Mengenal Channa Auranti, Asal, Ciri Fisik, Cara Memelihara, dan Harganya

Mengenal Ikan Channa Auranti

Ikan channa Auranti merupakan salah satu jenis ikan channa yang menjadi primadona dikalangan penghobi ikan channa. Sejak dimulainya demam ikan channa beberapa tahun belakangan, ikan channa auranti tidak pernah sepi peminat bahkan pamornya masih terus meningkat hingga sekarang. Namun sebenarnya apa yang menjadi daya tarik utama dari ikan channa auranti ini sehingga tidak pernah kehilangan pamor? Dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang ikan channa auranti ini, jadi baca artikel ini sampai selesai.


Asal Ikan Channa Auranti

Ikan channa auranti adalah ikan channa endemik yang berasal dari lembah sungai Brahmaputra di negara bagian Assam dan Arunachal Pradesh, India timur laut. Ikan ini sekarang sudah menyebar ke banyak negara termasuk wilayah Asia Tenggara.

Nama Auranti sendiri merupakan kependekan dari Aurantimaculata, yang berasal dari bahasa Latin aurantium maculatus. Aurantium berarti oranye dan maculatus berarti 'bernoda, berbintik', mengacu pada pola warna ikan ini.

Habitat ikan channa auranti berasal dari sungai hutan hujan tropis yang memiliki kelembaban, curah hujan dan suhu yang tinggi. Ikan ini menyukai lingkungan dengan vegetasi yang melimpah dengan suhu berkisar antara 16 sampai 25 derajat celcius. Selain itu mereka juga mampu bertahan hidup dilingkungan air tawar maupun air payau, dengan kata lain mereka memilki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan baru, maka tak heran jika ikan ini mempu bertahan diwilayah Asia Tenggara.


Ciri Fisik dan Karakteristik Ikan Channa Auranti

Bentuk fisik dan warna ikan channa auranti terbilang sangat menarik, bahkan ikan ini selalu dibanding-bandingkan dengan channa barca meskipun sebenarnya tidak sebanding. Namun jika Anda menginginkan ikan channa barca tetapi tidak kesampaian maka pilihan terbaik untuk mengobati kekecewaan anda adalah ikan channa auranti ini.

Ikan channa auranti termasuk ikan channa dengan ukuran yang sedang, tubuh ikan channa ini bisa tumbuh hingga 40 cm. Channa auranti mempunyai bentuk seperti ikan channa pada umumnya, memiliki kepala seperti ular dengan tubuh yang memanjang. Ikan ini memiliki 45-47 jari sirip punggung, 28-30 jari sirip dubur, 51-54 sisik gurat sisi, dan 8-12 sisik pipi.

Bagian atas tubuh ikan channa auranti ini berwarna coklat tua sampai hitam dengan 7 atau 8 bercak besar berwarna jingga tidak beraturan. Channa auranti mempunyai 5 pita hitam vertikal lebar yang jelas pada sirip dada dengan bercak hitam di dasarnya. Ikan channa auranti ini memiliki perpaduan warna yang menarik, mulai dari hitam, coklat, biru muda, orange, kuning, dan hijau. Perpaduan warna inilah yang menjadi daya tarik utama dari ikan channa auranti ini.

Ikan channa auranti adalah ikan predator, itu artinya ikan ini memiliki insting pemburu yang memiliki pergerakan cepat dan gesit dengan sikap yang cenderung agresif dan teritorial. Namun justrul hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari ikan channa pada umumnya, terutama pada saat kita memberi makan ikan channa peliharaan kita.


Mengenal Channa Auranti, Asal, Ciri Fisik, Cara Memelihara, dan Harganya


Cara Memelihara Ikan Channa Auranti

Ikan channa auranti cocok dipelihara dalam akurium yang memiliki pencahayaan yang redup dengan area tanaman yang rapat, tempat berenang terbuka dan banyak tempat berteduh. Karena ikan channa suka melompat, maka pastikan untuk menutup akuarium, namun tetap memberi celah antara permukaan air dan penutupnya agar ikan ini tetap bisa mengambil udara dengan nyaman.

Untuk suhu air, pastikan suhunya tidak lebih rendah ataupun tidak lebih tinggi dari rentang 16 sampai 25 derajat celcius karena suhu ini adalah suhu habitat asli ikan channa auranti. Pada saat musim dingin, ikan channa auranti cenderung membutuhkan lebih sedikit makanan dan tingkat air yang lebih rendah. Musim dingin juga membantu ikan ini menurunkan suhu tubuhnya karena jika tetap pada suhu yang tinggi akan rentan terkena infeksi bakteri yang mematikan.

Ikan channa auranti bisa dipelihara sendiri ataupun berpasangan. Untuk membentuk pasangan, Anda bisa memasukan sekelompok channa auranti muda dalam satu wadah sampai pasangan terbentuk. Jika pasangan sudah terbentuk maka pisahkan pasangan tersebut ke wadah lain karena pasangan channa ini bisa membunuh ikan lainnya.

Pasangan channa Auranti akan memiliki hubungan dekat dalam waktu yang cukup lama. Meskipun begitu, terdapat laporan bahwa ikan ini bisa saja mengalami agresi mendadak setelah kawin atau disebabkan karena perubahan lingkungan, yang seringkali berakhir dengan kematian salah satu pasangan.

Sementara itu perihal makanan, Anda bisa memberi ikan channa auranti peliharaan Anda dengan makanan berprotein tinggi agar kesehatannya tetap tejaga, seperti misalnya ikan kecil, udang, serangga, pelet khusus ikan channa, dan sebagainya namun pakan hidup bisa dikatakan lebih baik karena lebih fresh dan mental ikan channa Anda tetap bagus. Pastikan juga Anda memberinya makan secara teratur dan bervariatif.


Harga Ikan Channa Auranti

Ikan channa auranti termasuk ikan channa yang sangat populer di indonesia oleh karena itu harganyapun cukup mahal namun tetap bervariatif, dalam arti tidak ada harga yang pasti mengenai ikan ini. Namun jika diperkirakan harga untuk ukuran ikan 15 cm ke atas berkisar antara Rp500.000,00 sampai Rp30.000.000,00 tergantung kualitas. Semakin tinggi kualitasnya maka bisa saja harganya lebih mahal.

Posting Komentar untuk "Mengenal Channa Auranti, Asal, Ciri Fisik, Cara Memelihara, dan Harganya"