4 Jenis Ikan Channa Stewartii, Ini Perbedaannya !

4 Jenis Ikan Channa Stewartii

Channa Barca KW, itulah guyonan paling sering dilontarkan untuk ikan channa Stewartii. Memang jika dilihat sekilas ikan ini bisa dibilang cukup mirip dengan ikan channa barca terutama pada corak dan warnanya, namun meskipun begitu terdapat beberapa perbedaan lain yang menjadi ciri khas dari ikan channa stewartii ini.

Ikan Channa Stewartii adalah spesies ikan gabus yang berasal dari perairan Asia Selatan, tepatnya banyak ditemukan di negara India, Nepal dan Bangladesh. Habitat asli ikan channa ini berasal dari sungai dipegunungan india, mereka hidup dalam air bersuhu sekitar 22 sampai 30 derajat celcius dengan kadar pH 5 sampai 7.


Ikan channa Stewartii memiliki ukuran tubuh maksimal antara 25 sampai 30cm, bentuk tubuh ikan ini hampir sama dengan ikan channa jenis lainnya. Secara umum ikan ini memiliki warna degradasi abu, biru dan putih, dengan dot atau bintik-bintik hitam ditubuhnya.

Ikan channa Stewartii ternyata memiliki beberapa varian atau jenis, bardasarkan lokality habitatnya ikan ini terbagi atas empat jenis varian yaitu ikan channa sterwartii karbianglong, arunachal, kalikhola dan Himalaya atau sering juga disebut channa stewartii black galaxy.

Pada dasarnya perbedaan nama pada jenis ikan stewartii ini sebatas locality semata. Kalaupun ada perbedaan itu hanya pada pola ataupun motif dot dan kecerahan warnanya saja, hal itupun kemungkinan besar karena pengaruh faktor alam dari daerah asal channa tersebut yang berbeda.

Jadi mungkin kita akan kesulitan untuk bisa membedakan secara pasti perbedaan ke empat jenis ikan channa stewartii ini dan itu sangatlah wajar jadi jangan khawatir ketika Anda salah mengidentifikasi jenis ikan channa ini. Langkah terbaiknya adalah menyerahkan identifikasi ikan ini pada penjualnya saja. Namun meskipun begitu berikut beberapa ciri khas dari tiap-tiap jenis varian channa stewartii:


4 Jenis Ikan Channa Stewartii Besarta Perbedaannya


1.   Ikan Channa Stewartii Himalaya atau Black Galaxy

Jika kita lihat secara keseluruhan varian channa stewartii Himalaya warna badannya lebih putih dibanding varian stewartii lainnya. Pada bagian badan channa ini terdapat bintik-bintik hitam atau dot yang lebih banyak dan terlihat rapat dengan bentuk bulat-bulat kecil. Bintik-bintik hitam atau dot tersebut tersebar sampai sirip tetapi tidak sampai pada bagian kepalanya.

Jenis varian Ikan channa stewartii Himalaya ini merupakan channa paling favorit dalam variannya, ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi dikelas channa meskipun masih tetap dibawah harga ikan channa barca.


2.   Ikan Channa Stewartii Karbianglong

Ikan channa stewartii varian karbianglong memiliki ciri khas dibagian tubuhnya yang terdapat bintik-bintik atau dot yang berbentuk persegi kecil atau kotak-kotak yang tidak beraturan. Warna latar tubuh channa jenis ini jika dilihat lebih cerah dari channa stewartii arunachal maupun stewartii kalikhola.


3.   Ikan Channa Stewartii Kalikhola

Varian ikan channa stewartii kalikhola pada bagian tubuhnya memiliki titik-titik hitam atau dot tebel tapi berjeda atau ada sekat jarak jadi terlihat agak jarang. Jika diperhatikan warna latar tubuh channa jenis ini lebih gelap dibanding channa stewartii karbianglong.


4.   Ikan Channa Stewartii Arunachal

Ikan channa stewartii varian Arunachal memiliki bintik atau dot tebel yang mirip seperti channa stewartii kalikhola, ada juga sekat atau jeda sehingga tampak renggang dan berpola. Selain itu warna latar tubuh channa jenis ini sama gelapnya dengan channa stewartii karbianglong dan kalikhola, sehingga kita mungkin akan kebingungan untuk membedakannya.

Itulah sedikit perbedaan antara jenis varian ikan channa stewartii, cukup sulit dibedakan bukan?


Perawatan Ikan Channa Stewartii

Lalu untuk perawatan ikan channa stewartii bisa dibilang hampir sama seperti jenis ikan channa lainnya. Anda perlu mengatur pola makannya agar menghasilkan warna yang maksimal.

Pemberian pakan berupa udang dapat meningkatkan kualitas warna Channa Stewartii. Udang mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk meningkatkan kualitas warna pada ikan Channa Stewartii. Selain itu, Udang mengandung protein tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan Channa dengan cepat.  Selain itu makanan lain seperti ikan kecil, serangga, dan pelet juga bisa Anda berikan.

Channa Stewartii akan berwarna cerah apabila lingkungan di sekitarnya cerah juga. Ikan ini akan berusaha menyesuaikan warnanya dengan lingkungan yang ditempatinya. Oleh karena itu kita harus pandai mengatur akuariumnya. Seperti misalnya mengatur air akuarium, background akuarium, dan dasar akuarium.

Gunakan pasir malang dengan warna coklat sebagai dasar akuarium. Warna coklat akan terlihat lebih cerah jika dibandingkan dengan pasir warna hitam. Namun tidak disarankan menggunakan pasir warna putih karena dapat menyebabkan warna pada ikan Channa Stewartii kurang muncul.

Air pada akuarium juga perlu rutin diganti. Jangan sampai air kotor dibiarkan begitu saja karena dapat merusak warna pada Channa Stewartii dan juga dapat meracuni tubuh dan mengganggu penyerapan oksigen.

Ikan channa secara umum dapat bernapas menggunakan labirin artinya dapat mengambil oksigen di udara, hal ini menyebabkan ini channa mudah dalam perawatannya. Ikan channa secara umum saat dipelihara diakuarium tidak memerlukan mesin filter, tapi ada baiknya kita memberi tanaman hidup agar ikan ini nyaman dan seberti hidup di habitat aslinya.

Posting Komentar untuk "4 Jenis Ikan Channa Stewartii, Ini Perbedaannya !"