10 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Pasti Langsung Tahu !

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Kucing memang makhluk yang lucu. Baik jantan maupun betina semuanya lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran jika banyak orang yang memeliharanya. Ada orang yang lebih suka memelihara kucing jantan karena takut jika memelihara kucing betina akan melahirkan anak yang banyak, dan ada juga orang yang lebih suka memelihara kucing betina karena memang menginginkan banyak anak kucing. Tentunya lebih memilih memelihara kucing jantan ataupun betina tidak ada yang salah selama kucing tersebut dirawat dengan baik.

Bagi Anda yang memelihara kucing betina yang tidak diseteril, sebagai mana pada umumnya kucing betina mungkin suatu hari akan hamil. Namun ternyata banyak orang yang masih belum tahu bahwa kucing betina peliharaan mereka hamil, sementara kucing yang hamil membutuhkan makanan serta perawatan khusus agar anak kucing yang akan dilahirnkan nanti sehat dan kuat. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui apakah kucing peliharaan Anda hamil atau tidak.

Taukah Anda bahwa masa kehamilan kucing rata-rata adalah 64 hingga 66 hari. Selain itu kucing yang sedang hamil biasanya memiliki ciri-ciri tertentu, dan biasanya ciri-ciri tersebut akan terlihat jelas ketika usia kehamilan kucing menginjak tiga minggu. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana ciri-ciri kucing yang sedang hamil, berikut ciri-cirinya:


1)    Siklus Birahi Berhenti

Ciri kucing hamil yang pertama adalah siklus birahinya berhenti. Adalah normal bagi kucing betina dewasa mengalami masa birahi dan menginginkan kawin dengan kucing jantan. Masa birahi ini biasanya memiliki siklus, yaitu setiap 10 hari hingga dua minggu sekali.

Dalam hal ini ketika siklus birahi tersebut tiba-tiba berhenti dan kucing betina tidak mau bertemu kucing jantan lagi, maka kemungkinan besar kucing betina tersebut sedang hamil. Apalagi jika Anda menyaksikan beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya kucing betina tersebut kawin dengan kucing jantan.

Pada saat kucing betina hamil, produksi hormon progesteron dalam tubuh kucing meningkat sangat tinggi sehingga berakibat pada berhentinya siklus birahi pada kucing tersebut dimana puncaknya biasanya terjadi pada pada hari ke 35 setelah kucing betina tersebut kawin dengan kucing jantan.


2)    Sering Muntah

Ciri kucing hamil yang kedua adalah sering muntah. Sama seperti yang terjadi pada manusia, kucing yang hamil juga biasanya mengalami mual atau muntah-muntah. Hal ini merupakan gejala normal dan bisa menjadi pertanda bahwa kucing betina sedang hamil. Tapi harus digaris bawahi bahwa tidak semua kucing betina yang muntah-muntah itu berarti sedang hamil, oleh karena itu ciri muntah-muntah ini harus juga dibarengi dengan ciri-ciri kucing hamil lainnya.


3)    Nafsu Makan Bertambah

Ciri kucing hamil yang ke tiga adalah nafsu makannya bertambah. Pada saat hamil, kucing betina cenderung memiliki nafsu makan yang bertambah, hal ini karena mereka membutuhkan banyak nutrisi untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya sendiri dan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu ketika kucing peliharaan Anda hamil maka ada baiknya Anda menambah porsi makanan kucing Anda agar mereka dan anak kucing yang dikandungnya sehat.


4)    Berat Badan Meningkat

Ciri kucing hamil selanjutnya adalah mengalami peningkatan berat badan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kucing yang sedang hamil nafsu makannya akan bertambah, oleh karena itu otomatis berat badannya juga akan bertambah. Selain karena makannya yang bertambah juga karena ada bayi kucing didalam perutnya.


