Jenis-Jenis Ikan Channa Asiatica Paling Populer

4 Jenis Ikan Channa Asiatica

Ikan channa Asiatica merupakan salah satu jenis ikan channa yang paling banyak dipelihara oleh para pemula penghobi ikan channa. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, perawatannya yang mudah dan visualnya yang cantik juga menjadi alasan kenapa ikan channa asiatica ini menjadi pilihan banyak orang. Selain itu ikan channa asiatica ini mempunyai beberapa jenis varian warna yang menjadi daya tarik tersendiri dari ikan ini. So dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis ikan channa Asiatica, jadi baca artikel ini sampai selesai.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, ikan channa asiatica merupakan salah satu jenis ikan channa yang berasal dari perairan china. Ikan ini juga tersebar diperairan Taiwan hingga Jepang selatan. Ikan ini dikanal juga dengan nama Small snakehead atau Chinese Snakehead.

Habitat ikan channa asiatica berada dialiran sungai berarus lambat, area hutan atau rawa yang selalu tergenang air. Ikan jenis ini biasanya hidup disuhu ideal 18 sampai 24 derajat celsius dengan kadar pH 6 sampai 7,5. Mereka suka bersembunyi di antara akar pohon, daun, dan rumput pinggir sungai.

Ikan channa Asiatica memiliki ciri fisik yang cukup unik. Tubuh ikan ini dapat tumbuh hingga berukuran 35 cm, bisa dibilang ukuran tersebut tergolong sedang untuk ukuran umum ikan channa. Fitur tubuh ikan channa ini berbentuk silinder memanjang dengan sirip punggung yang menutupi hampir sepanjang tubuhnya, ditambah ekor yang mekar dan tegap sehingga dipastikan ikan ini adalah perenang yang gesit.

Bagian kepala ikan ini nampak seperti kepala ular khas ikan predator yang membuatnya terlihat garang. Selain itu yang unik dari ikan predator satu ini adalah ikan ini memiliki pertumbuhan yang cepat ditahun pertama hidupnya dan akan melambat setelah tahun berikutnya.

Sementara itu jika bicara mengenai warna, ikan channa asiatica ini memiliki varian warna yang cukup beragam tergantung jenisnya, namun pada dasarnya warna dasar dari ikan channa ini adalah warna hitam, kecoklatan, dan keabu-abuan. Sementara untuk warna corak hiasannya lebih beragam, mulai dari warna putih, merah, biru muda, hijau dan orange.

Setiap jenis ikan channa asiatica memiliki warna yang khas dan menjadi pembeda dari jenis ikan channa asiatica lainnya. Bisa dikatakan jenis ikan channa asiatica ini sangat beragam dan banyak, oleh karena itu dalam artikel kali ini saya hanya akan membahas jenis ikan channa asiatica yang populer saja yaitu ikan channa asiatica white spot, red spot, red stripe, dan red stripe white spot.


Jenis Jenis Ikan Channa Asiatica Paling Populer


1.   Ikan Channa Asiatica White Spot

Ikan channa asiatica jenis ini memiliki ciri khas warna garis putih dengan jumlah mutiara atau titik-titik putih yang melimpah disekujur tubuhnya. Tubuh channa jenis ini biasanya berlatar hitam ataupun coklat gelap yang eksotis. Pada ikan channa asiatica jenis ini, kecantikan mutiaralah yang menjadi daya tarik utama dari ikan channa jenis ini. Jika dilihat dengan latar background gelap ikan ini terlihat seperti ikan galaxy.


2.   Ikan Channa Asiatica Red Spot

Berbeda dengan ikan channa asiatica white spot yang bertabur bintik putih, ikan channa asiatica red spot ini memiliki ciri khas bintik-bintik merah disekujur tubuhnya. Bintik-bintik merah ini sekaligus menjadi daya tarik utama dari ikan channa asiatica jenis ini. Selain terlihat mencolok, bintik-bintik merah pada ikan ini juga menambah kesan eksotis.


3.   Ikan Channa Asiatica Red Stripe

Ikan channa asitica jenis ini didominasi oleh warna garis merah atau bar merah tegas dengan latar putih atau coklat pada tubuhnya. Channa Asiatica jenis ini cenderung memiliki jumlah white spot atau titik-titik putih yang sedikit pada tubuhnya. Namun warna garis merahlah yang sebenarnya menjadi daya tarik utama dari ikan channa asiatica jenis ini.


4.   Ikan Channa Asiatica Red Stripe and White Spot

Ikan channa jenis ini konon adalah ikan channa hasil silangan dari jenis asiatica red stripe dan white spot yang dibahas sebelumnya. Ikan channa ini terlihat seperti gabungan antara channa asiatica red stripe dan white spot yang ditandai dengan garis bar merah yang disertai mutiara atau bintik-bintik putih ditubuhnya. Perpaduan kedua warna ini menjadikan ikan channa asiatica jenis ini menjadi unik dan menarik.

Sementara itu untuk perawatan keempat jenis ikan channa asiatica ini bisa dibilang sama saja. Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan ini maka pastikan untuk menyiapkan akuarium yang memadai, buatlah situasi akuarium yang nyaman untuk ditinggali ikan channa ini. Ikan jenis ini biasanya hidup disuhu ideal 18 sampai 24 derajat celsius dengan kadar pH 6 sampai 7,5. Tambahkanlah tanaman ait ataupun kayu agar ikan ini dapat hidup dengan nyaman dan merasa hidup dihabitatnya. Jangan lupa untuk menutup atap akuarium karena ikan ini cukup agresif dan suka melompat. Selain itu berilah ikan channa asiatica ini dengan makanan yang baik seperti ikan kecil, udang, serangga, dan sebagainya agar kesehatannya tetap terjaga.


Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Ikan Channa Asiatica Paling Populer"