Mengenal Ikan Channa Pulchra, Habitat, Ciri Fisik, dan Cara Merawatnya

Mengenal Ikan Channa Pulchra

Pernah lihat ikan channa satu ini? Mungkin bagi Anda yang memang penghobi ikan channa pasti tidak asing lagi dengan channa satu ini, ya ini adalah ikan channa pulchra dari perairan Myanmar.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang ikan channa Pulchra ini? Jika iya, Anda sudah berada di artikel yang tepat karena di artikel kali ini saya akan membahas beberapa hal menarik tentang ikan channa ini yang tentu saja sayang jika dilewatkan.


Habitat Ikan Channa Pulchra

Ikan channa pulchra adalah ikan channa yang berasal dari perairan Myanmar tepatnya di sungai Kyentali Chaung Myanmar Barat. Ikan ini hidup dialiran sungai yang deras dengan kadar oksigen tinggi dan suhu yang cukup dingin (subtropical) karena sumber air tempat mereka tinggal berasal dari pegunungan Himalaya. Ikan channa ini sendiri baru teridentifikasi pada tahun 2007 oleh dokter R. Britz.

Ikan channa pulchra dijual dengan harga yang sangat beragam tergantung ukuran dan kualitasnya. Harganya sendiri rata-rata berkisar antara Rp30.000,00 – Rp3.000.000,00.


Mengenal Ikan Channa Pulchra, Habitat, Ciri Fisik, dan Cara Merawatnya


Ciri Fisik Ikan Channa Pulchra

Ikan channa pulchra memiliki bentuk fisik yang sama dengan ikan channa jenis lain hanya saja tubuhnya agak kecil karena termasuk ke dalam ikan gabus dengan varietas kerdil, ukuran maksimalnya hanya bisa mencapai 25 sampai 30cm saja. Namun daya tarik utama dari ikan channa ini bukan pada ukuran tubuhnya melainkan pada keindahan warnanya.

Ikan channa pulchra memiliki warna yang terbilang sangat menarik, tubuh ikan ini didominasi warna biru dan keabu-abuan. Semakin biru warna ikan ini maka akan dianggap semakin baik kualitasnya. Namun tidak hanya itu, ikan ini juga memiliki corak bintik hitam dan kuning ditubuhnya yang memperkaya kehindahan warna dari ikan ini.

Warna sirip depan dengan corak belang hitam putih juga menambah kesan eksotis, ditambah lagi dengan sirip dorsal dan ekor yang lebar dengan degradasi warna biru yang akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Maka pantas saja banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan channa pulchra ini.

Namun perlu Anda ketahui juga bahwa keindahan warna dari ikan channa pulchra ini tidak datang dengan sendirinya, diperlukan perawatan-perawatan khusus agar keindahan warnanya cepat keluar seperti misalnya membuat ikan merasa nyaman dalam akuarium, memberi makanan bergizi yang dapat mempercepat perubahan warna dan cara-cara lain yang terbukti mempercantik warna ikan ini.


Cara Merawat Ikan Channa Pulchra

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan channa pulchra ada baiknya Anda mempersiapkan akuarium yang memadai, gunakanlah akuarium yang sesuai dengan ukuran ikan channa Anda agar ikan Anda lebih nyaman dan tidak stres. Gunakan air dengan kadar pH sekitar 6,5 dengan suhu 20 sampai 22 derajat celcius. Selain itu menambahkan kayu atau tanaman air juga baik untuk membuat ikan Anda merasa nyaman seperti dihabitatnya.

Ikan channa pulchra di habitatnya memakan banyak jenis makanan, seperti misalnya ikan kecil, udang, cacing, serangga dan sebagainya jadi berikanlah salah satu makanan tersebut. Tapi tidak ada salahnya juga jika Anda memberi mereka makan dengan pelet ikan channa. Karena tubuhnya dominan biru maka pelet yang baik untuk ikan ini adalah jenis Premium Blue yang mengandung pigmen biru. Jika Anda merawat ikan ini dengan baik setiap hari maka keindahan ikan ini pasti akan nampak sedikit demi sedikit sampai dengan nanti mencapai keindahan puncaknya.


Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Channa Pulchra, Habitat, Ciri Fisik, dan Cara Merawatnya"