8 Cara Mengatasi Kucing yang Birahi Berat

Cara Mengatasi Kucing Birahi

Bagi Anda yang memelihara seekor kucing pasti Anda pernah mengalami situasi dimana kucing Anda mengalami masa birahi. Apalagi jika Anda sudah merawat kucing Anda dari kecil namun saat hendak tumbuh dewasa kucing tersebut mengalami masa birahi dan Anda bingung tentang apa yang harus dilakukan karena tidak memiliki pengalaman sebelumnya.  

Jika Anda sedang mengalami situasi seperti ini maka Anda sudah berada ditempat yang tepat karena dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi kucing yang sedang birahi.

Perlu diketahui bahwa ketika kucing mengalami masa birahi, kucing tersebut biasanya akan mengalami tekanan yang cukup berat, baik itu dari segi fisik maupun mentalnya. Mereka akan sangat berisik, apalagi jika hasratnya tersebut tidak terpenuhi pasti kucing tersebut akan mengalami strees dan bisa saja mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan.

Mengatasi kucing yang sedang birahi bisa dikatakan susah-susah gampang, diperlukan penanganan-penanganan tertentu agar kucing tersebut bisa melawati masa birahinya dengan baik. Oleh karena itu berikut beberapa tips atau saran tentang bagaimana cara mengatasi kucing yang sedang birahi:


1)    Biarkan Kucing Kawin

Cara yang pertama untuk mengatasi kucing yang sedang birahi adalah dengan membiarkannya kawin. Tentu ini adalah solusi paling efektif karena memang inilah yang diinginkan oleh kucing itu sendiri. Dalam hal ini Anda tinggal mencari kucing betina atau jantan yang sama-sama sedang birahi lalu Anda hanya perlu mengawinkan keduanya dan masalah birahi ini akan selesai dengan cepat.

Namun jika situasinya tidak memungkinkan untuk mengawinkan kucing Anda, entah itu karena Anda tidak menemukan kucing lain yang juga sedang birahi, belum siap untuk mengawinkannya, atau karena kucing Anda masih terlalu muda, maka Anda bisa mencoba cara lainnya.


2)    Masukan Ke Kandang / Ruang Isolasi

Cara ke dua untuk mengatasi kucing yang sedang birahi adalah memasukannya ke ruang isolasi. Kucing yang sedang birahi biasanya akan mengeluarkan aroma khusus yang akan menarik perhatian lawan jenisnya. Dengan memasukan kucing Anda ke ruang atau kandang khusus maka kemungkinan kucing tersebut menarik perhatian kucing lain yang akan menyebabkan birahinya semakin menjadi-jadi akan berkurang.

Namun dalam hal ini pastikan ruangan atau kandang isolasi tersebut memiliki suhu yang hangat, agar kucing tersebut merasa nyaman, cepat tenang, dan tidak berisik. Dalam hal ini Anda bisa memberi kucing Anda selimut atau kain agar suhu hangatnya tetap terjaga.


3)    Jaga Kebersihan Kandang

Cara mengatasi kucing birahi yang ke tiga adalah menjaga kebersihan kandang. Saat kucing sedang birahi mereka memiliki kecenderungan untuk menyemprotkan air kencing mereka diberbagai tempat, hal ini mereka lakukan selain untuk menandai wilayahnya juga untuk menarik perhatian lawan jenisnya supaya mendekat.

Tentu hal ini akan merepotkan Anda sebagai pemilik kucing jika kucing tersebut menyempotkan air kencingnya diberbagai tempat dirumah Anda seperti kursi, meja, lemari, dan sebagainya, apalagi aromanya juga sangat kuat dibandingkan air kencing biasa. Oleh karena itu ketika kucing Anda sedang birahi ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan kandang kucing Anda terutama dibagian kotak pasirnya agar mereka dapat menandai atau membuang air kencing mereka dikotak pasir tersebut.


4)    Barikan Catnip atau Feliway

Cara mengatasi kucing birahi yang ke empat adalah dengan memberikan catnip atau feliway pada kucing. Catnip adalah sebuah tanaman herbal yang dapat memberikan efek relaksasi pada kucing. Dengan memberikan tanaman catnip kucing akan merasa rileks, tenang, dan nyaman sehingga diharapkan akan mengalihkan perhatian kucing tersebut saat birahi.