5)    Gampang Lelah

Ciri yang ke lima dari kucing yang hamil adalah gampang lelah. Dengan perubahan yang terjadi dalam tubuh kucing, baik itu hormon, siklus birahi, muntah-muntah, dan sebagainya membuat kucing yang sedang hamil terlihat gampang lelah. Misalnya yang tadinya kucing tersebut sangat aktif bermain, berlarian kesana-kemari tanpa henti, namun tiba-tiba kurang aktif, boleh jadi mungkin kucing betina tersebut sedang hamil. Namun perlu digaris bawahi juga tidak semua kucing betina yang gampang lelah bisa dikatakan dia sedang hamil, bisa saja kucing tersebut memang sedang malas atau sakit.


10 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Pasti Langsung Tahu


6)    Sering Tidur

Ciri kucing hamil selanjutnya adalah sering tidur. Kucing betina yang sedang hamil biasanya membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama dari biasanya oleh karena itu mereka akan berusaha untuk tidur lebih lama. Selain karena perubahan hormon, hal ini juga dilakukan demi kesehatan janin mereka. Maka jangan heren jika melihat kucing betina peliharaan Anda yang sedang hamil sering terlihat tidur.


7)    Semakin Manja

Ciri kucing betina hamil yang ke tujuh adalah mereka semakin manja. Kucing betina yang sedang hamil biasanya akan mengalami perubahan perilaku, salah satunya adalah semakin manja. Jika biasanya kucing betina peliharaan Anda bersikap cuek, namun setelah beberapa hari setelah kucing Anda kawin dengan kucing jantan sikapnya berubah menjadi lebih manja dan mencari perhatian Anda, maka bisa jadi kucing tersebut sedang hamil. Oleh karena itu berikanlah perhatian yang cukup pada kucing Anda agar mereka tenang dan meresa dicintai.


8)    Bulu Mudah Rontok

Ciri kucing hamil yang ke delapan adalah bulunya mudah rontok. Kucing betina yang sedang hamil biasanya akan mengalami kerontokan bulu dibeberapa bagian tubuhnya, terutama dibagian perut dan putingnya. Namun Anda sebagai pemilik kucing yang sedang hamil tidak usah khawatir karena hal ini terjadi hanya sementara dan nanti akan kembali tumbuh dengan sendirinya.


9)    Puting Membesar

Ciri kucing betina sedang hamil selanjutnya adalah puting susunya membesar. Adalah normal bagi kucing betina yang sedang hamil mengalami pembesaran pada puting susunya. Hal ini terjadi secara alami ketika kehamilan kucing sudah menginjak hari ke 15-18 hari. Selain membesar warna puting susunya juga terlihat semakin cerah, biasanya berwarna pink cerah. Jika kucing peliharaan Anda terlihat tanda seperti ini maka bisa jadi kucing Anda sedang hamil.


10) Perut Membesar

Ciri-ciri kucing hamil yang ke sepuluh adalah perut membesar. Mungkin ini adalah ciri paling terlihat dari seekor kucing betina yang sedang hamil, apalagi jika kucing tersebut memang sudah kawin beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya, maka seperti mamalia lain adalah normal bagi kucing yang sedang hamil perutnya membesar. Perut kucing yang membesar ini biasanya akan lebih mudah terlihat pada minggu ke lima kehamilan kucing dan akan semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan sampai dengan puncaknya pada saat kucing akan segera melahirkan.

Jadi itulah 10 ciri-ciri kucing yang sedang hamil. Jika ciri-ciri tersebut terlihat pada kucing betina peliharaan Anda, maka segeralah lakukan perawatan-perawatan yang dibutuhkan, seperti misalnya menambah porsi makan, memberi vitamin, memberikan perhatian lebih, mempersiapkan tempat persalinan dan sebagainya.

Semakin baik Anda merawatnya maka semakin baikpula kesehatan induk dan anak-anak kucing yang nantinya lahir. Tentu akan sangat membahagiakan jika nanti Anda mendapatkan anak-anak kucing yang sehat dan lucu.


Posting Komentar untuk "10 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Pasti Langsung Tahu !"