Letak dan Luas Indonesia dalam Peta

Letak dan Luas Indonesia dalam Peta

Letak suatu tempat pada permukaan bumi tidak hanya sebatas menunjukkan dimana posisinya diantara tempat-tempat lainnya. Melainkan letak menunjukkan juga karakteristik tempat tersebut. Misalnya, suatu tempat berada di daerah pantai, maka karakteristik tempat tersebut bisa diidentifikasikan bersuhu tinggi, berupa dataran rendah, masyarakatnya kebanyakan bekerja sebagai nelayan, dan sebagainya.

Selain itu letak juga menunjukkan posisi suatu tempat terhadap tempat lainnya. Dalam arti terdapat tempat yang strategis, terisolasi, dan sebagainya. Seperti katakanlah, suatu tempat berada di pusat kota karena letak tempat tersebut bisa dicapai dari berbagai lokasi dengan mudah, sehingga tempat tersebut menjadi pusat kegiatan penduduk.

{|CATATAN| Untuk lebih memahami pembahasan ini, kami sarankan Anda juga membaca artikel berikutMemahami Lokasi Melalui Peta}

Lalu bagaimana dengan letak wilayah Indonesia? Seberapa luas wilayah Indonesia? Apa keuntungan dari letak wilayah Indonesia? Untuk mengetahui letak dan luas Indonesia dalam peta, simak pembahasan berikut ini:

Letak Astonomis Indonesia

Indonesia terletak diantara 950 BT – 1410 BT dan 6o LU - 11o LS. Karena letak tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah beriklim tropis. Wilayah tropis sendiri dibatasi oleh lintang 23,5o LU dan 23,5o LS. Perhatikan peta dibawah, daerah yang ditandai arsiran merupakan daerah wilayah beriklim tropis dan Indonesia seluruhnya termasuk ke dalam wilayah tropis.

Letak dan Luas Indonesia dalam Peta

Selain dilihat dari posisi koordinat (letak astronomis), letak suatu tempat juga bisa dilihat secara geografis. Lalu apa yang dimaksud dengan letak geografis? Letak geografis adalah posisi suatu wilayah atau negara dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi.

Letak Geografis Indonesia

Dalam hal ini secara geografis, Indonesia berada di antara dua benua, yakni Benua Asia yang terletak disebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang letaknya disebelah selatan Indonesia. Selain itu juga, Indonesia berada diantara dua samudra, yakni Samudra Pasifik yang terletak disebelah timur Indonesia dan Samudra Hindia yang terletak disebelah barat Indonesia. Wilayah Indonesia berbatasan pula dengan sejumlah wilayah, baik itu wilayah negara maupun samudra.

Indonesia sendiri berbatasan dengan 10 (sepuluh) negara tetangga, baik itu berupa batas darat ataupun batas laut. Indonesia di darat berbatasan dengan negara Papua New Guinea (PNG), Malaysia, dan Timor Leste, sementara batas lautnya berbatasan dengan negara Singapura, Vietnam, Filipina, India, Thailand, Malaysia, Palau, Papua New Guinea, Timor-Leste dan Australia.

Selain itu batas Indonesia juga bisa dilihat dari posisinya (barat, selatan, utara, timur), yakni sebagai berikut:
1)    Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
2)    Sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
3)    Sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
4)    Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Letak geografis Indonesia sangat strategis, hal ini karena letak Indonesia menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di wilayah Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan juga India. Banyak kapal dagang yang mengangkut berbagai komoditas dari China, Jepang, dan negara-negara lain melewati Indonesia menuju ke negara-negara tujuan di wilayah Eropa. Indonesia juga dilewati oleh jalur perdagangan dari negara Asia ke arah Australia dan Selandia Baru.

Letak dan Luas Indonesia dalam Peta

Letak geografis memberi pengaruh besar bagi Indonesia, baik itu secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Karena Indonesia menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, maka bangsa Indonesia sudah lama menjalin interaksi sosial dengan bangs-bangsa lain. Interaksi sosial melalui perdagangan tersebut berkembang menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama ke Indonesia, seperti Islam, Kristen, Hindhu, Buddha, dan agama lainnya. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjual berbagai komoditas atau hasil bumi seperti pala, cengkeh, kayu cendana, lada, dan hasil lainnya ke negara Eropa, China, dan lainnya. Selain itu negara lain juga menjual berbagai produk barang seperti porselen, mesin, kain sutra, tenunan halus, dan sebagainya ke Indonesia.

Disamping banyaknya keuntungan akibat letak geografis Indonesa, letak geografis Indonesia juga ternyata memberi dampak yang merugikan. Salah satunya budaya dari negara lain yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia masuk dan memengaruhi kehidupan budaya bangsa Indonesia, contohnya seperti pergaulan bebas, kesantunan, dan sebagainya. Selain itu juga, Indonesia rentan terhadap masuknya barang terlarang seperti senjata api dan obat-obatan terlarang.

Apabila diperhatikan peta jalur perhubungan dunia, tampak banyak sekali alternatif rute pelayaran dunia. Meskipun tampak rumit, rute pelayaran utama (core route) pelayaran dunia relatif sederhana, yakni menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan Terusan Panama. Indonesia dilalui oleh jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama tersebut adalah jalur pelayaran perdagangan paling penting dan melayani pasar utama dunia.

Lebih lanjut, terdapat rute pelayaran pendukung (secondary route) yang melayani pasar yang lebih kecil. Dalam hal ini Indonesia juga dilalui oleh jalur pelayaran sekunder. Indonesia berada di Benua Asia yang saat ini perkembangan perekonomiannya sangat cepat.

Negara-negara Asia Timur, seperti Jepang dan Korea Selatan, mempergunakan jalur Selat Malaka untuk mengirimkan barang ekspornya ke berbagai wilayah di dunia seperti Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Demikian juga dengan negara-negara Eropa yang menggunakan Selat Malaka untuk menyalurkan barang ekspornya ke berbagai negara di Asia.

Letak Geologis Indonesia

Selain itu keuntungan posisi Indonesia juga bisa dilihat secara geologis. Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yakni Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Hindia. Posisi ini membuat Indonesia mempunyai banyak gunung api. Keuntungan dari letak geologi seperti ini ialah memiliki beragam potensi sumber energi dan mineral.

Selain letaknya yang startegis Indonesia juga mempunyai luas wilayah yang tergolong besar. Badan Informasi Geospasial (BIG) menyatakan bahwa wilayah Indonesia terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km2 dan perairan seluas 3.257.483 km2. Apabila dibandingkan dengan wilayah lain, luas wilayah Indonesia (daratan dan lautan) kurang lebih sama dengan Eropa ataupun hampir sama dengan Amerika Serikat atau Australia.

Daratan Indonesia terdiri atas 13.466 pulau yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Ada banyaknya pulau membuat garis pantai Indonesia sangat besar yakni mencapai 99.030 kilometer.



Sumber:
https://informazone.com/letak-geografis-indonesia/
https://www.aanwijzing.com/2016/09/Letak-dan-Luas-Indonesia-Pelajaran-IPS-SMP-MTs-Kelas-VII.html

0 komentar

Posting Komentar