6 Cara Agar Ikan Channa Cepat Keluar Warna

Cara Agar Ikan Channa Cepat Keluar Warna

Menjadi dambaan semua penghobi ikan channa apabila memiliki ikan channa dengan warna yang indah. Maka tak heran jika para penghobi ikan channa rela melakukan apapun agar ikan channa miliknya memiliki warna yang indah, mulai dari cara mensetting air sampai dengan memberi pakan pilihan yang dipercaya dapat memperindah warna ikan channa.

Memang banyak cara yang dilakukan para penghobi ikan channa untuk membuat warna ikan channa mereka cepat keluar dan tampak lebih cerah dan indah. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kami akan mencoba memberi saran tentang bagaimana cara agar warna ikan channa cepat keluar.


1)   Memilih Ikan Channa dengan Gen Berkualitas

Cara yang pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih ikan channa dengan gen berkualitas. Tidak dapat dipungkiri bahwa gen bawaan ikan channa sangat berpengaruh terhadap keindahaan channa itu sendiri. Dalam hal ini jika ikan Anda memiliki gen yang berkualitas dari induknya maka kemungkinan besar ikan Anda juga akan tumbuh berkualitas juga.

Gen merupakan salah satu faktor penentu indah atau tidaknya warna ikan channa, jadi pastikan ketika Anda membeli ikan channa anakan, Anda memilih ikan yang memilikigen yang bagus dari induknya. Tapi jika Anda sudah terlanjur membeli maka tenang saja karena gen bukan satu-satunya faktor penentu cepat lambatnya warna ikan channa keluar.


2)   Setting Akuarium

Agar warna ikan channa cepat keluar maka ikan tersebut harus sehat dan nyaman hidup ditempatnya. Dalam hal ini Anda harus mensetting akuarium pemeliharaan channa Anda dengan baik, mulai dari memilih akuarium dengan ukuran yang ideal dengan ikan channa Anda, menggunakan air yang sudah diendapkan dengan pH dan suhu yang ideal, serta menambahkan aksesoris yang dibutuhkan untuk membuat ikan merasa hidup dihabitatnya seperti penggunaan pasir yang cocok, tanaman air, lampu akuarium, dan beckgroud yang tepat. Semakin baik Anda mensetting akuarium, semakin cepat warna ikan channa Anda keluar.


3)   Pemilihan Pakan yang Berkualitas

Cara yang ketiga agar warna ikan channa cepat keluar adalah memilih pakan yang berkualitas. Apa yang dimaksud dengan pakan yang berkualitas? Pakan yang berkualitas bukan berarti pakan dengan harga yang mahal. Dalam hal ini pakan yang berkualitas adalah pakan yang cocok yang dapat mendorong munculnya warna pada ikan channa.

Anda dapat mengkombinasikan pakan untuk ikan channa Anda, mulai dari pelet, udang, cacing, jangkrik, maggott dan sebagainya. Jika ikan channa Anda mau memakan pelet maka Anda bisa memberinya pelet sebagai pakan utama dengan selingan udang setiap tiga hari sekali. Dalam hal ini Anda dapat memilih pelet yang sesuai dengan warna dasar ikan channa Anda.

Jika ikan channa Anda adalah jenis blue pulchra maka berilah ikan ini dengan pelet yang mengandung pigmen biru, jika ikan channa Anda berwarna dasar kuning maka Anda bisa memberi pelet dengan kandungan pigmen kuning yang banyak. Hal ini juga berlaku untuk ikan channa dengan warna dasar lainnya.


6 Cara Agar Ikan Channa Cepat Keluar Warna


4)   Hindari Stress Pada Ikan

Cara yang ke empat agar warna ikan channa cepat keluar adalah Anda harus menghindari stress pada ikan channa peliharaan Anda. Sebagus apapun gen ikan channa Anda, sebagus apapun settingan akuarium dan pakan ikan channa Anda, jika ikan channa tersebut mengalami stress maka jangan harap warna ikan channa tersebut akan indah, bahkan justru akan sebaliknya, warna ikan tersebut akan kusam dan tidak menarik.

Banyak hal yang bisa membuat ikan channa menjadi stress, seperti misalnya kondisi air yang tidak cocok, terdapat luka, jamur ataupun bakteri pada ikan channa, tempat pemeliharaan yang terlalu sempit dan sebagainya. Maka dari itu hindarilah hal-hal yang dapat membuat ikan channa Anda stress dengan cara membuat ikan channa peliharaan Anda berasa hidup dihabitatnya.


5)   Menambahkan Daun Ketapang

Cara agar warna ikan channa cepat keluar yang ke lima adalah menambahkan daun ketapang ke dalam tempat pemeliharaan. Seperti yang sudah dibahas pada video sebelumnya, daun ketapang memiliki manfaat yang besar bagi ikan channa, seperti memperbaiki kualitas air, menghilangkan stress pada ikan, sebagai anti jamur dan bakteri, membantu menyembuhkan luka ikan, dan dalam hal ini membantu memperindah warna ikan channa.

Banyak penghobi ikan channa diluar sana yang melakukan treatment dengan daun ketapang ini, mereka percaya bahwa daun ketapang dapat mempercepat mutasi warna pada ikan channa sehingga warnanya lebih cerah dan indah. Dan memang terbukti dari pengalaman para penghobi ikan channa yang sudah pernah melakukan treatment ini, mereka mengatakan bahwa warna ikan channa mereka lebih cepat keluar semenjak menggunakan daun ketapang. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda juga mencobanya.


6)   Interaksi Dengan Ikan

Cara yang ke enam yang bisa Anda lakukan agar warna ikan channa cepat keluar adalah sering berinteraksi dengan ikan. Seperti halnya manusia, ikan channa juga sesekali membutuhkan interaksi entah itu dengan sesama ikan channa ataupun dengan kita sebagai pemilik apalagi jika ikan tersebut hanya dipelihara satu ekor saja.

Dalam hal ini anda bisa menyandingkan ikan channa peliharaan Anda dengan ikan channa yang lain dengan memberi sekat agar mereka tidak benar-benar menyatu selama beberapa menit perhari dan membiarkan mereka saling berinteraksi dan berlatih mempertahankan wilayah mereka. Hal ini selain akan meningkatkan mental ikan Anda, juga akan membentu mempercepat mutasi warna pada ikan channa Anda. Tapi perlu diingan hal ini bisa Anda lakukan jika ikan channa Anda benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak stress.

Cara lainnya adalah Anda bisa berinteraksi dengan ikan channa Anda ketika akan memberi mereka makan. Sebelum memberi mereka makan, Anda bisa menggoda ikan channa Anda dengan membiarkan mereka mengejar-ngejar makanannya. Interaksi seperti ini akan membuat ikan channa Anda lebih berani dan tidak lagi takut dengan manusia sehingga mereka dapat beradaptasi dilingkungan manusia, dan ketika ikan tersebut sudah beradaptasi dengan baik maka cepat atau lembat warna ikan channa Anda akan muncul dan indah.


Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Ikan Channa Cepat Keluar Warna"