8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bahaya !

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

Ketika kita memelihara seekor kucing terkadang kita ingin selalu memberikan makanan kepadanya, entah itu karena kita terlalu sayang atau karena kita ingin membuatnya lebih gemuk. Hal ini tentu tidaklah salah jika kita memberikan makanan yang memang baik untuk mereka, yang salah adalah ketika kita memberikan makanan sembarangan pada mereka.

Taukah Anda bahwa ada makanan-makanan tertentu yang tidak diciptakan untuk dimakan oleh kucing, dalam arti bahwa makanan-makanan tersebut bisa sangat berbahaya bagi kucing itu sendiri, entah itu berefek pada pencernaannya, kesehatannya, atau bisa jadi berbahaya bagi nyawanya. Lalu apa saja makanan-makanan yang berbahaya bagi kucing tersebut? berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh kucing.


Coklat

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang pertama adalah coklat. Coklat memang sangat dekat dengan kehidupan manusia dan sering kali dikonsumsi dalam berbagai bentuk, entah itu dalam bentuk coklat batang, isian roti, minuman coklat, dan sebagainya. Meskipun coklat sering sekali dikonsumsi oleh manusia, namun ternyata coklat sama sekali tidak boleh dimakan oleh kucing. Hal ini karena coklat mengandung senyawa yang dapat membuat kucing, muntah, diare, kejang, gagal jantung, hingga kematian.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin kucing Anda mengalami hal-hal tersebut maka jangan sekali-kali Anda membiarkan kucing Anda memakan coklat dalam bentuk apapun agar kucing Anda terhindar dari resiko kematian. Sebetulnya coklat tidak hanya berbahaya bagi kucing, melainkan juga berbahaya bagi anjing. Oleh karena itu pemilik anjing juga biasanya menjauhkan anjing mereka dari coklat.


Susu dan Produk Olahannya

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke dua adalah susu dan produk olahannya. Susu memang terlihat sangat menyehatkan bagi kucing namun pada kenyataannya susu dan produk olahannya malah sangat berbahaya bagi kucing. Perlu digaris bawahi bahwa kita disini berbicara susu yang banyak diperjualbelikan dipasaran, bukan susu induk kucing atau susu khusus kucing yang memang bagus untuk kucing.

Susu yang dijual dipasaran kebanyakan adalah susu yang dibuat khusus untuk manusia dan sebagian besar pasti mengandung laktosa. Kandungan laktosa inilah yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kucing. Kandungan ini bisa membuat kucing mengalami diare bahakan keracunan.

Selain dari susu, kandungan laktosa juga bisa ditemukan diproduk olahan susu lainnya seperti misalnya keju, yogurt, dan sebagainya. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjauhkan kucing Anda dari susu dan produk olahan susu lainnya. Jikalaupun Anda ingin memberikan susu pada kucing Anda, maka berikanlah susu yang memang dibuat khusus untuk kucing.


Kafein

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke tiga adalah makanan yang mengandung kafein. Bagi manusia makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa meningkatkan semangat karena memicu kinerja jantung. Namun sebaliknya makanan atau minuman yang mengandung kafein malah bisa membahayakan bagi kucing. Mereka bisa mengalami diare, gemetar, sesak nafas, sampai kejang-kejang. Hal ini tentunya harus Anda hindari agar kemungkinan buruk tidak terjadi pada kucing Anda.

Salah satu makanan atau minuman yang mengandung kafein bisa kita temukan pada kopi, coklat, teh, dan sebagainya. Apalagi jika kita sering sekali meminum kopi, kucing biasanya akan penasaran dengan apa yang kita minum dan terkadang mereka ikut mencobanya. Oleh karena itu Anda harus menjauhkan kucing Anda dari makanan atau minuman yang mengandung kafein tersebut.


Hati

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke empat adalah hati. Hati ayam, hati sapi, ataupun hati binatang lainnya sebenarnya bisa diberikan pada kucing Anda selama porsinya tidak banyak dan tidak sering. Hati mengandung nutrisi dan protein yang baik untuk kucing, namun hati juga mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin A yang tinggi inilah yang sebenarnya cukup berbahaya bagi kucing karena dapat mengakibatkan hipervitaminosis A pada kucing. Ini adalah kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan vitamin A yang dapat memicu penyakit yang membahayakan kucing itu sendiri.

Oleh karena itu pastikan jika Anda ingin memberi kucing Anda hati, maka berikanlah dalam porsi yang sedikit dan tidak terlalu sering. Atau jika Anda tidak ingin mengambil resiko maka lebih baik berikan makanan lain saja yang lebih aman dan terjamin.


8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing


Anggur / Kismis

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke lima adalah anggur atau kismis. Anggur atau kismis yang biasa kita makan sehari-hari ternyata sangat berbahaya bagi kucing terutama bagian ginjalnya. Kucing yang memakan anggur atau kismis sedikit saja akan memicu kerusakan pada ginjalnya.

Setelah kucing memakan anggur biasanya mereka akan mengalami gejala muntah, lesu, diare, nafsu makan berkurang, dan kesulitan buang air kecil. Meskipun saat ini belum diketahui penyebab pasti kenapa anggur dan kismis itu sangat berbahaya bagi kucing, namun untuk pencegahan ada baiknya Anda menjauhkan kucing Anda dari kedua makanan ini.


Bawang

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke enam adalah bawang-bawangan. Bawang putih, bawang merah, bawang daun, maupun bawang bombay, adalah makanan terlarang bagi kucing. Hal ini karena bawang mengandung zat Allium yang dapat merusak sel dareh merah kucing sehingga memicu terjadinya anemia. Selain itu kucing yang memakan bawang biasanya juga akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan muntah.

Karena bawang sering digunakan sebagai campuran bumbu masak, maka Anda harus waspada jika kucing Anda memakan makanan Anda yang mengandung bawang, karena bisa saja terjadi efek samping yang sama seperti kucing Anda memakan bawang secara langsung.


Alkohol

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke tujuh adalah makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Selain buruk bagi kesehatan manusia, alkohol juga sangat buruk untuk kesehatan kucing. Kucing yang mengkonsumsi alkohol bisa mengalami kejang-kejang bahkan mengalami kematian seketika. Oleh karena itu jauhkan minuman beralkohol dari Anda maupun kucing Anda, agar Anda dan kucing Anda lebih sehat dan terhindar dari resiko kematian.


Roti dan Ragi

Makanan yang tidak boleh dimakan kucing yang ke delapan adalah roti dan ragi. Roti sebenarnya tidak akan terlalu berbahaya jika dimakan sesekali oleh kucing, yang jadi masalah adalah kandungan ragi dalam roti. Roti biasanya membutuhkan ragi agar bisa berkembang. Ragi biasanya diberikan pada saat roti sedang dalam bentuk adonan bahan.

Jika Anda sedang membuat roti dan adonan roti ini dimakan oleh kucing Anda maka kucing Anda mungkin akan dalam bahaya. Perutnya pasti akan mengembang dan pencernaannya akan terganggu. Oleh karena itu pastikan kucing Anda tidak memakan adonan roti yang masih belum jadi. Selain itu sebetulnya tidak ada gunanya sama sekali memberikan roti pada kucing karena roti tidak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kucing.


Posting Komentar untuk "8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kucing, Bahaya !"