7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan, Waspada !

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Salah satu hal yang membuat kita khawatir ketika memelihara seekor kucing adalah ketika kucing peliharaan kita tidak mau makan. Meski meskipun kita sudah berusaha untuk memberikan makanan kesukaannya, membujuknya, bahkan sampai menyuapinya kucing kita tetap tidak mau makan. Disaat itulah kita mulai khawatir dan bingung kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Kucing yang tidak mau makan sebetulnya terjadi bukan tanpa alasan, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan kucing tidak mau makan, entah itu karena kucing mengalami stres, terkena penyakit, ataupun hal lainnya. Oleh karena itu Anda sebagai pemilik kucing harus tahu apa yang menyebabkan kucing Anda tidak mau makan agar Anda nanti bisa mencari solusinya. Dalam hal ini terdapat beberapa penyebab kenapa kucing tidak mau makan, antara lain sebagai berikut:


Tidak Menyukai Makanan yang Diberikan

Penyebab kucing tidak mau makan yang pertama adalah karena kucing tidak menyukai makanan yang diberikan. Kucing terkadang suka pilih-pilih makanan, mereka terkadang hanya akan memakan makanan yang mereka sukai. Jika kucing Anda tidak mau makan makanan yang Anda berikan, boleh jadi kucing Anda mungkin tidak suka makanan tersebut. Namun jika sebelumnya kucing tersebut menyukai makanan yang Anda berikan lalu tiba-tiba dia tidak mau memakannya maka bisa jadi kucing Anda bosan dengan makanan tersebut dan ingin mencoba makanan lain.

Untuk memastikannya cobalah berikan makanan lain dan lihat respon kucing Anda apakah dia mau memakannya atau tidak. Jika kucing Anda mau memakannya maka kucing tersebut memang sedang bosan dan jika kucing Anda tetap tidak mau makan maka kemungkinan kucing Anda sedang mengalami masalah lain.


Masalah Pencernaan

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke dua adalah karena sedang mengalami masalah pencernaan. Sama seperti manusia kucing juga bisa mengalami masalah pencernaan, seperti misalnya diare, mual, muntah, dan sebagainya. Oleh karena itu ketika sedang mengalami masalah pencernaan kucing terkadang tidak mau makan karena pada saat dia mencerna suatu makanan dia akan meresakan sakit ataupun rasa tidak nyaman.

Masalah pencernaan pada kucing bukanlah masalah yang bisa dianggap enteng karena bisa jadi hal ini adalah tanda adanya suatu penyakit. Dalam hal ini untuk memastikan keadaan sistem pencernaan kucing, ada baiknya Anda membawa kucing Anda ke dokter hewan agar bisa diperiksa dan ditangani secara tepat. 


Masalah Pernafasan

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke tiga adalah karena mengalami masalah pernafasan. Kucing adalah salah satu hewan yang sangat mengandalkan penciuman mereka, entah itu untuk berburu, berkomunikasi dengan kucing lain, termasuk juga untuk mengenali bau makanannya.

Jika kucing sedang mengalami masalah pernafasan misalnya sedang mengalami flu maka kemungkinan besar kemampuannya untuk mencium bau makanannya akan berkurang, sehingga hal ini bisa saja mengurangi nafsu makan kucing secara keseluruhan. Oleh karena itu pastikan apakah kucing Anda yang tidak mau makan tersebut disebabkan karena masalah pernafasan atau bukan.


7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan


Kucing Stres

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke empat adalah karena kucing mengalami stres. Sama seperti manusia kucing juga bisa mengalami stres. Stres yang dialami kucing bisa jadi karena perubahan lingkungan yang derastis, terlalu lama dikurung, perubahan hormon dan sebagainya.

Ketika kucing mengalami stres biasanya dia akan terlihat murung, hanya berdiam diri, dan tidak mau makan. Jika kucing Anda tiba-tiba tidak mau makan maka bisa jadi karena kucing Anda sedang mengalami stres.


Kucing Demam / Sakit

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke lima adalah karena kucing sedang demam. Ketika sedang demam kucing akan mengalami peningkatan suhu ditubuhnya, mereka akan terlihat tidak nyaman, kesakitan, lemas dan hanya berdiam diri. Ketidaknyamanan yang dialami kucing yang sedang demam pada akhirnya berpengaruh pada nafsu makannya, mereka jadi tidak mau makan, tidak mau minum dan hanya menghabiskan waktunya untuk tidur dan berdiam diri.

Dalam hal ini periksalah suhu tubuh kucing Anda untuk memastikan apakah kucing Anda mengalami demam atau tidak. Jika ternyata kucing Anda mengalami demam maka ada baiknya Anda mengobatinya terlebih dahulu agar nafsu makannya meningkat dan dia mau makan kembali.


Masalah Gigi dan Mulut

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke enam adalah karena kucing mengalami masalah gigi dan mulut. Layaknya manusia yang tidak bisa makan ketika sedang sakit gigi atau sariawan, kucing juga mengalami hal yang sama ketika mereka mengalami masalah pada gigi dan mulutnya.

Dalam hal ini kucing bisa saja mengalami masalah gigi atau mulut, entah itu karena adanya luka ataupun infeksi yang membuat kucing tidak nyaman ketika mengkonsumsi makanannya sehingga dia memilih untuk tidak makan. Oleh karena itu periksalah secara teratur kesehatan gigi dan mulut kucing Anda agar selalu sehat dan bersih.


Menelan Benda Asing

Penyebab kucing tidak mau makan yang ke tujuh adalah karena kucing memakan benda asing. Kucing merupakan hewan yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, mereka bisa menggigit segala hal yang menarik perhatian mereka, entah itu tali, bulu, tanaman dan sebagainya. Karena sifatnya inilah terkadang kucing bisa menelan benda-benda asing sehingga menganggu sistem pencernaannya.

Dalam hal ini ketika sistem pencernaan kucing terganggu otomatis pencernaan kucing menjadi tidak nyaman sehingga hal ini berpengaruh pada nafsu makan kucing yang turun. Oleh karena itu ada baiknya Anda sebagai pemilik kucing dapat menjauhkan setiap benda-benda yang mungkin dapat ditelan oleh kucing Anda.


Posting Komentar untuk "7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan, Waspada !"