5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Channa

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Channa

Selama ini kita pasti sering kali melihat para penghobi ikan channa menambahkan daun ketapang kedalam akuarium pemeliharaan ikan channa. Tentu hal ini bukanlah tindakan tidak beralasan mengingat ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh ikan channa dari daun ketapang ini. Oleh karena itu dalam artikel kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat daun ketapang untuk ikan channa.


1)   Memperbaiki Kualitas Air

Manfaat daun ketapang yang pertama adalah memperbaiki kualitas air. Terkadang air yang kita gunakan untuk memelihara ikan channa entah itu air sumur ataupun air PDAM memiliki kandungan dan pH air yang kurang baik untuk ikan channa oleh karena itu banyak penghobi ikan channa diluar sana yang menyarankan agar mengendapkan air yang akan digunakan untuk memelihara ikan channa terlebih dahulu sebelum digunakan agar kualitas air lebih baik.

Selain itu penggunaan daun ketapang yang direndam kedalam air pemeliharaan ikan channa juga dapat memperbaiki dan menstabilkan kualitas air, sehingga ikan channa dapat hidup lebih nyaman ditempat tinggal barunya.


2)   Menghilangkan Stress

Manfaat daun ketapang yang kedua adalah menghilangkan stress ikan channa. Ketika ikan channa baru saja dibeli ataupun ditangkap dari alam lalu berpindah ketempat yang baru biasanya ikan tersebut akan mengalami stress berat, hal ini karena perubahaan habitat secara mendadak.

Dalam hal ini Anda dapat menambahkan beberapa lembar daun ketapang ke dalam tempat pemeliharaan ikan channa Anda sampai daun tersebut terekstrak dan membuat air berubah menjadi kecoklatan. Lalu kandungan senyawa yang ada dalam daun ketapang akan membantu menstabilkan pH air dan membuat efek relaksasi pada ikan channa sehingga ikan channa tersebut akan lebih tenang dan merasa hidup seperti dihabitatnya.


5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Channa


3)   Memperindah Warna Ikan

Manfaat daun ketapang yang ke tiga adalah memperindah warna ikan channa. Banyak penghobi ikan channa yang percaya bahwa daun ketapang dapat mempercepat mutasi warna pada ikan channa sehingga tampilannya menjadi lebih menawan. Penghobi ikan channa biasanya akan memelihara ikan channa mereka menggunakan air dengan campuran ekstrak daun ketapang sehingga air tampak berwarna coklat pekat.

Pemeliharaan ini akan berlangsung hingga warna ikan channa benar-benar telah muncul secara rata. Sehingga dalam hal ini lamanya treatment ini tergantung pada cepat atau tidaknya mutasi ikan channa itu sendiri. Jika Anda ingin mempercepat mutasi warna ikan channa Anda, Anda bisa mencoba melakukan hal ini.


4)   Menyembuhkan Luka

Manfaat daun ketapang yang ke empat adalah membantu menyembuhkan luka pada ikan channa. Daun ketapang ternyata mengandung antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan channa. Terkadang ketika memelihara ikan channa kita dihadapkan pada situasi dimana ikan channa mengalami luka, entah itu karena ikan loncat keluar akuarium, berantem dengan ikan channa lainnya ataupun hal-hal lain yang menyebabkan ikan channa terluka. Jika Anda mengalami hal ini maka Anda bisa menggunakan daun ketapang untuk membantu menyembuhkan luka pada ikan channa Anda.


5)   Anti Jamur dan Bakteri

Manfaat daun ketapang yang ke lima adalah sebagai anti jamur dan bakteri. Daun ketapang mengandung tanin yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan terhadap ikan channa. Kandungan tanin dalam daun ketapang ini akan mulai larut dan menyebar ketika daun ketapang direndam dalam air.

Ketika sudah larut, kandungan tanin ini akan membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri dalam air, sehingga kualitas air akan tetap terjaga. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa daun ketapang banyak digunakan sebagai treatment ikan hias khususnya ikan channa.

Jadi itulah 5 manfaat daun ketapang untuk ikan channa. Selain mudah ditemukan ternyata daun ketapang ini menyimpan manfaat yang besar untuk ikan channa. Jadi silahkan manfaatkan dengan baik agar ikan channa Anda tetap sehat dan menawan.


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Channa"