Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina

5 Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina

Bagi para pemula penghobi ikan koki, tentu akan sulit membedakan mana ikan koki jantan dan mana ikan koki betina. Hal ini wajar karena memang secara sekilas ikan koki jantan dan ikan koki betina terlihat sangat mirip. Tentu ini menjadi masalah besar bagi mereka yang memang berniat memijahkan ikan koki. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara membedakan ikan koki jantan dan betina, jadi simak artikel ini sampai selesai.


1)   Bentuk Fisik

Cara membedakan ikan koki jantan dan betina yang pertama adalah dari bentuk fisiknya. Memang jika dilihat sekilas ikan koki jantan dan betina terlihat sangat mirip. Namun jika diperhatikan lebih seksama ikan koki jantan cenderung memiliki fisik yang lebih ramping daripada ikan koki betina yang terlihat jauh lebih gemuk terutama dibagian perutnya. Hal ini karena perut ikan koki betina nantinya akan menampung banyak telur ketika mereka telah mencapai kematangan sexual.


2)   Sirip Kasar

Cara membedakan ikan koki jantan dan betina yang kedua adalah dari tekstur siripnya. Dalam hal ini Anda bisa menangkap ikan koki peliharaan Anda lalu coba pegang bagian siripnya apakah teksturnya kasar atau tidak. Jika tekstur siripnya kasar, itu artinya ikan koki Anda adalah ikan koki jantan dan sebaliknya jika teksturnya lembut maka ikan koki tersebut adalah ikan koki betina. Mungkin cara ini agak merepotkan tapi ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengetahui jenis kelamin ikan koki.

 

3)   Bintik Putih Pada Tulang Dayung

Cara selanjutnya untuk membedakan ikan koki jantan dan betina adalah dari bintik putih pada tulang dayung. Ikan koki jantan dan ikan koki betina biasanya memiliki perbedaan pada tulang dayungnya yang berada didepan. Tulang dayung ikan koki jantan biasanya terdapat bintik berwarna putih, sedangkan pada ikan koki betina biasanya bintik putih ini tidak ada. Anda bisa menangkap ikan koki Anda terlebih dahulu agar bisa melihatnya secara jelas dari dekat.


Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina


4)   Perilaku Ikan Koki

Cara yang ke empat untuk membedakan ikan koki jantan dan ikan koki betina adalah dengan melihat perilaku ikan koki itu sendiri. Mungkin akan sulit untuk menyadarinya jika Anda tidak memperhatikan ikan koki dalam kurun waktu yang lama, atau ikan koki yang Anda perhatikan adalah ikan koki yang masih muda. Tapi jika kebetulan Anda memperhatikan ikan koki yang sudah dewasa, biasanya ikan koki jantan akan lebih aktif dibandingkan dengan ikan koki betina.

Ikan koki jantan ini biasanya akan mengejar-ngejar ikan koki betina untuk mengajak mereka memijah. Jadi dari hal ini kita bisa menyimpulkan bahwa kalau ikan koki yang mengejar itu berarti ikan koki tersebut adalah ikan koki jantan, dan kalau ikan koki tersebut dikejar itu berarti ikan koki tersebut adalah ikan koki betina.


5)   Bentuk Rektum / Anus

Cara yang terkhir dan paling efektif untuk membedakan ikan koki jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk rektum atau anusnya. Sudah sepantansnya jika ikan koki jantan dan betina memiliki fungsi rektum atau anus yang berbeda, oleh karena itu bentuknya pun sudah pasti berbeda. Dalam hal ini bentuk rektum atau anus ikan koki jantan terlihat lebih samar atau datar dibandingkan dengan ikan koki betina, dimana ikan koki betina memiliki bentuk rektum atau anus yang lebih menonjol terlebih lagi jika dilihat dari samping.

Perbedaan bentuk rektum atau anus tersebut seperti yang sudah disinggung sebelumnya terjadi karena adanya perbedaan fungsi. Fungsi raktum pada ikan koki betina selain untuk pembuangan kotoran juga berfungsi sebagai saluran keluarnya telur ketika sedang memijah. Sedangkan pada ikan koki jantan hanya berfungsi sebagai saluran pembuangan kotoran saja.


Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina"