7 Perbedaan Karakter Kucing Jantan dan Kucing Betina

Perbedaan Karakter Kucing Jantan dan Kucing Betina

Setiap kucing pasti memiliki karakter atau sifat masing-masing. Karakter atau sifat ini mencerminkan bagaimana perilaku dan tindakan-tindakan yang sering mereka lakukan. Dalam hal ini ada kucing yang memiliki karekter yang sangat aktif, cerdas, penyayang, galak, malas dan sebagainya.

Taukah Anda bahwa karakter atau sifat kucing ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah jenis kelaminnya. Kucing jantan dan kucing betina biasanya memiliki karakter atau sifat yang berbeda satu sama lain. Perbedaan ini bisa kita lihat jika kita memperhatikannya lebih dekat.

Mengetahui perbedaan antara karakter kucing jantan dan kucing betina sangat penting terutama bagi Anda yang berniat ingin mengadopsi seekor kucing sehingga nantinya Anda tahu jenis karakter kucing yang mana yang cocok untuk Anda pelihara. Selain itu mengetahui karakter kucing jantan dan betina juga akan membantu Anda dalam mempersiapkan hal apa yang dibutuhkan untuk merawatnya. Oleh karena itu berikut beberapa perbedaan karakter antara kucing jantan dan kucing betina.


7 Perbedaan Karakter Kucing Jantan dan Kucing Betina


Kucing Jantan Lebih Aktif Dari Kucing Betina

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang pertama adalah kucing jantan lebih aktif dari kucing betina. Jika Anda perhatikan dengan baik, kucing jantan biasanya lebih aktif daripada kucing betina. Mereka sering kali berlarian kesana kemari, bermain, memanjat, dan berburu, terlebih jika kucing tersebut masih cukup muda. Selain itu kucing jantan juga sangat senang ketika diajak bermain atau berpetualang bersama pemiliknya, mereka sangat senang mengeksplor berbagai hal dan berbagai tempat yang ada disekitarnya. Oleh karena itu kucing jantan sangat cocok bagi Anda yang suka bermain aktif bersama kucing.

Sementara kucing betina, jika Anda perhatikan dengan baik mereka cenderung lebih senang berdiam diri mengamati sekitarnya, duduk, tidur, dan bermain secukupnya. Meskipun ada juga kucing betina yang aktif, namun tetap saja mereka tidak lebih aktif dari kucing jantan. Jika Anda menyukai kucing yang lebih kalem maka kucing betina ini sangat cocok untuk Anda.


Kucing Jantan Lebih Independen Dari Kucing Betina

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke dua adalah kucing jantan lebih independen dari kucing betina. Kucing jantan sering kali terlihat sangat nyaman dengan dirinya sendiri terutama kucing jantan yang sudah dewasa, mereka jarang sekali terlihat berinteraksi dengan kucing lain sehingga tidak akan merasa kesepian jika dipelihara sendirian. Kucing merupakan hewan sosial tetapi mereka bukanlah hewan kawanan, sehingga kita akan jarang sekali melihat kucing liar yang sedang berkumpul, keculai ditempat penampungan.

Sementara itu, sedikit berbeda dari kucing jantan kucing betina biasanya tidak terlalu independen, mereka cenderung lebih suka berkumpul dengan kucing lain dan saling berinteraksi terutama dengan kucing yang merupakan bagian dari keluarganya sendiri.


Kucing Jantan Lebih Penyayang Dari Kucing Betina

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke tiga adalah kucing jantan lebih penyayang dari kucing betina. Meskipun kelihatannya cuek, sangat aktif, dan independen, tapi ternyata kucing jantan lebih penyayang daripada kucing betina terutama kepada pemiliknya. Kucing jantan seringkali suka mengekspresikan rasa sayang kepada pemiliknya entah itu dengan mengusapkan tubuhnya, melindungi, menjilati, ataupun bersikap manja.

