7 Penyebab Kucing Mengalami Stres

Penyebab Kucing Mengalami Stres

Pernahkah Anda melihat kucing peliharaan Anda yang tadinya sangat ceria dan sering bermain tiba-tiba sifatnya berubah menjadi agresif, pemurung, tidak nafsu makan, dan sering bersembunyi? Jika hal tersebut terjadi pada kucing peliharaan Anda, maka bisa jadi kucing Anda sedang mengalami stres.

Stres pada kucing adalah suatu keadaan dimana kucing mengalami gangguan atau kekacauan mental. Stres pada kucing jika tidak ditangani dan terus dibiarkan akan mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan, kesehatan kucing akan terus menurun dan rentan terhadap serangan penyakit.

Namun meskipun para pemilik kucing sadar akan bahayanya gangguan stres pada kucing, pada kenyataanya banyak pemilik kucing yang tidak mengetahui apa sebenarnya hal-hal yang bisa menyebabkan kucing mengalami stres. Oleh karena itu berikut beberapa penyebab kucing mengalami stres:


Perubahan Lingkungan

Penyebab kucing stres yang pertama adalah karena adanya perubahan lingkungan. Ketika kucing berpindah kepemilikan dari yang lama pada yang baru otomatis lingkungan tempat tinggalnya juga akan berubah. Perubahan tempat tinggal secara mendadak ini bagi banyak kucing bisa membuat mereka ketakutan, gelisah, hingga stres, apalagi jika tempat tinggal yang baru ternyata tidak senyaman tempat tinggal sebelumnya.

Selain itu perubahan besar yang terjadi dalam rumah, seperti misalnya perubahan ruangan kucing, tata letak barang, dan sebagainya juga bisa memicu terjadinya stres pada kucing. Oleh karena itu sebelum Anda memindahkan kucing Anda ke tempat yang baru atau melakukan perubahan besar pada tempat tinggalnya, ada baiknya Anda membuat kucing Anda tetap merasa nyaman agar perubahan-perubahan tersebut tidak memicu stres pada kucing Anda.


Terlalu Berisik dan Ramai

Penyebab kucing stres yang ke dua adalah karena terlalu berisik dan ramai. Kucing pada dasarnya menyukai lingkungan tempat tinggal yang kondusif, nyaman, dan tenang. Mereka cenderung akan menghindari tempat-tempat yang bising dan banyak dilalui orang, hal ini selain karena memang tempat tersebut bukan habitat asli mereka, juga karena mereka cenderung takut pada suara bising dan orang yang tidak mereka kenal.

Jika Anda menempatkan kucing peliharaan Anda di tempat yang bising dan ramai, seperti misalnya dekat dengan proyek bangunan, tempat las, pinggir jalan, dan sebagainya, maka bukan hal yang aneh jika kucing Anda mengalami stres. Oleh karena itu penting untuk memilih tempat yang tenang untuk kucing peliharaan kita agar mereka tidak mengalami stres.


Masalah Kesehatan

Penyebab kucing stres yang ke tiga adalah karena mengalami masalah kesehatan. Selain beberapa penyebab yang sudah disebuatkan sebelumnya, masalah kesehatan kucing juga menjadi salah satu penyebab utama kenapa kucing mengalami stres. Masalah kesehatan yang dialami oleh kucing akan memicu rasa sakit dan ketidaknyamanan kucing itu sendiri, sehingga jika hal ini terus-menerus terjadi akan memicu terjadinya stres pada kucing.

Masalah kesehatan pada kucing pada umumnya sangat beragam, mulai dari masalah kutu, jamur, bakteri, hingga virus berbahaya. Karena masalah kesehatan ini sangat vital maka ada baiknya kita selalu menjaga dan mengecek kesehatan kucing kita secara berkala agar mereka tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.


7 Penyebab Kucing Mengalami Stres


Kucing Birahi

Penyebab kucing stres yang ke empat adalah karena kucing sedang birahi. Kucing yang sedang birahi biasanya akan mengalami perubahan hormon yang signifikan, hal ini biasanya akan berpengaruh besar pada prilaku kucing itu sendiri. Untuk itu dibutuhkan kucing lawan jenis untuk menyalurkan keinginan ini agar prilaku kucing tetap stabil.

Akan tetapi karena pemilik kucing biasanya hanya memelihara satu ekor kucing saja dirumah sehingga kucing tersebut tidak memiliki pasangan oleh karena itu keinginan kucing tersebut untuk kawin menjadi tidak tersalurkan. Keinginan yang tidak tersalurkan inilah yang lama-kelamaan membuat kucing menjadi stres.


Kurang Perhatian

Penyebab kucing stres yang ke lima adalah karena kurang perhatian. Kucing sama seperti manusia juga membutuhkan perhatian. Mereka senang dielus, digendong, ataupun diajak bermain. Jika kucing terus menerus diabaikan oleh pemiliknya dan dia tidak memiliki teman untuk bermain maka lama-kelamaan hal ini akan membuat kucing merasa bosan dan tidak menutup kemungkinan dapat memicu kucing mengalami stres.

Oleh karena itu ajaklah kucing Anda sesekali bermain atau hanya sekedar mengelus dan menggendongnya agar merka tetap merasa diperhatikan. Atau jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk melakukannya maka setidaknya berikan mereka teman untuk bermain bersama.


Berkelahi dengan Kucing / Hewan Lain

Penyebab kucing stres yang ke enam adalah karena berkelahi dengan kucing atau hewan lain. Perkelahian dengan kucing atau hewan lain juga dapat memicu terjadinya stres pada kucing, terutama jika kucing tersebut mengalami kekalahan. Sama seperti manusia kucing yang kalah juga biasanya akan kehilangan kepercayaan dirinya, entah itu kalah dalam mempertahankan wilayahnya atau kalah dalam perebutan kucing betina.

Selain kehilangan kepercayaan diri, kucing yang kalah juga biasanya akan terlihat murung, dan yang lebih parah kucing tersebut bisa saja mengalami stres. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pemilik kucing untuk menjaga agar kucing kita tidak berkelahi dengan kucing ataupun hewan lain.


Dikurung Terlalu Lama

Penyebab kucing stres yang ke tujuh adalah karena dikurung terlalu lama. Kucing merupakan hewan yang bebas, mereka senang bermain, berburu, dan berlarian kesana kemari. Oleh karena itu jika kucing dikurung terlalu lama hal tersebut akan merampas kebebasannya dan membuat kucing mengalami stres.

Jika Anda adalah pemilik kucing yang baik, maka jangan pernah Anda mengurung kucing Anda terlalu lama apalagi sampai berhari-hari, karena hal tersebut pasti akan membuat kucing Anda mengalami stres.


Posting Komentar untuk "7 Penyebab Kucing Mengalami Stres"