7 Penyebab Kucing Mengalami Diare atau Mencret

Penyebab Kucing Mengalami Diare atau Mencret

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh kucing adalah diare. Diare adalah masalah klasik dan pasti sering dialami oleh kucing peliharaan kita. Meskipun begitu tetap saja kita akan merasa khawatir jika kucing kita mengalami masalah diare, terlebih jika hal ini membuat kucing kita menjadi lemas, hanya berdiam diri, dan tidak mau makan.

Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan kucing mengalami diare agar kita bisa mencegah kucing kita mengalaminya. Dalam hal ini berikut beberapa penyebab kucing mengalami diare:


Intoleransi Makanan

Penyebab kucing diare yang pertama adalah karena intoleransi makanan. Kucing juga bisa mengalami intoleransi makanan, terutama pada makanan-makanan yang memang sulit atau tidak bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan kucing. Intoleransi makanan terjadi akibat adanya bahan makanan tertentu yang menyebabkan sistem pencernaan kucing terganggu.

Intoleransi makanan pada kucing bisa menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya adalah muntah-muntah dan diare. Ada beberapa makanan yang biasanya akan memicu reaksi intoleransi pada kucing, seperti misalnya susu yang mengandung laktosa, ikan dan daging mentah, dan lain sebagainya. Tetapi dalam beberapa kasus ada kucing yang pencernaannya tetap baik-baik saja meskipun memakan makanan-makanan tersebut. Dalam hal ini ada baiknya Anda sebagai pemilik kucing dapat memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kucing Anda dan melihat ada atau tidaknya efek samping setelah mengkonsumsinya.


Infeksi Bakteri atau Virus

Penyebab kucing diare yang ke dua adalah karena adanya infeksi bakteri atau virus. Ada situasi diamana kucing mengalami diare akibat adanya infeksi bakteri atau virus, dimana bakteri atau virus ini menyerang oragan pencernaan kucing sehingga sistem pencernaan kucing dan tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

Infeksi bakteri atau virus ini bisa berasal dari kucing atau hewan lain atau bisa juga dari makanan kucing itu sendiri. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan makanan yang diberikan pada kucing peliharaan kita.


Memakan Benda Asing

Penyebab kucing diare yang ke tiga adalah karena kucing memakan benda asing. Kucing memang memiliki sifat penasaran yang tinggi, mereka sering sekali memakan hawan-hewan kecil dan menggigit benda-benda yang ada disekitarnya seperti tali, pelastik, mainan dan sebagainya, sehingga terkadang hewan dan benda-benda tersebut termakan oleh kucing dan berakibat pada sistem pencernaannya yang memicu terjadinya diare.

Jika Anda sering melihat kucing Anda mengejar hewan-hewan kecil atau menggigit benda-benda disekitarnya maka ada baiknya ada waspada dan melakukan antisipasi agar kucing Anda terhindar dari diare.


7 Penyebab Kucing Mengalami Diare atau Mencret


Stres

Penyebab kucing diare yang ke empat adalah karena kucing mengalami stres. Kucing merupakan salah satu hewan yang mudah mengalami stres, entah itu karena perubahan lingkungan baru, terlalu lama dikurung, perubahan hormon dan sebagainya. Dalam hal ini stres yang dialami kucing secara berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah diare.

Kucing yang mengalami stres biasanya akan mengalami diare, hal ini karena stres yang dialami kucing dapat memicu iritasi usus bawah kucing sehingga pantas jika kucing mengalami diare karena memang sistem pencernaannya tidak bekerja dengan baik.


Parasit

Penyebab kucing diare yang ke lima adalah karena parasit. Kucing bisa saja terkena parasit dibagian sistem pencernaannya, entah itu cacing ataupun protozoa. Parasit dalam sistem pencernaan kucing biasanya akan membuat kucing menderita diare, bahkan bisa disertai darah dan lendir pada kotorannya.

Tentu hal ini akan menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik, kucing tersebut mungkin akan kehilangan berat badannya, terlihat lemas, dan kemungkinan terburuk bisa jadi mengalami kematian. Oleh karena itu ada baiknya Anda memeriksakan kucing Anda yang terkena parasit ini ke dokter hewan terdekat agar bisa diobati dengan baik.


Penyakit Radang Usus

Penyebab kucing diare yang ke enam adalah karena kucing terkena penyakit radang usus. Penyakit radang usus pada kucing adalah keadaan dimana usus kucing mengalami peradangan sehingga tidak bisa memproses makanan yang dikonsumsi kucing dengan baik, sehingga berakibat pada kucing yang mengalami diare.

Penyakit radang usus pada kucing bisa dibilang merupakan penyakit yang cukup serius, penyakit ini bisa membuat kucing mengalami diare dalam jangka waktu yang panjang bahkan berulang. Oleh karenanya penting bagi Anda sebagai pemilik kucing untuk mengatasi masalah ini dengan membawa kucing Anda ke dokter.


Bahan Kimia

Penyebab kucing diare yang ke tujuh adalah karena kucing mengkonsumsi bahan kimia tertentu. Kucing bisa mengalami diare jika kucing tersebut mengkonsumsi bahan kimia tertentu, misalnya bahan kimia yang terkandung dalam antibiotik atau obat, dalam tanaman beracun, ataupun yang terkandung dalam suatu makanan. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi oleh kucing Anda agar masalah diare yang timbul akibat mengkonsumsi makanan yang salah bisa dihindari.


Posting Komentar untuk "7 Penyebab Kucing Mengalami Diare atau Mencret"