Sementara itu, meskipun kucing betina sudah tentu juga menyayangi pemiliknya namun mereka cenderung kurang bisa mengekspresikan rasa sayangnya sehingga mereka terkesan cuek dan kurang ekspresif.


Kucing Betina Lebih Damai Dari Kucing Jantan

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke empat adalah kucing betina lebih cinta damai dari kucing jantan. Jika Anda perhatikan dengan baik, kucing betina cenderung memiliki karakter yang lebih damai dibandingkan dengan kucing jantan. Mereka suka sekali kedamaian dan jarang sekali terlibat perselisihan ataupun perkelahian dengan kucing lainnya, sehingga mereka hampir tidak pernah mendapatkan luka akibat perkelahian dengan kucing lain.

Sementara kucing jantan memiliki karakter yang berbending terbalik dengan kucing betina. Mereka sering sekali terlibat perselisihan dengan kucing lain ataupun hewan lainnya, bahkan tak jarang mereka mendapatkan banyak luka ditubuhnya akibat terlibat perkelahian dengan kucing jantan lain.


Kucing Jantan Lebih Teritorial Dari Kucing Betina

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke lima adalah kucing jantan lebih bersifat teritorial dari kucing betina. Mungkin karakter atau sifat ini adalah sifat bawaan dari kucing jantan. Mereka sangat menjaga wilayah kekuasaannya dan akan mengusir kucing manapun yang memasukinya. Mereka tidak akan segan berkelahi jika ada kucing lain yang yang dengan sengaja ingin menguasai wilayahnya. Kucing jantan biasanya menandai wilayahnya dengan cara menyemprotkan air kencingnya diwilayah yang ingin dia kuasai.

Sementara untuk kucing betina, tidak seperti kucing jantan, meksipun kucing betina juga memiliki sifat teritorial namun sifat ini hanya sebatas wilayah yang menjadi rumahnya saja, dalam artian wilayahnya lebih sempit dibandingkan dengan kucing jantan. Dan mereka biasaya tidak segigih kucing jantan dalam mempertahankan wilayahnya.


Kucing Betina Lebih Berisik Ketika Musim Kawin

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke enam adalah kucing betina lebih berisik dari kucing jantan ketika musim kawin. Ketika kucing sudah beranjak dewasa, mereka akan memasuki masa-masa reproduksi dimana keinginan mereka untuk kawin sangat tinggi. Dimasa ini baik kucing jantan maupun kucing betina biasanya akan mengalami perubahan sikap karena adanya perubahan hormon.

Perubahan sikap ini biasanya berbeda antara kucing jantan dan kucing betina, dimana kucing betina biasanya akan lebih berisik dari pada kucing jantan. Meraka akan sering mengeong dengan sangat keras sehingga akan sanggat mengganggu terutama pada saat malam hari. Hal ini mereka lakukan untuk menarik perhatian kucing jantan dan mengajaknya kawin.


Kucing Jantan Lebih Suka Kabur Ketika Musim Kawin

Perbedaan karakter kucing jantan dan kucing betina yang ke tujuh adalah kucing jantan lebih suka kabur ketika musim kawin. Jika kucing betina suka mengeong dengan keras ketika musim kawin, kucing jantan biasanya lebih suka kabur atau keluyuran ke berbagai tempat ketika musim kawin. Hal ini mereka lakukan untuk mencari keberadaan kucing betina yang bisa mereka ajak kawin.

Kucing jantan bahkan bisa menghabiskan waktu berhari-hari keluyuran ke berbagai tempat untuk menemukan kucing betina. Mereka biasanya akan kembali ketika mereka lapar atau sudah memuaskan keinginannya. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin kucing jantan Anda pergi keluyuran dalam waktu yang lama, maka Anda harus melakukan steril atau menyediakan kucing betina sebagai pasangannya.


Posting Komentar untuk "7 Perbedaan Karakter Kucing Jantan dan Kucing Betina"