6 Kesalahan dalam Merawat Anak Kucing yang Harus Dihindari

6 Kesalahan dalam Merawat Anak Kucing

Ketika merawat anak kucing kita seringkali tidak sengaja melakukan hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan, sehingga berakibat pada kondisi kesahatan anak kucing itu sendiri yang berujung sakit atau malah berujung pada kematian.

Tentu hal ini karena kita sendiri yang terkadang abai dan tidak mengetahui bagaimana cara merawat anak kucing yang baik sehingga tidak mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika merawat anak kucing. Oleh karena berikut beberapa kesalahan dalam merawat anak kucing yang harus Anda hindari agar anak kucing yang anda rawat tetap sehat dan aktif.


1)    Tidak Menyiapkan Tempat yang Nyaman

Kesalahan pertama dalam merawat anak kucing adalah tidak menyiapkan tempat yang nyaman. Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan tempat yang nyaman untuk tinggal, apalagi jika kucing tersebut masih kecil maka kebutuhan untuk tempat yang nyaman juga semakin dibutuhkan. Dengan tempat yang nyaman anak kucing nantinya akan tumbuh dengan baik.

Lalu apa yang dimaksud tempat yang nyaman? Tempat yang nyaman adalah tempat yang sesuai dengan kebutuhan kucing itu sendiri. Dalam hal ini anak kucing lebih rentan terhadap cuaca dingin oleh karena itu Anda harus menyiapkan tempat yang hangat. Selain itu anak kucing juga masih sangat rentan terhadap serangan bakteri dan penyakit oleh karena itu Anda juga harus menyiapkan tempat yang bersih. Ditambah lagi anak kucing juga sangat rentan terhadap serangan kucing dewasa ataupun hewan lain oleh karena itu Anda harus menempatkan mereka pada tempat yang aman dari gangguan kucing dewasa ataupun hewan lain.

Berbicara soal bentuk tempat Anda bebas memilih tempat apa saja, mau itu kotak kardus, kandang kucing, box, ataupun hal lainnya yang terpenting adalah tempat tersebut memenuhi kritaria yang dibutuhkan oleh anak kucing tersebut, seperti hangat, bersih, jauh dari gangguan, dan sebagainya.


2)    Memisahkannya Dengan Induknya

Kesalahan dalam merawat anak kucing yang ke dua adalah memisahkan anak kucing dengan induknya. Anak kucing masih sangat membutuhkan kasih sayang dan perawatan induknya, selain itu anak kucing yang masih kecil juga sangat membutuhkan air susu induknya, oleh karena itu adalah sebuah kesalahan besar jika Anda memisahkan anak kucing dengan induknya.

Anak kucing yang masih sangat kecil yang sengaja dipisahkan dengan induknya akan sangat rentan mengalami berbagai resiko jika tidak dirawat dengan baik, seperti stress, gampang terkena penyakit sampai dengan rentan terhadap resiko kematian. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tidak memisahkan anak kucing dengan induknya, jikalaupun terpaksa Anda harus benar-benar bisa merawat anak kucing tersebut dengan baik.


3)    Memberikan Susu yang Salah

Kesalahan dalam merawat anak kucing yang ke tiga adalah memberikan susu yang salah. Ketika merawat anak kucing kita terkadang terlalu bersemangat sehingga tanpa sadar memberikan hal yang kita anggap baik untuk anak kucing tersebut padahal pada kenyataannya apa yang kita berikan kepada anak kucing tersebut adalah hal yang dapat membahayakan anak kucing itu sendiri.

Salah satu contoh yang sering banyak dilakukan oleh para pemilik anak kucing adalah memberikan susu formula untuk manusia kepada anak kucing. Banyak anggapan bahwa hal ini adalah hal yang baik, padahal sebenarnya hal ini dapat membahayakan anak kucing itu sendiri karena kandungan susu formula untuk manusia tentunya tidak cocok untuk anak kucing. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk tidak memberikan susu yang salah kepada anak kucing. Dalam hal ini jika Anda ingin memberikan susu pada anak kucing Anda maka berikanlah susu yang memang dibuat khusus untuk kucing.


6 Kesalahan dalam Merawat Anak Kucing yang Harus Dihindari


4)    Memandikan Anak Kucing

Kesalahan dalam merawat anak kucing berikutnya adalah memandikan anak kucing tersebut. Taukah Anda bahwa anak kucing masih belum bisa mengontrol suhu tubuh mereka dengan baik oleh karenanya mereka sangat rentan terhadap perubahan suhu.

Dengan memandikannya mereka akan mengalami perubahan suhu yang derastis pada tubuhnya, dari yang awalnya hangat menjadi sangat dingin, jika mereka tidak bisa bertahan maka hal ini akan mengancam nyawa mereka sendiri. Oleh karena itu ada baiknya Anda tidak memandikan anak kucing anda sebelum mereka memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dalam hal ini jika Anda ingin membersihkan mereka Anda cukup menggunakan tisu ataupun kain lap yang bersih.


5)    Jarang Membuang Kotoran di Kotak Pasir

Kesalahan dalam merawat anak kucing yang ke lima adalah jarang membuang kotoran yang ada di kotak pasir. Jika Anda memelihara kucing baik itu kucing dewasa maupun anak kucing, ada baiknya Anda selalu membersihkan kotoran yang ada dikotak pasir, hal ini dilakukan agar kotak pasir tersebut selalu bersih dan tidak menjadi sumber penyakit.

Kotoran yang ada dikotak pasir jika tidak dibersihkan secara rutin akan memunculkan berbagai macam penyakit, mulai dari jamur, bakteri, sampai dengan virus. Dan ketika kucing Anda membuang kotoran dikotak pasir tersebut bisa saja jamur, bakteri, sampai dengan virus tersebut berpindah ke tubuh kucing Anda sehingga kucing Anda mungkin akan terserang penyakit.


6)    Tidak Memberi Vaksin

Kesalahan dalam merawat anak kucing yang ke enam adalah tidak memberikan vaksin. Vaksin sangat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup kucing. Vaksin akan bekerja memperkuat imun tubuh kucing sehingga ketika bakteri ataupun virus menyerang tubuh kucing, kucing tersebut akan bertahan dan terhindar dari resiko yang lebih parah. Selain itu pemberian vaksin pada kucing juga akan melindungi Anda sendiri sebagai pemilik dari resiko penularan penyakit dari kucing kepada menusia. Oleh karena panting bagi Anda untuk memberikan vaksin kepada anak kucing peliharaan Anda.

Dalam hal ini vaksin bisa mulai diberikan pada kucing yang berusia 8-10 minggu. Pada umumnya vaksin pada kucing dilakukan sebanyak tiga kali sampai kucing tersebut berumur satu tahun, lalu kemudian setelah itu akan dilakukan vaksin booster setiap tahunnya.


Posting Komentar untuk "6 Kesalahan dalam Merawat Anak Kucing yang Harus Dihindari"