Pengaruh Interaksi Sosial dengan Pembentukan Lembaga Sosial

Pengaruh Interaksi Sosial dengan Pembentukan Lembaga Sosial

Interaksi sosial merupakan kunci dari seluruh kehidupan sosial, karena tanpa adanya interaksi sosial maka tidak mungkin ada kehidupan bersama. Bertemunya orang perorangan maupun kelompok dalam pergaulan hidup akan menghasilkan suatu kelompok sosial yang hidup bersama yang memerlukan suatu aturan. Sehingga akan melahirkan sebuah lembaga untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

Dalam hal ini suatu lembaga terbentuk akibat dari berbagai aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya melalui interaksi sosial. Aktivitas-aktivitas manusia yang selalu diulang-ulang dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan mencari berbagai alternatif kebutuhan tersebut pada akhirnya melembaga serta melekat pada masing-masing individu.

Berbagai kebutuhan hidup manusia menciptakan beraneka ragam lembaga agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Seluruh kebutuhan manusia diperoleh dengan melakukan interaksi dengan manusia lainnya.

{|CATATAN| Agar Anda lebih memahami pembahasan ini, kami sarankan Anda juga membaca artikel berikut: Pengertian dan Syarat Interaksi Sosial}

Adanya interaksi sosial antara individu dan kelompok ataupun interaksi sosial antar kelompok, dimana mereka berinteraksi dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya maka di dalam masyarakat terbentuklah berbagai macam lembaga sosial. Lembaga sosial dimaksudkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pokok dari kehidupan manusia itu sendiri.

Manusia memiliki kebutuhan yang beraneka macam, dan lembaga sosiallah yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan individu tersebut pada masyarakat. Seperti misalnya, manusia memerlukan pendidikan, maka orang tua akan mendaftarkan anaknya ke sekolah dan harus mematuhi peraturan sekolah serta segalah hal yang berhubungan dengan pendidikan diatur oleh lembaga pendidikan.

Lalu selanjutnya manusia memerlukan nafkah ataupun penghasilan maka akan diatur oleh lembaga ekonomi. Contohnya, berdagang, bekerja, ataupun melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi lain. Dengan begitu interaksi sosial merupakan syarat utama dalam pembentukan suatu lembaga di dalam masyarakat.

Interaksi sosial sangat berpengaruh besar terhadap terbentuknya lembaga sosial masyarakat. Dengan jalan interaksi sosial, manusia saling bekerja sama, menghormati, hidup rukun, menghargai, dan saling gotong royong. Sikap-sikap tersebut akan mampu menciptakan ketertiban serta keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya lembaga sosial. Perhatikan gambar berikut ini:

Pengaruh Interaksi Sosial dengan Pembentukan Lembaga Sosial

Dari gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa antara manusia yang satu dengan yang lainnya saling membutuhkan melalui interaksi sosial. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut manusia harus melakukan interaksi dengan orang lain, baik itu secara individu ataupun kelompok.

Contohnya, manusia untuk mendapatkan beras harus membeli dari pedagang di pasar karena secara individu tentu tidak mampu untuk menghasilkan beras tersebut. Agar manusia memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya dengan tertib serta teratur, maka di dalam kegiatannya manusia harus mematuhi peraturan ataupun norma-norma yang berlaku di masyarakat dalam bentuk lembaga sosial itu tadi.

Semakin kompleks kehidupan sebuah masyarakat, maka akan semakin kompleks juga lembaga sosial yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan bersama. Seperti misalnya kebutuhan masyarakat akan pendidikan akan mendorong lahirnya lembaga pendidikan, seperti sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel yang membahas mengenai lembaga sosial lebih lanjut:
1) Pengertian Lembaga Sosial dan Proses Terbentuknya 
2) Peran dan Fungsi Lembaga Sosial 
3) Jenis-Jenis Lembaga Sosial}


Sumber:
https://materiips.com/pengaruh-interaksi-sosial-terhadap-pembentukan-lembaga-sosial
https://www.haruspintar.com/pengaruh-interaksi-sosial-terhadap-pembentukan-lembaga-sosial/

Posting Komentar untuk "Pengaruh Interaksi Sosial dengan Pembentukan Lembaga Sosial"