11 Istilah Populer Tubuh Ikan Channa yang Wajib Diketahui

11 Istilah Populer Tubuh Ikan Channa

Sebagai pemula dalam dunia ikan channa, pernahkah Anda mendengar istilah anatomi, dorsal, bar, dot, fin, dan sebagainya? Apakah Anda mengetahui arti dari istilah-istilah tersebut? sebagai pemula kadang kita dibuat bingung dengan istilah-istilah yang ada tersebut dan kadang kita juga dibuat minder ketika berbicara dengan orang yang memang sudah sangat tahu tentang istilah-istilah tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam artikel kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan beberapa istilah populer pada tubuh ikan channa, jadi simak artikel ini sampai selesai. Berikut 11 istilah populer pada tubuh ikan channa:


1.    Anatomi

Anatomi dalam dunia ikan cahanna bisa diartikan sebagai struktur tubuh, bentuk tubuh, ataupun bagian-bagian tubuh secara keseluruhan dari ikan cahnna itu sendiri. Ikan channa terdiri dari bagian-bagian tubuh seperti, kepala, badan, dorsal, fin dan sebagainya yang membentuk struktur tubuh ikan secara keseluruhan, struktur tubuh ikan secara keseluruhan inilah yang disebut sebagai anatomi.


2.    Fin

Fin adalah istilah lain dari sirip ikan. Ikan channa memiliki beberapa sirip yaitu sirip depan, sirip atas, sirip bawah, dan sirip ekor, keseluruhan sirip inilah yang disebut sebagai fin. Sementara itu untuk bagian sirip yang sudah disebutkan tersebut memiliki istilah masing-masing, seperti dorsal, anal, pectoral, dan caudal. Arti istilah-istilah ini akan saya jelaskan pada penjelasan berikutnya.


3.    Pectoral

Pectoral adalah istilah untuk penyebutan sirip bagian depan atau sirip dayung ikan channa. Jika Anda perhatikan ikan channa bahkan ikan lain pada umumnya pasti memiliki sirip bagian depan dibagian samping belakang kepalanya, bagian sirip inilah yang disebut sebagai pectoral. Fungsi sirip pektoral adalah untuk pergerakan maju, mundur atau mengerem, dan juga membantu ikan untuk membelok ke kiri atau ke kanan.


4.    Dorsal

Dorsal adalah istilah untuk menyebutkan sirip bagian atas ikan. Ikan channa ataupun ikan lainnya pasti memiliki sirip pada bagian atas tubuhnya, sirip inilah yang disebut sebagai dorsal. Sirip dorsal ini berfungsi dalam kestabilan ikan ketika berenang. Sirip ini bersama dengan sirip anal akan membantu ikan untuk bergerak memutar.


5.    Anal

Anal adalah istilah untuk menyebutkan sirip bagian bawah belakang anus ikan. Ikan channa biasanya memiliki sirip anal ditubuhnya. Sirip anal terletak tepat di belakang anusnya. Fungsi sirip anal ini adalah membantu dalam stabilitas berenang ikan, dan mengontrol pada saat ikan bergerak memutar.


11 Istilah Populer Pada Tubuh Ikan Channa yang Wajib Diketahui


6.    Kaudal

Kaudal adalah istilah lain dari sirip ekor. Sirip kaudal berfungsi sebagai sirip pendorong sekaligus berfungsi sebagai kemudi untuk ikan berbelok ke kanan ataupun kekiri. Dasar sirip kaudal disebut sebagai batang ekor yang dilengkapi dengan otot renang yang kuat, berfungsi sebagai penggerak ibaratnya motor pada kapal.


7.    Ventral

Ventral merupakan istilah lain dari sirip perut. Sirip ventral berfungsi sebagai alat penyeimbang agar posisi ikan stabil. Sirip ini berfungsi dalam membantu menstabilkan ikan saat berenang. Selain itu sirip ini juga berfungsi untuk menempatkan posisi ikan pada suatu kedalaman. Secara umum sirip ini berfungsi untuk bergerak maju dan turun.


8.    Rim

Rim adalah istilah untuk menyebut bagian lis atau garis pada ujung luar sirip ikan. Rim biasanya ditandai berupa warna yang berbeda dengan warna dasar sirip ikan secara keseluruhan. Warna rim ini biasanya sangat beragam, ada yang berwarna biru, putih, orange, merah, dan sebagainya.


9.    Bar

Bar adalah istilah untuk corak yang membentuk pola pada tubuh ikan. Bar ini sangat umum ditemukan pada tubuh ikan channa, namun Ikan channa yang sedang dalam kondisi mental terganggu atau mengalami stress, bar ini biasanya tidak dapat terlihat dengan jelas. Hal ini karena kondisi pigmen dalam tubuh ikan sedang kacau.


10.  Dot

Dot adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan corak titik atau totol-totol pada bagian tubuh ataupun kepala ikan channa. Titik atau totol tersebut ada yang berwarna hitam, putih, merah, biru, kuning dan sebagainya. Biasanya ikan channa yang semakin banyak dot, maka akan terlihat semakin cantik.


11.  Cabung dan Bunga

Istilah cabung dan bunga biasanya digunakan pada jenis ikan channa maruliodes, istilah cabung diambil dari singkatan calon bunga, yaitu bibit corak yang akan tubuh pada tubuh ikan channa. Sementara bunga adalah bagian dari corak hitam pada bagian tubuh channa maru yang di pinggirannya terdapat corak kilau putih. Corak hitam dengan pinggiran putih tersebut membentuk pola seperti bunga.

Posting Komentar untuk "11 Istilah Populer Tubuh Ikan Channa yang Wajib Diketahui"