7 Cara Ampuh Mengobati Kucing Diare / Mencret

Cara Ampuh Mengobati Kucing Diare

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik kucing adalah masalah diare pada kucing. Diare pada kucing merupakan salah satu masalah yang cukup merepotkan karena kotoran kucing biasanya akan lebih encer dan mudah mengotori bulu kucing dan berbagai tempat lainnya. Oleh karena itu tidak ada jalan lain bagi para pemilik kucing selain mengobatinya.

Masalah diare biasanya berkaitan dengan sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik, entah itu disebabkan karena kucing memakan makanan yang tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kucing, atau karena parasit, bakteri, virus, dan sebagainya.

Mengobati kucing diare bisa dibilang susah-susah gampang, diperlukan usaha dan kesabaran agar kucing dapat sehat kembali. Ada beberapa langkah cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kucing diare, diantaranya adalah sebagai berikut:


Hentikan Pemberian Makanan yang Menyebabkan Diare

Cara mengobati kucing diare yang pertama adalah menghentikan pemberian makanan yang menyebabkan diare. Makanan bisa menjadi salah satu faktor utama penyebab terjadinya diare, entah karena makanan tersebut tidak cocok atau kucing Anda mengalami intoleransi terhadap makanan tersebut.

Jika Anda merasa pernah mengganti makanan yang biasa Anda berikan pada kucing Anda atau mencoba memberikan suatu makanan kepada kucing Anda lalu kucing Anda mengalami diare, maka hentikanlah memberikan makanan tersebut karena kemungkinan besar makanan tersebutlah yang menjadi penyebab utama kucing Anda mengalami diare.


Beri Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Cara mengobati kucing diare yang ke dua adalah dengan memberikan makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Ketika mengalami diare kucing biasanya akan terlihat lemas karena terus menerus buang air besar, apalagi jika diare tersebut dibarengi dengan muntah-muntah, tentu hal ini akan membuat kucing kehilangan banyak energi. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing untuk memberikan makanan kepadanya.

Namun dalam hal ini ada baiknya Anda memberikan makanan dalam porsi yang kecil tetapi lebih sering agar pencernaan kucing tidak terlalu terbebani dan bisa mencerna makanan dengan baik. Selain itu berikanlah makanan yang mudah dicerna dan baik untuk kucing yang sedang diare, seperti misalnya ayam rebus, tempe rebus, atau jika ingin lebih bagus lagi Anda bisa membeli makanan khusus untuk kucing diare yang dijual dipasaran.


7 Cara Ampuh Mengobati Kucing Diare / Mencret


Cukupi Asupan Cairan Kucing

Cara mengobati kucing diare yang ke tiga adalah dengan mencukupi asupan cairan kucing. Selain akan terlihat lemas karena kekurangan makanan, kucing yang sedang diare juga akan terlihat lemas karena kehilangan banyak cairan. Kucing yang sedang diare biasanya sering mengalami dehidrasi, untuk menghindarinya kucing sering sekali terlihat bolak-balik hanya untuk minum.

Oleh karena itu tugas kita sebagai pemilik kucing adalah selalu menyediakan air bersih untuk minumnya. Selain itu Anda juga bisa memberikan minuman yang mengandung elektroit yang bagus untuk kucing yang sedang diare contohnya adalah air kelapa.

Latakanlah tempat air minum kucing ditempat yang mudah dijangkau oleh kucing sehingga mereka mudah untuk minum seperti didekat tempat mereka makan, tempat istirahat, ataupun ditempat mereka banyak menghabiskan waktu.


Berikan Suplemen Probiotik

Cara mengobati kucing diare yang ke empat adalah dengan memberikan suplemen probiotik. Populasi bakteri baik dalam usus kucing sangat diperlukan dalam sistem pencernaan normal. Bakteri baik berfungsi melindungi usus kucing dan melawan bakteri jahat yang menyebabkan diare.

Ketika kucing mengalami diare populasi bakteri baik dalam usus kucing ini biasanya akan terganggu, oleh karena itu dibutuhkan suplemen probiotik agar populasi bakteri baik kembali normal. Probiotik atau baikteri baik ini bisa diperoleh dari suplemen probiotik khusus kucing atau bisa juga diperoleh dari makanan yang mengandung probiotik seperti tempe dan yogurt.


Berikan Obat Diare

Cara mengobati kucing diare yang ke lima adalah dengan memberikan obat diare. Obat diare khusus kucing sangat efektif untuk mengatasi masalah diare pada kucing. Obat ini akan bekerja sedemikian rupa dari dalam dan membuat sistem pencernaan kucing yang sakit berangsur pulih kembali sehingga kucing bisa buang air besar dengan normal.

Meskipun obat diare ini bisa dibilang sangat efektif, namun penggunaannya harus dibarengi dengan intruksi dari dokter, karena dosis obat yang diberikan harus benar-benar sesuai untuk kucing. Jika dosis yang diberikan sangat berlebihan maka bisa jadi hal ini akan berbahaya bagi kucing itu sendiri. Kucing tersebut kemungkinan akan keracunan dan meninggal seketika.


Biarkan Kucing Beristirahat

Cara mengobati kucing diare yang ke enam adalah membiarkan kucing beristirahat. Ketika kucing mengalami diare, kucing akan mengalami dehidarsi karena terlalu banyak mengeluarkan cairan. Selain itu kucing juga akan terlihat lemas dan tidak nafsu makan. Mereka biasanya hanya akan menghabiskan waktunya dengan tidur atau berdiam diri.

Jika kucing Anda yang sedang diare berperilaku seperti ini maka sebaiknya Anda membiarkan mereka sendiri dan membiarkannya beristirahat dengan tenang, karena hal tersebut sebenarnya adalah cara kucing untuk menyembuhkan dirinya sendiri.


Bawa Ke Dokter Hewan

Cara mengobati kucing diare yang ke tujuh adalah dengan membawanya ke dokter. Jika kucing terus-menerus mengalami diare apalagi dibarengi dengan muntah-muntah dan keluar darah dari kotorannnya, maka sebaiknya Anda membawa kucing Anda ke dokter hewan agar bisa diidentifikasi dan dirawat dengan baik.

Kucing yang mengalami diare yang dibarengi dengan muntah-muntah dan mengeluarkan darah bisa saja menderita penyakit lain yang lebih serius, dan hal ini tidak bisa ditangani seorang diri dalam arti harus meminta bantuan dokter agar bisa diperiksa dan dirawat dengan baik sehingga kemungkian buruk yang bisa terjadi bisa dihindari.


Posting Komentar untuk "7 Cara Ampuh Mengobati Kucing Diare / Mencret"