5 Manfaat Steril Pada Kucing yang Penting Untuk Diketahui

5 Manfaat Steril Pada Kucing

Anda mungkin pernah atau sering mendengar istilah steril atau kebiri pada kucing, namun tahukah Anda apa sebenarnya manfaat steril atau kebiri itu sendiri? Steril atau kebiri adalah sebuah proses bedah untuk mengangkat alat reproduksi, baik itu testis pada kucing jantan dan ovarim pada kucing betina.

Steril atau kebiri merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress pada kucing yang sedang birahi berat namun tidak memiliki pasangan. Upaya ini adalah salah satu upaya yang paling efektif  dan memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:


Mencegah Kehamilan Kucing

Manfaat steril atau kebiri pada kucing yang pertama adalah mencegah kehamilan kucing. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa steril atau kebiri adalah proses bedah untuk mengangkat alat reproduksi kucing, sehingga kucing yang sudah disteril nantinya tidak memiliki alat reproduksi. Itu artinya kucing tersebut tidak akan pernah lagi bisa hamil ataupun menghamili kucing lain.

Bagi Anda yang memiliki satu atau dua kucing mungkin hal ini terkesan kejam karena membuat kucing jadi tidak bisa memiliki anak, namun bagi Anda yang memiliki banyak kucing hal ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengendalikan populasi kucing Anda agar tetap terkendali sehingga Anda tidak kerepotan dan terbebani dengan jumlah kucing yang Anda miliki.


Mengendalikan Populasi Kucing

Manfaat steril atau kebiri pada kucing yang kedua adalah mengendalikan populasi kucing. Taukah Anda bahwa satu ekor kucing betina bisa melahirkan anak sampai 18 ekor setiap tahunnya, bayangkan jika jumlah kucing betinanya banyak, akan ada berapa banyak nantinya anak-anak kucing yang lahir, pasti banyak sekali.

Tentu hal ini bukanlah masalah jika anak-anak kucing tersebut mendapatkan makanan dan tempat yang layak, namun jika tidak tentunya hal ini akan menimbulkan banyak masalah seperti banyaknya kucing liar, penyebaran penyakit, dan sebagainya. Oleh karena itu salah satu cara untuk mengendalikan populasi kucing yang tidak terkendali adalah dengan cara melakukan steril atau kebiri pada kucing.


5 Manfaat Steril Pada Kucing yang Penting Untuk Diketahui


Menurunkan Stress Pada Kucing

Manfaat ke tiga dari steril atau kebiri pada kucing adalah menurunkan stress pada kucing. Ketika kucing mengalami masa birahi baik itu kucing jantan ataupun kucing betina mereka biasanya akan mengalami perubahan hormon dan gejolak emosi dan hal ini biasanya akan berlangsung selama beberapa hari sampai masa birahinya berakhir.

Pada saat itu kucing biasanya akan mengalami stress berat apabila keinginannya tersebut tidak terpenuhi. Hal ini bisa kita lihat dari prilakunya yang gelisah, pergi keluyuran, dan dalam beberapa kasus mengalami kerontokan bulu. Tentu hal ini tidak baik untuk kucing itu sendiri jika dibiarkan terus-menerus. Oleh karena itu dibutuhkan tindakan untuk mengatasi masalah ini dan salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan steril atau kebiri pada kucing tersebut.


Menurunkan Resiko Penyakit

Manfaat kucing disteril atau dikebiri yang ke empat adalah menurunkan resiko penyakit. Taukah Anda bahwa kucing yang disteril akan menurunkan kemungkinan kucing tersebut dari resiko terkena penyakit kanker serviks, kanker ovarium, infeksi rahim dan infeksi saluran kemih.

Selain rentan mengalami sterss, kucing yang tidak diseteril juga memiliki resiko terkena berbagai penyakit, seperti misalnya kanker serviks, kanker ovarium, dan infeksi rahim. Dengan melakukan sterilisasi pada kucing maka kucing tersebut akan terhindar dari resiko penyakit-penyakit tersebut. Oleh karena itulah kenapa kucing yang disteril atau dikebiri biasanya memiliki tubuh yang sehat dan umur yang panjang.


Membuat Kucing Lebih Tenang

Manfaat kucing disteril atau dikebiri yang ke lima adalah membuat kucing jadi lebih tenang. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ketika kucing mengalami biarhi kucing tersebut beresiko mangalami stress apabila keinginannya tersebut tidak terpenuhi, seperti misalnya jadi lebih gelisah, badan kurus, bulu rontok dan sebagainya.

Dengan melakukan steril atau kebiri pada kucing maka kucing tersebut tidak akan lagi mengalami birahi sehingga resiko kucing tersebut mengalami stress akan berkurang. Dengan begitu otomatis kucing tersebut akan menjadi lebih tenang dan fokus menjalani kehidupannnya sehari-hari, seperti tidur, makan, dan bermain.


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Steril Pada Kucing yang Penting Untuk Diketahui"