10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Dicari

10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Populer dan Dicari

Jika ditanya ikan hias apa yang sering dipelihara di akuarium ataupun kolam ikan maka salah satu jawabanya pasti adalah ikan mas koki. Selain karena memang sangat cocok dipelihara di akuarium ataupun kolam ikan, ikan mas koki ini memiliki tampilan yang sangat menarik, entah itu dari warnanya yang cerah dan beragam ataupun bentuknya yang unik.

Selain itu, ikan mas koki juga memiliki varian atau jenis yang beragam dan setiap jenisnya memiliki daya tarik tersendiri entah itu dari segi warna ataupun bentuk sehingga kita diberi keleluasaan dalam memilih jenis ikan koki yang kita suka. Untuk mempermudah Anda dalam memilih ikan mas koki yang mungkin Anda suka, berikut beberapa jenis ikan mas koki paling populer dan banyak dicari oleh para penghobi ikan koki:


10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Dicari dan Populer


1)   Ikan Koki Oranda

Pertama ada ikan mas koki oranda. Anda pasti tidak asing lagi dengan jenis ikan koki satu ini karena ikan koki ini bisa dibilang adalah jenis ikan koki paling banyak dijual dipasaran, oleh karena itu Anda pasti akan mudah menemukan ikan koki jenis ini. Ciri khas dari ikan koki oranda adalah adanya gupalan lemak dibagian atas kepala ikan ini yang mirip seperti buah beri, selain itu bentuk perutnya juga sangat buncit dan memiliki ekor yang mekar sehingga sangat menarik ketika melihatnya berenang.

 

Perlu Anda ketahui bahwa ikan koki oranda ini juga terbagi lagi kedalam beberap jenis ikan koki oranda sesuai dengan warnanya, seperti misalnya koki oranda red cup, koki oranda panda, koki oranda tricolor dan sebagainya. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih jauh silahkan tonton video sebelumnya.


2)   Ikan Koki Ranchu

Ke dua ada jenis ikan koki ranchu. Ikan ini terlihat sangat lucu dan berbeda dengan jenis ikan koki lainnya. Ciri khas utama dan sekaligus menjadi daya tarik utama dari ikan ini adalah bentuk punggungnya yang melengkung dan tanpa adanya sirip, selain itu terdapat gumpalan lemak kecil mirip buah beri diseluruh bagian kepalanya. Ditambah lagi jika diperhatikan bentuk ekor ikan ini relatif kecil untuk tubuhnya, sehingga mereka terlihat sangat berusaha ketika berenang dan hal tersebut malah membuat mereka terlihat begitu lucu.

Untuk varian warna, ikan koki ranchu ini memiliki varian warna yang sangat beragam, mulai dari warna merah, kuning, hitam, merah putih, sampai dengan panca warna. Jadi jangan hawatir karena Anda memiliki banyak pilihan warna jika ingin memelihara ikan koki satu ini.


3)   Ikan Koki Ranchu Lionhead

Ke tiga ada jenis ikan koki ranchu lionhead. Jenis ikan koki ini hampir mirip dengan ikan koki ranchu, hanya saja dibagian kepalanya ikan koki rancu lionhead memiliki gumpalan lemak mirip buah beri yang lebih besar dibandingkan dengan ikan koki ranchu biasa sehingga terlihat seperti seekor singa. Jika Anda pikir gumpalan lemak pada ikan koki rancu terlalu kecil maka altrnatif paling ideal adalah memilih ikan koki ranchu lionhead ini.


4)   Ikan Koki Mutiara

Jenis ikan koki yang ke empat ada ikan koki mutiara. Bisa dikatakan ikan ini memiliki bentuk tubuh paling bulat dibandingkan dengan ikan koki lainnya, oleh karena itulah ikan ini diberi nama ikan koki mutiara. Selain itu yang unik dari ikan ini adalah mereka memiliki sisik yang menonjol dibagian tubuhnya sehingga terlihat seperti taburan wijen diatas onde-onde yang sedang berenang.

Ikan koki mutiara pada umumnya memiliki warna kombinasi merah dan putih, namun tidak menutup kemungkinan terdapat juga warna lainnya. Dengan keunikannya, ikan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda pelihara di rumah.


