adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengelola semua sumber daya di komputer. Untuk menjalankan DOS, pengguna harus menggunakan keyboard komputer untuk memasukkan perintah. Perintah yang ditentukan diterjemahkan oleh sistem DOS sesuai dengan fungsi dari perintah tersebut. Misalnya, perintah yang ditemukan di DOS, seperti nama file program dengan ekstensi, dan nama file program yang diakhiri dengan .bat, .exe, dan seterusnya. Selain memasukkan nama file dari program perintah, DOS biasanya digunakan dalam kombinasi dengan berbagai parameter. Parameter ditulis setelah nama file program.

DOS (Disk Operating System) digunakan untuk mengontrol atau mengatur operasi komputer, mengkoordinasikan proses input dan output data komputer, mengelola memori komputer, dan mengelola file dan direktori. Kelebihan sistem operasi DOS adalah ringan, tidak memakan banyak memori, ukurannya kecil, dan sangat kompatibel. Memang, kekurangannya adalah tidak ada antarmuka dan instruksi hanya dalam bentuk tertulis, tidak dalam bentuk grafik.


2.   Program Aplikasi

Program aplikasi komputer adalah perangkat lunak siap pakai yang digunakan untuk mendukung pekerjaan. Di komputer, aplikasi ini diproses sesuai dengan kebutuhannya. Aplikasi adalah sekumpulan instruksi khusus di komputer Anda yang memungkinkan Anda melakukan tugas tertentu. Sistem aplikasi tidak berdiri sendiri. Dengan kata lain, sistem aplikasi bergantung pada sistem operasi.

Program aplikasi adalah program (kumpulan instruksi) yang dibangun atau dirancang untuk tujuan tertentu atau spesifik. Dengan kata lain, sistem aplikasi dibangun sesuai dengan domain masalah. Program aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk melakukan tugas pengguna. Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung pekerjaan manusia. Aplikasi ini tidak hanya membantu dan mempercepat proses kerja manusia, tetapi juga memberikan hasil yang lebih akurat saat menyelesaikan masalah.

Program aplikasi adalah program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan digunakan untuk memecahkan masalah tertentu dan melakukan tugas sesuai dengan kebutuhan pengguna. Beberapa jenis program aplikasi tercantum di bawah ini:


1)    Pengolah Kata (Word Processing)

Pengolah kata berfungsi untuk memproses data dalam format lembar kerja (spreadsheet). Misalnya Microsoft Word, WordPad, Notepad, Google Docs, LibreOffice Writer, AbiWord, WPS Office, Zoho Writer, dll.


2)    Pengolah Lembar Kerja (Spreadsheet)

Ini digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan desain grafis seperti: Menggambar dan Mengedit Foto. Contohnya termasuk Microsoft Excel, KSpread, OpenOffice Calc, Quatro Pro, Gnumeric, Google Sheets, WPS Spreadsheets.


3)    Pengolah Grafis

Pengolah grafis berfungsi untuk mendukung bisnis penerbitan buku, majalah, surat kabar, dll. Seperti mengedit, tata letak, membuat ilustrasi, dan sebagainya. Contohnya termasuk Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, GIMP, Illustrator, Inkscape, CorelDraw, Serif Drawplus.


4)    Pengolah Data (Database)

Ini digunakan untuk memproses sejumlah besar data yang disimpan dalam bentuk database. Seperti misalnya fata karyawan, data produk, dll. Contohnya termasuk Microsoft Access, Microsoft SQL Server, MySql, Oracle 10g, IBM DB2, MongoDB, PostgreSQL.


5)    Penerbitan (Publishing)

Digunakan untuk melukis atau menggambar desain untuk desain rumah, perhiasan, mobil, dll. Misalnya, Microsoft Publisher, Swift Publisher, Adobe Pagemaker, Adobe InDesign, Ventura Publisher, dan sebagainya.


6)    CAD (Computer Aided Design)

CAD digunakan untuk memutar berbagai bentuk media seperti audio, gambar, video, animasi, gambar visual dan film. Contohnya seperti Autocad, Pro Design, LibreCAD, SAP 2000, 3Design, dll.


7)    Multimedia

Digunakan untuk membuat program komputer berupa sistem informasi, software, dll. Sebagai contoh: Program checkout supermarket, program pendaftaran mahasiswa baru sekolah/lembaga, program internet banking bank, dll. Misalnya Windows Media Player, GOM Player, VLC, PicsArt, Adobe Flash, Camtasia Studio, Flight Simulator, Spotify, Youtube, Joox, dll.


8)    Bahasa Pemrograman

Digunakan untuk mengakses berbagai layanan Internet. Contohnya termasuk Pascal, COBOL (Common Bussiness Oriented Language), Basic (kode pertukaran simbolis tujuan umum untuk pemula), C, C++, Java, Python, Ruby, Scratch, dan sebagainya.


9)    Layanan Internet

Ini digunakan untuk mendukung perawatan komputer, manajemen disk, antivirus, partisi disk, dan meningkatkan kinerja komputer. Misalnya, email, www, browser, panggilan konferensi, FTP, newsgroup, dll.


10) Program Bantu (Utility)

Digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna aplikasi lain. Misalnya Norton Backup, Winrar, Get Data Back, Nero Burning Room, dan lain sebagainya.


11) Mobile Application - Social Media

Digunakan untuk melakukan transaksi berkomunikasi, bersosialisasi, dan jual beli. Misalnya, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, TikTok, dll.


