7 Fakta Menarik Kucing Hitam yang Perlu Kamu Tahu !

Fakta Menarik Tentang Kucing Hitam

Kucing hitam merupakan salah satu kucing yang banyak dipelihara oleh banyak orang di dunia, salah satu daya tarik utama dari kucing hitam ini adalah warnanya yang hitam legam sehingga tampak keren dan gagah.

Kucing hitam adalah salah satu kucing yang sangat menarik untuk dibahas, apalagi kucing ini mempunyai banyak fakta menarik yang sayang jika kita lewatkan. Oleh karena itu berikut 7 fakta menarik tentang kucing hitam:


1)    Dianggap Sial Sekaligus Pembawa Keberuntungan

Fakta kucing hitam yang pertama adalah kucing ini dianggap sebagai pembawa sial sekaligus pembawa keberuntungan. Dibeberapa negara kucing hitam sering dianggap sebagai binatang pembawa sial. Pada abad pertengahan di Eropa kucing hitam dianggap sebagai hewan peliharaan yang membantu para penyihir, selain itu kucing hitam juga dianggap sebagai inkarnasi setan dan pembawa pesan kematian. Oleh karena itu pada zaman itu tidak banyak orang yang memelihara kucing hitam karena takut akan mitos tersebut.

Disisi lain kucing hitam juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan dibeberapa negara. Misalnya di Jepang kucing hitam dianggap sebagai pembawa cinta dan keberuntungan, di Prancis kucing hitam dianggap sebagai kucing uang yang jika diperlakukan dengan hormat akan mendatangkan kekayaan, sementara di Inggris pengantin wanita yang menerima hadiah kucing hitam dipercaya akan memiliki pernikahan yang bahagia.


2)    Rata-Rata Memiliki Warna Mata Kuning

Fakta kucing hitam yang ke dua adalah kucing hitam rata-rata memiliki warna mata berwarna kuning. Disadari atau tidak kebanyakan kucing hitam memiliki warna mata berwarna kuning hal ini terjadi karena kucing hitam memiliki kelebihan melanin yang menyebabkan mata kucing hitam berwarna kuning keemasan atau kuning tembaga.

Hal ini tentu menjadi ciri khas ataupun keunikan tersendiri dari kucing hitam ini. Bahkan kucing Bombay dikembangbiakkan untuk menjaga warna mata kuning ini tetap utuh, tetapi perlu digaris bawahi Anda juga dapat menemukan ras kucing hitam lain yang memiliki warna mata hijau ataupun biru.


3)    Cenderung Hidup Lebih Lama

Fakta kucing hitam yang ke tiga adalah kucing hitam cenderung hidup lebih lama. Sebuah teori menyatakan bahwa warna hitam pada bulu dan kulit hewan bukan hanya diwariskan melainkan sebenarnya merupakan perkembangan melanin yang dapat membantu hewan beradaptasi dengan lingkungannya.

Para peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa mutasi genetik yang menyebabkan kucing memiliki bulu hitam, membuat kucing tersebut juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga dapat melindungi mereka dari barbagai penyakit.


7 Fakta Menarik Kucing Hitam yang Perlu Kamu Tahu


4)    Warna Bulunya Bisa Berkarat

Fakta kucing hitam yang ke empat adalah warna bulunya bisa berkarat. Berbeda dengan kucing warna lain, warna bulu kucing hitam dalam tanda kutip bisa berkarat, dalam arti bisa berubah menjadi agak kecoklatan sehingga terkesan berkarat. Hal ini biasanya akibat dari paparan sinar matahari langsung yang terus menerus, apalagi jika kucing hitam tersebut suka berjemur sehingga kandungan pigmen melanin dalam bulu kucing tersebut menjadi pecah dan lama-kelamaan warna hitam legamnya akan berubah menjadi agak kecoklatan.

Selain itu alasan lainnya adalah terkait dengan kekurangan tirosin sebagai akibat dari kekurangan asupan protein dalam makanan. Tirosin berperan sangat banyak pada tubuh kucing termasuk komponen penting neurotransmitter pada otak dan hormon tiroid. Selain itu, tirosin juga membantu menghasilkan melanin yang merupakan pigmen warna pada bulu kucing, sehingga jika kucing kekurangan tirosin warna bulunya akan berubah agak pudar.


5)    Memiliki Hari Nasional Sendiri

Fakta kucing hitam yang ke lima adalah kucing hitam memiliki hari nasionalnya sendiri. Taukah Anda bahwa kucing hitam memiliki hari nasionalnya sendiri, tepatnya setiap tanggal 27 Oktober di Amerika serikat beberapa hari sebelum perayaan Halloween. Hal ini sebagai bentuk penghormatan, keadilan dan kesempatan hidup bagi mereka. Karena pada zaman dulu kucing hitam dianggap sebagai membawa sial.

Bahkan dibeberapa negara bagian Eropa, kucing hitam dianggap sangat jahat sehingga mereka akan dibakar hidup-hidup oleh penduduk desa yang percaya takhayul. Mereka menganggap bahwa kucing hitam adalah kucing para penyihir yang akan membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka.

Menurut beberapa kelompok advokasi hewan dan agen adopsi, kucing hitam mengalami tingkat adopsi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kucing lainnya. Bahkan, pada beberapa kasus kucing hitam banyak yang mati karena dibunuh. Oleh karena itulah hari nasional bagi kucing hitam ini diadakan.


6)    Sering Dipelihara Pelaut Abad ke 19

Fakta kucing hitam yang ke enam adalah kucing hitam sering dipelihara para pelaut abad ke 19. Taukah Anda bahwa para pelaut Inggris diabad ke 19 percaya bahwa dengan memelihara dan membawa kucing hitam pada saat perjalanan laut bisa membuat mereka selamat hingga kembali ke rumah. Bahkan beberapa kucing maritim dikenang dalam sejarah angkatan laut, yang bisa melakukan perjalanan lebih dari 30.000 mil di atas kapal Angkatan Laut Kerajaan. Selain dipercaya membawa keberuntungan dan keselamatan saat perjalanan laut, kucing juga dapat membantu para pelaut untuk memburu tikus liar yang mungkin masuk ke dalam kapal.


7)    Pernah Disembah Sebagai Dewa

 

Fakta kucing hitam yang ke tujuh adalah kucing hitam pernah disembah sebagai dewa. Orang-orang di Mesir kuno percaya bahwa kucing hitam adalah perwujudan fisik dari Bastet, seorang dewi dengan kepala kucing hitam yang mengawasi tanaman, perempuan, dan rumah. Mereka percaya bahwa kucing hitam melakukan fungsi yang sama dibumi dan sering kali mereka melengkapi kucing hitam dengan perhiasan seperti seorang bangsawan.

 

Pada saat itu setiap rumah pasti memiliki seekor kucing hitam, kuil-kuil didedikasikan untuk kucing hitam, dan membunuh seekor kucing hitam adalah sebuah kejahatan yang dapat dihukum mati. Bahkan, kucing hitam juga dimumikan dengan cara yang sama dengan manusia. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan kucing hitam sangat penting bagi orang Mesir kuno dan dianggap sebagai dewa.

 

Posting Komentar untuk "7 Fakta Menarik Kucing Hitam yang Perlu Kamu Tahu !"