5)   Ikan Koki Ryukin

Jenis ikan koki yang ke lima adalah ikan koki ryukin. Berbeda dengan jenis ikan koki lainnya, ikan koki ryukin memiliki pundak yang unik dimana pundak ikan ini menonjol ke atas mirip seperti pundak unta sehingga sangat kontras dengan bentuk kepalanya yang kecil. Biasanya semakin tinggi pundak ikan ini dan semakin bulat ketika dilihat dari samping maka semakin mahal harganya.

Selain itu sama seperti ikan koki oranda, ikan koki ryukin juga memiliki varian warna yang beragam seperti merah, putih, hitam, sampai dengan panca warna. Dan untuk cara pemeliharaan juga hampir sama dengan jenis ikan koki lainnya, jadi jangan khawatir jika Anda ingin memelihara ikan ini.


6)   Ikan Koki Demekin

Diurutan ke enam ada ikan koki demekin. Jika ditanya jenis ikan koki apa yang paling mirip dengan ikan koki ryukin, maka jawabannya adalah ikan koki demekin. Jika kita perhatikan ikan koki demekin ini juga memiliki pundak yang besar, varian warna dan letak siripnya juga hampir sama dengan ikan koki ryukin, yang membedakannya mungkin hanya pada bagian matanya, ikan koki demekin ini memiliki mata yang besar dan menonjol keluar sedangakan ikan koki ryukin tidak. Mungkin jika Anda merasa kurang cocok dengan ikan koki ryukin, Anda bisa memilih ikan koki demekin ini.


7)   Ikan Koki Fancy Panda

Diurutan ke tujuh ada ikan koki fancy panda. Disebut ikan koki fancy panda karena ikan ini memiliki warna tubuh hitam putih seperti seperti panda. Sementara bentuk ikan ini tergolong unik, mereka memiliki mata yang besar dan menonjol, memiliki perut yang buncit, dan memiliki sirip atas, samping, dan ekor yang panjang. Sehingga parpaduan warna dan bentuk tubuh ikan ini menjadi daya tarik utama dari ikan ini. Jumlah ikan koki fancy panda ini tergolong lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis ikan koki lainnya, sehingga harganyapun biasanya lebih mahal namun tetap tergantung kualitasnya.


8)   Ikan Koki Fantail

Jenis ikan koki yang ke delapan adalah ikan koki fantail. Ikan koki fantail memiliki ekor paling bagus jika dibandingkan dengan jenis ikan koki lainnya. Ikan ini memiliki ekor ganda yang sangat lebar menyerupai kipas dan hampir seukuran tubuhnya. Pada saat berenang, ekornya akan mekar dan mengambang sehingga terlihat anggun dan menawan. Ditambah lagi dengan perpaduan warna perak dan kuning yang menambah kesan mewah pada ikan ini. Jika Anda menikmati keindahan semacam ini, maka ikan ini sangat cocok untuk Anda.


9)   Ikan Koki Bubble Eye

Jenis ikan koki yang selanjutnya adalah ikan koki bubble eye. Dari namanya saja sudah ketahuan bagaimana bentuk ikan ini. Ikan ini memiliki semacam gelembung besar dibagian samping mata atau dibagian pipinya yang menjadi daya tarik utama dari ikan ini. Jika Anda melihatnya sekilas, ikan ini terkesan memiliki pipi yang chubby sehingga membuatnya terlihat sangat lucu. Sementara untuk bagian tubuhnya, ikan ini terbagi menjadi dua jenis. Pertama ada yang memiliki sirip diatas punggungnya dan yang kedua tidak seperti ikan koki rancu, dan keduanya memiliki daya tarik masing-masing.


10)Ikan Koki Black Moor

Jenis ikan koki yang terakhir ada ikan koki black moor. Seperti namanya ikan ini memiliki warna hitam disekujur tubuhnya. Bentuk ikan ini hampir mirip seperti ikan koki fancy panda hanya saja waranya berbeda. Ikan ini memiliki mata yang besar dan menonjol, tubuhnya ramping namun memiliki sirip atas, samping, bawah, dan ekor yang cukup lebar sehingga sangat menarik ketika mereka berenang.


Posting Komentar untuk "10 Jenis Ikan Mas Koki Paling Dicari"