Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia

Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia

Indonesia mempunyai potensi sumber daya hutan yang sangat besar yakni mencapai luas 99,6 juta hektar atau sekitar 52,3% dari keseluruhan luas wilayah Indonesia (Kemenhut, 2011). Luas hutan yang besar tersebut, pada saat ini masih bisa dijumpai di Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Sumatra.

Sementara di Jawa, luas hutan sudah mengalami banyak penurunan karena terjadi peralihan fungsi untuk pertanian dan juga permukiman penduduk. Sementara di Kalimantan dan Sumatera, alih fungsi hutan menjadi pertanian dan perkebunan.

Selain dari besar luasnya, hutan Indonesia juga menyimpan kekayaan flora dan fauna yang sangat besar. Bahkan, banyak diantaranya adalah spesies endemik atau hanya ditemukan di Indonesia dan tidak ditemukan di tempat lain.

{|CATATAN| Indonesia juga memiliki sumber daya yang lainnya, bacalah 2 artikel berikut: Potensi Sumber Daya Tambang Indonesia dan Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia}

Dalam hal ini hasil hutan sebenarnya tidak hanya sekadar kayu saja. Dari hutan tropis yang dimiliki oleh negara kita Indonesia, dihasilkan buah-buahan dan obato-batan. Akan tetapi, hasil hutan yang banyak dikenal oleh penduduk ialah sumber kayu. Setidaknya ada 4000 jenis kayu yang 267 diantaranya adalah kayu yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia

Secara umum, jenis-jenis kayu dan sebarannya di Indonesia ialah sebagai berikut:
1)    Kayu Keruing, Meranti, Agathis dihasilkan terutama di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.
2)    Rotan banyak dihasilkan di Kalimantan, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.
3)    Kayu jati banyak dihasilkan di Jawa Tengah.
4)    Kayu Rasamala dan Akasia banyak dihasilkan di Jawa Barat.
5)    Kayu Cendana banyak dihasilkan di Nusa Tenggara Timur.

Disisi lain hutan yang kita miliki sekarang ini ternyata telah mengalami banyak kerusakan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan, laju kerusakan hutan Indonesia mencapai 300.000 hektar per tahunnya. Hal ini berakibat banyak spesies tumbuhan dan juga hewan yang terancam punah, bahkan beberapa diantaranya sudah dianggap punah. Jika hal tersebut terus terjadi bukan tidak mungkin di masa yang akan datang hutan Indonesia akan habis.

{|CATATAN| Untuk pembahasan secara menyeluruh tentang potensi sumber daya Indonesia, bacalah artikel berikut: Potensi Sumber Daya Alam Indonesia}

Padahal hutan mempunyai banyak manfaat atau fungsi, antara lain yaitu:
1)    Tempat hidup bagi flora dan fauna yang menjadi sumber makanan dan obat-obatan pada saat ini maupun pada masa yang akan datang.
2)    Menyimpan air hujan dan kemudian mengalirkannya ke sungai-sungai dan danau, sehingga pada musim kemarau tidak mengalami kekeringan.
3)    Menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida, sehingga suhu bumi terkendali.
4)    Mencegah terjadinya erosi atau pengikisan karena air hujan tidak langsung jatuh ke tanah dan mengikis tanah-tanah yang subur.
5)    Sumber kehidupan bagi masyarakat, khususnya masyarakat sekitar hutan dari produk yang dihasilkannya.


Sumber:
http://ipsgampang.blogspot.com/2014/08/potensi-sumber-daya-hutan.html

Posting Komentar untuk "Potensi Sumber Daya Hutan Indonesia"