5 Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

5 Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka jenis bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun kebutuhan luar negeri. Aktivitas pertambangan yang dilakukan telah menghasilkan banyak penghasilan ataupun devisa bagi Indonesia.

{|CATATAN| Akan lebih lengkap rasanya jika Anda juga membaca 2 artikel berikut: Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia}

Seberapa besar potensi sumber daya tambang Indonesia? Dan dimanakah jenis dan lokasi pertambangan di Indonesia? perhatikanlah peta dibawah ini:

5 Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

1)   Minyak Bumi dan Gas

Minyak bumi dan gas adalah sumber energi utama yang saat ini banyak digunakan untuk keperluan industri, tranportasi, dan juga rumah tangga. Disamping itu saat ini juga telah dikembangkan berbagai sumber energi alternatif diantaranya bioenergi dari beberpa jenis tumbuhan dan sumber energi lain seperti energi matahari, angin dan juga gelombang. Akan tetapi, produksi energi dari sumber energi alternatif jumlahnya masih terbatas.

Disisi lain cadangan minyak bumi Indonesia dari waktu ke waktu terus berkurang seiring dengan pegambilan ataupun eksploitasi yang terus dilakukan. Lebih lanjut diperkirakan dalam kurun waktu 14 tahun ke depan cadangan tersebut akan habis dan Indonesia terpaksa harus membeli dari negara lain. Namun hal tersebut tidak akan terjadi dengan cepat apabila ditemukan cadangan baru yang diperkirakan masih besar. Cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan masih cukup besar. Adapun dalam hal ini persebaran penghasil minyak pada sejumlah pulau di Indonesia bisa dilihat pada tabel berikut:

5 Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia

2)   Batu Bara

Batu bara merupakan batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang sudah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu. Unsur-unsur yang menyusunnya terutama adalah hidrogen, karbon, dan oksigen.

Batu bara dipakai sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan manusia. Energi yang dihasilkan batu bara bisa dipakai untuk pembangkit listrik, keperluan rumah tangga (memasak), dan pembakaran pada industri batu bata atau genteng, batu kapur, semen, bijih besi dan baja, industri kimia dan lain sebagainya.

Dilihat dari cadangannya, cadangan batu bara Indonesia hanya sebesar 0,5 % dari cadangan dunia, akan tetapi dilihat dari produksinya merupakan yang ke-6 terbesar di dunia dengan jumlah produksinya yang mencapai 246 juta ton. Batu bara bisa dijumpai di sejumlah pulau, diantaranya pulau Kalimantan dan Sumatera. Potensi batu bara di kedua pulau tersebut sangatlah besar. Pertambangan batu bara di Kalimantan ada di Kalimantan Timur (Lembah Sungai Berau dan Samarinda), Sumatra Selatan (Bukit Asam dan Tanjung Enim), dan Sumatra Barat (Ombilin dan Sawahlunto).

3)   Bauksit

Bauksit merupakan sumber bijih utama untuk menghasilkan aluminium. Bauksit ini bermanfaat untuk industri logam, kimia, keramik dan metalergi. Indonesia mempunyai potensi bauksit yang cukup besar dengan produksi mencapai sekitar 1.262.710 ton. Sebagian dari hasil pertambangan bauksit ini dimanfaatkan untuk industri dalam negeri dan sebagian lainnya akan diekspor. Bauksit ditambang di daerah Kalimantan Barat (Singkawang) dan Kepulauan Riau (Pulau Bintan).

4)   Pasir Besi

Pasir besi dapat digunakan untuk industri logam besi dan industri semen. Aktivitas penambangan pasir besi ini bisa ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan), Sumatra, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung) dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

5)   Emas

Emas pada umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan. Berdasarkan data dari Tekmira ESDM, produksi emas Indonesia pada tahun 2003 mencapai sekitar 141.019 ton. Tambang emas yang tersebar di Indonesia terletak di Papua (Freeport Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Riau (Logos), Bengkulu (Rejang Lebong), Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), dan Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa).

{|CATATAN| Indonesia juga memiliki potensi sumber daya di laut, apa itu? Baca artikel berikut: Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia}


Sumber:
http://ipsgampang.blogspot.com/2014/08/potensi-sumber-daya-tambang-di-indonesia.html

Posting Komentar untuk "5 Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia"