Kondisi Geologi Indonesia

Kondisi Geologi Indonesia

Pernah mendengar istilah lempeng bumi? Ternyata bumi ini tidak bulat secara utuh, melainkan terdiri atas lempengan yang bergerak terhadap satu sama lainnya. Indonesia sendiri terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik besar yakni lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia.

Lempeng Indo-Australia bertumbukan dengan Lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Sementara Lempeng Pasifik bertumbukkan dengan Eurasia di utara Papua dan Maluku Utara. Tumbukan lempeng tersebut kemudian pada akhirnya membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung api di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara.

{|CATATAN| Artikel pembahasan sebelumnya yang terkait dengan pembahasan ini: 1) Kondisi Alam Indonesia dan 2) Keadaan Fisik Wilayah Indonesia Secara Singkat}

Kondisi Geologi Indonesia

Selain terbentuknya pegunungan dan gunung api, tumbukkan antar lempeng ini juga menghasilkan fenomena gempa bumi. Gempa bumi sendiri terjadi karena lempeng yang saling bertumbukkan lalu kemudian menghasilkan getaran yang getarannya sampai ke permukaan bumi.

Indonesia adalah salah satu negara yang sering sekali mengalami gempa bumi, terutama di pulau-pulau sepanjang pertemuan lempeng Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Sulawesi. Gempa yang terjadi bisa dibedakan menjadi gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik merupakan gempa yang terjadi karena adanya pergerakan lempeng tektonik, sementara gempa vulkanik ialah gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung berapi.

Gempa bumi bisa juga menimbulkan bencana lainnya yakni Tsunami. Dalam hal ini goncangan akibat gempa bumi menimbulkan gerakan tanah di dasar laut, sehingga menimbulkan gelombang air. Ketika sampai di pesisir pantai, gelombang tersebut semakin membesar dan akhirnya menimbulkan bencana tsunami.

Selain gempa bumi, Indonesia juga termasuk negara yang rawan akan bencana letusan gunung api. Gunung berapi ialah lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma, gas ataupun cairan lainnya ke permukaan bumi. Ciri gunung berapi diantaranya yaitu adanya kawah atau rekahan. Sewaktu-waktu gunung berapi bisa saja meletus. Sebagian gunung yang ada di Indonesia adalah gunung berapi yang aktif. Ciri-ciri gunung berapi yang aktif ialah adanya aktivitas kegunungapian seperti semburan gas, asap, serta material dari dalam gunung berapi tersebut.

Di Indonesia, sebagian besar gunung berapi tersebar di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, sampai Nusa Tenggara. Gunung berapi juga banyak ditemui di Pulau Sulawesi dan Maluku. Beberapa gunung berapi di Nusantara sangat terkenal di dunia karena letusannya yang sangat dahsyat, yaitu gunung berapi Tambora dan Krakatau.

Gunung berapi adalah lubang kepundan atau rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Ciri gunung berapi adalah adanya kawah atau rekahan. Sewaktu-waktu gunung berapi tersebut dapat meletus.

Sebagian gunung yang ada di Indonesia merupakan gunung berapi yang aktif. Ciri gunung berapi yang aktif adalah adanya aktivitas kegunungapian seperti semburan gas, asap, dan lontaran material dari dalam gunung berapi.

Kondisi Geologi Indonesia

{|CATATAN| Rekomendasi artikel barikutnya yang terkait: 1) Kondisi Bentuk Muka Bumi Indonesia2) Kondisi Iklim Indonesia dan 3) Flora dan Fauna Indonesia}

Di Indonesia, sebagian besar gunung berapi tersebar di sepanjang Pulau Jawa, Sumatra, sampai Nusa Tenggara. Selain itu gunung berapi juga banyak ditemukan di Pulau Sulawesi dan Maluku. Beberapa gunung berapi di Indonesia sangat terkenal di dunia karena letusannya yang teramat sangat dahsyat, yakni gunung berapi Tambora dan gunung Krakatau.


Sumber:
https://www.geologinesia.com/2017/12/letak-geologis-indonesia.html
https://www.scribd.com/doc/83774800/Kondisi-Geologi-Indonesia

0 komentar

Posting Komentar