Sementara feliway, feliway adalah sebuah senyawa buatan manusia yang dapat menghasilkan efek seperti feromon wajah (facial pheromones) yang secara alami diproduksi oleh kucing. Senyawa Feromon digunakan oleh kucing untuk menandai wilayah dan menarik lawan jenis. Ketika kucing menggosokan wajahnya ke suatu benda atau manusia dia akan secara alami mengeluarkan senyawa feromon ini. Dalam hal ini dengan memberikan feliway, kucing akan merasa seperti sedang berada diwilayahnya sehingga dia akan merasa nyaman dan tenang sehingga birahinya akan teralihkan.


8 Cara Mengatasi Kucing yang Birahi Berat


5)    Jauhkan Dari Lawan Jenis

Cara mengatasi kucing birahi yang ke lima adalah menjauhkannya dari kucing lawan jenis. Jika Anda tidak menginginkan kucing Anda hamil atau kawin dengan kucing lain maka ada baiknya Anda menjauhkannya dari kucing lawan jenisnya, hal ini selain untuk mencegah kucing Anda kawin juga sebagai usaha untuk mengendalikan birahi kucing tersebut. Karena kucing yang sering bertemu dengan lawan jenisnya apalagi pada saat sedang birahi pasti akan sulit untuk mengendalikan rasa birahinya.


6)    Barikan Perhatian Lebih

Cara yang ke enam untuk mengatasi kucing birahi adalah dengan memberikan perhatian lebih. Saat kucing mengalami masa birahi biasanya kucing tersebut juga akan mengalami tekanan dan stress yang cukup berat apalagi jika keinginannya tersebut tidak terpenuhi.

Oleh karena itu untuk mengurangi stress akibat birahi Anda bisa memberikan perhatian yang lebih pada kucing Anda, entah itu dengan cara menggendong, mengelus, mengajaknya bermain, memberikan cemilan kesukaannya, dan sebagainya. Dengan cara ini diaharapkan perhatian kucing akan teralihkan sehingga stress dan rasa birahinya bisa berkurang.


7)    Bari Obat Pengatur Hormon

Cara mengatasi kucing birahi yang ke tujuh adalah dengan memberikan obat pengatur hormon. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengendalikan masa birahi kucing adalah dengan memberikan obat pengatur hormon. Dalam hal ini kucing biasanya akan diberikan hormon progestin guna mencegah kehamilan, hormon ini juga terbukti dapat menghentikan fase birahi kucing sehingga kucing bisa lebih tenang dan rileks.

Namun perlu digaris bawahi bahwa pemberian obat ini harus dilakukan atas rekomendasi dokter karena dosis yang diberikan harus tepat sesuai dengan keadaan kucing. Jika dosis yang diberikan tidak tepat maka obat ini bisa membahayakan kucing itu sendiri, bahkan obat ini dapat memicu tumor dirahim kucing, jadi pastikan Anda melakukannya atas rekomendasi dokter.


8)    Lakukan Sterilisasi

Cara mengatasi kucing birahi yang ke delapan adalah dengan melakukan sterilisasi. Sterilisasi atau bisa juga disebut kebiri adalah proses pengangkatan alat reproduksi kucing baik itu kucing jantan maupun kucing betina sehingga kucing tersebut tidak bisa menghasilkan keturunan. Dalam hal ini saat disteril kucing jantan biasanya akan diabil testisnya sedangkan kucing betina akan diambil ovariumnya.

Setelah kucing disteril biasanya kucing tersebut tidak akan lagi mengalami masa birahi ataupun tertarik pada lawan jenisnya, sehingga mereka akan lebih tenang dan fokus menjalani kehidupannya sendiri.

Malakukan sterilisasi merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah birahi pada kucing, namun harus digeris bawahi bahwa kucing yang disteril berarti tidak akan pernah bisa mempunyai keturunan lagi, oleh karena itu Anda harus benar-benar memikirkannya dengan matang sebelum memutuskan untuk mensteril kucing Anda sendiri.


Posting Komentar untuk "8 Cara Mengatasi Kucing yang Birahi Berat"