4 Cara Membedakan Channa Limbata Jantan dan Betina

Cara Membedakan Channa Limbata Jantan dan Betina

Sebenarnya bagaimana caranya membedakan channa limbata jantan dan betina? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh seorang pemula penghobi ikan channa yang ingin mencoba untuk membudayakan ikan channa limbata.

Mungkin memang wajar pertanyaan ini ada karena jika kita tidak punya pengalaman sebelumnya akan sulit untuk membedakan mana channa limbata jantan dan mana channa limbata betina. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mencoba untuk memberi saran bagaimana cara membedakan ikan channa limbata jantan dan betina.


Ikan channa limbata merupakan ikan channa asli perairan indonesia, bahkan masyarakat pulau Jawa mengenal ikan channa ini dengan sebutan ikan kotes, ikan bogo, dan ikan gabus gunung. Habitat ikan channa ini sendiri biasa ditemukan diperairan gunung, sawah, sumber mata air jernih, dan hulu sungai di Indonesia. Ikan ini biasa hidup dengan suhu air 26 sampai 30 derajat Celcius dengan kadar pH 6,5 sampai 7, serta menyukai perairan yang tenang berarus lambat dan memiliki vegetasi lebat.

Meskipun ikan channa limbata ini asli dari perairan indonesia dan sudah ada sejak dulu, namun kepopulerannya baru muncul beberapa tahun belakangan ini setelah demam ikan channa muncul. Oleh karena itu sekarang banyak orang yang memelihara ikan ini dan ingin membudidayakannya, tapi karena masih pemula jadi tidak banyak orang yang bisa membedakan antara channa limbata jantan dan betina.

Memang hal ini wajar karena secara sekilas channa limbata jantan dan betina terlihat sangat mirip, tapi jika kita melihatnya lebih detail sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara channa limbata jantan dan betina. Dalam hal ini setidaknya ada 4 cara bagaimana cara membedakan channa limbata jantan dan betina, yaitu sebagai berikut:


4 Cara Membedakan Channa Limbata Jantan dan Betina


1)   Bentuk Kepala

Perbedaan antara channa limbata jantan dan betina yang pertama ada pada bentuk kepalanya. Jika kita lihat lebih detail, channa limbata jantan memiliki bentuk kepala lebih bulat atau mengambang dibandingkan dengan limbata betina. Sementara bantuk kepala channa limbata betina terlihat lebih runcing atau lebih oval. Dan jika kita menyandingkan keduanya antara jantan dan betina maka perbedaan ini akan terlihat lebih jelas.


2)   Warna

Perbedaan antara channa limbata jantan dan betina yang kedua ada pada warnanya. Jika diperhatikan dengan baik warna tubuh ikan channa limbata jantan terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan channa limbata betina yang terlihat agak kusam atau pudar.

Selain itu warna dorsal pada ikan channa limbata jantan terlihat lebih kuat dibandingkan dengan betina, ditambah lagi jika kita perhatikan lebih jauh warna rim pada ikan channa limbata jantan cenderung lebih tebal dibandingkan dengan ikan channa limbata betina yang tipis. Jika Anda berniat membeli salah satu limbata jantan dan betina maka perhatikanlah ciri-ciri warna ini.


3)   Ukuran Perut

Perbedaan antara channa limbata jantan dan betina yang ketiga ada pada ukuran perutnya. Jika Anda menyandingkan antara ikan channa limbata jantan dan betina yang usianya sama maka Anda pasti akan melihat perbedaan ukuran perutnya. Dalam hal ini ikan channa limbata betina cenderung memiliki ukuran perut yang lebih besar dibandingkan channa limbata jantan, hal ini karena perut ikan channa limbata betina mempunyai fungsi untuk menyimpan telur-telurnya, terlebih lagi jika ikan tersebut sudah memasuki usia kawin maka akan terlihat semakin besar.


4)   Lubang Reproduksi

Perbedaaan antara channa limbata jantan dan betina yang terakhir ada pada lubang reproduksinya. Mungkin dibandingkan ketiga ciri-ciri sebelumnya, ciri pembeda satu ini menjadi ciri yang paling akurat dan terlihat jelas. Dalam hal ini Anda hanya perlu menangkap salah satu ikan channa limbata Anda dan perhatikanlah bagian anal atau alat reproduksi dibagian bawah tubuhnya.

Lihat apakah lubang reproduksinya ada satu atau dua. Jika ada dua maka bisa dipastikan ikan tersebut adalah channa limbata jantan, dan sebaliknya jika lubang reproduksinya ada satu, bisa dipastikan itu adalah channa limbata bentina.

Selain itu jika Anda mencoba untuk mengurut perut ikan channa limbata jantan yang sudah berusia dewasa maka biasanya akan keluar cairan seperma dilubang reproduksinya, sedangkan pada channa limbata betina tidak. Perlu Anda ketahui juga bahwa ikan channa limbata baru bisa dikawinkan ketika berusia 8 sampai 12 bulan.


Posting Komentar untuk "4 Cara Membedakan Channa Limbata Jantan dan Betina"