12) Mobile Application – Commerce Apps

Digunakan untuk menyiapkan data dalam bentuk lembar kerja (spreadsheet). Contohnya Tokopedia, Traveloka, Gojek, Bukalapak, Tiket.com, Shopee.


3.   Bahasa Pemograman

Bahasa pemrograman adalah metode atau teknik untuk komunikasi atau interaksi antara manusia sebagai organisme hidup dan mesin (dalam hal ini komputer sebagai perangkat). Sebuah bahasa pemrograman berisi kumpulan perintah atau instruksi yang dimasukkan manusia menggunakan perangkat keras berupa papan ketik (keyboard). Bahasa pemrograman juga menentukan bagaimana data dikirim dan diambil, dan apa yang terjadi selanjutnya ketika berbagai kondisi terjadi, seperti misalnya dalam memberikan instruksi prioritas terhadap peralatan I/O (input/output), multimedia dan lain-lain.

Bahasa yang diketik berisi urutan langkah yang jelas, logis, dan sistematis, aturan khusus (unik), struktur khusus, dan elemen khusus (sintaks), karena kumpulan instruksi harus dipahami oleh komputer. Desain asli bahasa pemrograman ini muncul dari bahasa alami yang biasa digunakan manusia saat berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lain. Bahasa pemrograman mewakili kebutuhan programmer untuk menentukan atau mengarahkan perilaku komputer. Komputer hanya dapat memahami satu bahasa, bahasa mesin. Bahasa mesin terdiri dari nilai 0 dan 1 yang disebut digital.

Menerjemahkan bahasa pemrograman yang ditulis manusia membutuhkan teknik khusus dari compiler dan interpreter. Compiler adalah unit khusus dari bahasa pemrograman yang mengubah kode tertulis menjadi nilai 0 dan 1.

Interpreter adalah teknik untuk mengurai dan mengeksekusi urutan instruksi yang diberikan atau ditulis oleh seorang programmer dalam bahasa pemrograman tertentu, baris demi baris. Bahasa pemrograman generasi pertama. Jenis bahasa ini sangat sulit dipahami karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Juga dikenal sebagai bahasa rakitan, ini adalah bahasa pemetaan tunggal untuk instruksi komputer.

Setiap instruksi perakitan diterjemahkan oleh assembler. Dengan singkatan seperti STO for store (SAVE) dan MOV for move (MOVE), masih merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sulit dipahami, namun semakin mendekati bahasa yang lebih sehari-hari. Bahasa ini termasuk assembler, Fortran, dan banyak lagi.


1)    Algoritma (Algorithm)

Algoritma sangat berguna bagi pemrogram komputer untuk memahami konsep logika pemrograman dan untuk membuat modul program. Pengetahuan dasar matematika diperlukan untuk memahami algoritma, karena pada dasarnya mereka muncul dari konsep logika matematika. Tujuannya disini adalah untuk melatih kemampuan logika Anda agar dapat menyusun langkah-langkah pemecahan masalah dengan benar.

Algoritma adalah sekumpulan instruksi yang diartikulasikan untuk menggambarkan sekumpulan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah (problem solving). Secara umum, algoritma ini sangat mirip dengan proses yang sering dilakukan setiap hari, seperti menyalakan mobil atau memasak nasi. Algoritma adalah seperangkat konsep yang berkaitan dengan masalah desain program: daya komputasi, kesulitan, dan akurasi. Penerapan konsep ini umumnya digunakan dalam desain algoritma.

Ada beberapa cara atau metode perancangan algoritma. Yaitu kumpulan instruksi, rumus, tabel instruksi, program komputer, pseudocode (kode semu) dan diagram alir, atau penggunaan algoritma dasar. Teknik seperti diagram alur, pseudocode (kode semu), dan algoritma dasar biasanya digunakan untuk tujuan pemrograman matematika dan komputer.

Menurut banyak ahli pemrograman komputer, Anda memerlukan setidaknya tiga komponen saat merancang suatu algoritma, antara lain yaitu:

a)    Komponen Masukan (Input). Komponen ini biasanya terdiri dari pilihan variabel, jenis variabel, tipe variabel, konstanta, dan parameter (dalam suatu fungsi).

b)    Komponen Keluaran (Output). Komponen ini merupakan target dari algoritma dan desain program. Algoritma dan masalah yang diselesaikan secara terprogram harus dipetakan ke komponen output. Versi yang baik ditandai dengan tugas yang benar (dapat dijawab) dan sikap ramah (frendly).

c)    Komponen Proses (Processing). Komponen ini merupakan bagian yang paling penting dan utama ketika merancang suatu algoritma. Bagian ini berisi logika masalah, logika algoritma (sintaksis dan semantik), formulasi, metode (rekursi, perbandingan, penggabungan, pengurangan, dll).

Perangkat lunak, di sisi lain, diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumbernya, seperti:

a)    Open Source Software (perangkat lunak sumber terbuka) adalah perangkat lunak yang kode sumbernya telah tersedia untuk umum untuk dimodifikasi dan didistribusikan dalam kondisi tertentu, seperti mempertahankan nama aplikasi atau mempublikasikan hasil modifikasi. Contohnya termasuk Audacity, XAMPP, Linux, Notepad++, Android.

b)    Closed Source Software (Perangkat Lunak Sumber Tertutup) atau Proprietary Software (Perangkat Lunak Kepemilikan) adalah perangkat lunak atau software apapun yang tersedia untuk umum tetapi kode sumbernya tidak tersedia untuk umum. Misalnya Microsoft Windows, Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.


Posting Komentar untuk "Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya"