Kondisi Bentuk Muka Bumi Indonesia

Kondisi Bentuk Muka Bumi Indonesia

Indonesia terdiri dari banyak pulau, baik yang berukuran besar maupun pulau yang berukuran kecil. Jumlah pulau Indonesia seluruhnya mencapai 13.466 pulau. Sementara luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 km2, terdiri dari daratan seluas 1.922.570 km2 dan lautan seluas 3.257.483 km2. Itu berarti wilayah laut Indonesia lebih luas daripada wilayah daratannya.

{|CATATAN| Kami sarankan anda juga membaca 3 artikel terkait sebelumnya: 1) Kondisi Alam Indonesia, 2) Keadaan Fisik Wilayah Indonesia Secara Singkat dan 3) Kondisi Geologi Indonesia}

Jika diperhatikan lagi keadaan pulau-pulau di Indonesia, tampak beragaman bentuk muka bumi. Bentuk muka bumi Indonesia bisa dibedakan menjadi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, dan juga pegunungan. Persebaran dari bentuk muka bumi Indonesia itu bisa dilihat pada peta fisiografi Indonesia berikut:


Kondisi Bentuk Muka Bumi Indonesia

Pada peta fisiografi diatas tampak sebaran bentuk muka bumi Nusantara dari mulai dataran rendah sampai dengan pegunungan. Untuk dapat membaca peta tersebut perhatikanlah legenda ataupun keterangan peta. Simbol berwarna kuning dipeta menunjukkan dataran rendah, warna oranye menunjukkan dataran tinggi, warna hijau menunjukkan daerah perbukitan, dan warna coklat menunjukkan pegunungan.

{|CATATAN| Berikut rekomondasi artikel lainnya yang terkait: 1) Kondisi Iklim Indonesia dan 2) Flora dan Fauna Indonesia}


Sumber:
http://ipsgampang.blogspot.com/2014/08/bentuk-muka-bumi-dan-aktivitas-penduduk.html

0 komentar

Posting Komentar