Peran dan Fungsi Lembaga Sosial

Peran dan Fungsi Lembaga Sosial

Di dalam masyarakat yang heterogen ada berbagai jenis lembaga sosial dimana lembaga ini satu sama lain saling berhubungan serta saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Lembaga sosial timbul karena kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keteraturan kehidupan bersama. Apabila di dalam masyarakat tidak ada satupun sebuah lembaga sosial, maka besar kemungkinan kehidupan dalam masyarakat akan kacau.

Dalam kehidupan masyarakat terdapat berbagai macam lembaga sosial, seperti misalnya lembaga pendidikan, keluarga, ekonomi, politik, dan sebagainya. Hubungan antar lembaga sosial di dalam masyarakat tidak selalu sejalan dan serasi.

{|CATATAN| Sebelum Anda lebih jauh membaca, kemi sarankan Anda juga membaca 3 artikel berikut angar dapat menambah referensi Anda:
1) Pengaruh Interaksi Sosial dengan Pembentukan Lembaga Sosial 
2) Pengertian Lembaga Sosial dan Proses Terbentuknya 
3) Jenis-jenis Lembaga Sosial}

Ketidakcocokan antar lembaga sosial ini bisa kita lihat dalam kehidupan masyarakat. Contohnya dalam kebiasaan merokok, norma dalam lembaga kesehatan menyarankan agar menghindari kebiasaan merokok karena berdampak pada kesehatan. Akan tetapi berbanding terbalik dengan lembaga ekonomi yang justru menekankan norma yang berbeda demi keuntungan ekonomi.

Dalam hal ini berkembangnya industri rokok, berarti akan berdampak pada peluasan lapangan kerja, peningkatan penerimaan pajak, serta pembangunan sekolah dan rumah sakit oleh pemerintah sebagai konsekuensi dari pajak yang diterima. Hal ini terjadi karena, lembaga sosial bukanlah suatu hal yang tetap ataupun langgeng, melainkan akan berubah sesuai dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan manusia, dibutuhkan suatu lembaga yang mengatur pemenuhan berbagai jenis kebutuhan manusia tersebut. Jika tidak dilakukan, maka kehidupan masyarakat akan sulit terkendali dan akan menimbulkan kekacauan, ketidakmerataan dan sebagainya.

Peran dan Fungsi Lembaga Sosial

Adanya lembaga sosial dalam masyarakat, mempunyai peran dan fungsi bagi sebagai sarana untuk mencukupi kebutuhan dasar dari tiap anggota masyarakat. Berbagai lembaga sosial yang ada dalam masyarakat memiliki fungsi tersendiri yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Secara umum lembaga sosial memiliki peran dan fungsi, yang antara lain sebagai berikut:

a)    Memberikan pedoman kepada anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bersikap maupun bertingkah laku dalam menghadapi berbagai masalah yang muncul ataupun berkembang didalam lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup. Dalam hal ini lembaga sosial memberikan arahan kepada setiap anggotanya tentang bagaimana seharusnya berbuat, sehingga tidak akan menimbulkan penyimpangan yang bisa meresahkan masyarakat.

b)    Menjaga keutuhan masyarakat. Lembaga sosial dimaksudkan untuk menghimpun serta mempersatukan anggota-anggotanya agar tercipta integrasi dalam kehidupan masyarakat. Akan tetapi jika dalam sebuah lembaga sosial sudah tidak ada perilaku masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada, maka bisa dikatakan bahwa sudah terjadi disintegrasi. Dalam hal ini lembaga sosial mengatur berbagai aktivitas masyarakat, sehingga tercipta kehidupan yang serasi dan harmonis.

c)    Memberikan pedoman kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (kontrol sosial). Dalam artian bahwa lembaga sosial sebagai sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya.


Sumber:
http://dosensosiologi.com/fungsi-lembaga-sosial-lengkap/
https://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_sosial
https://ardra.biz/fungsi-lembaga-sosial-bagi-kehidupan-masyarakat/

Posting Komentar untuk "Peran dan Fungsi Lembaga Sosial"