Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Ketika Kita membicarakan lokasi atau letak sebuah negara, maka Kita tidak akan pernah terlepas dari letak geografis dan juga astronomis dari negara tersebut, termasuk negara Indonesia yang Kita cintai ini. Hal ini dikarenakan kedua lokasi tersebut terbilang penting untuk sebuah negara termasuk Indonesia. Namun, sudah tahukah Anda mengenai letak geografis Indonesia dan pengaruh dari letak tersebut?

Tentu saja letak geografis sebuah negara akan memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat negara tersebut, termasuk letak geografis Indonesia yang memberikan beberapa pengaruh bagi masyarakatnya. Dan berikut ini merupakan ulasan selengkapnya untuk Anda.

Mengetahui Letak Geografis Indonesia

Jika dilihat dari pengertiannya, letak geografis Indonesia merupakan suatu letak suatu negara yang akan dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi atau bagaimana posisi daerah tersebur pada bola bumi atau globe dan dibandingkan posisi daerah lain. Letak geografis suatu daerah juga turut ditentukan dari segi astronomis, fisiografis, geologis, dan sosial budayanya.

Jika dilihat dari letak geografis Indonesia, maka negara Kita berada diantara dua benua yaitu benua Australia dan juga benua Asia. Selain itu, Indonesia juga terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan juga Samudera Pasifik. Dan maka dari itu, Indonesia terletak dalam posisi silang jika dilihat dari letak geografisnya.

Selain letak geografis Indonesia, negara Kita juga memiliki apa yang disebut sebagai letak astronomis. Penegrtian dari letak geografis dan letak astronomis akan berbeda pula. Letak astronomis merupakan letak suatu daerah atau wilayah yang dilihat dari bagaimana posisi garis bujur dan juga garis lintang derah tersebut.

Berbeda dengan letak geografisnya, secara astronomis Indonesia terletak pada 6 derajat Lintang Utara hingga 11 derajat Lintang Selatan. Dan juga Indonesia terletak pada 95 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur. Dengan memiliki letak astronomis seperti itu, Indonesia bisa dikategorikan masuk kedalam daera wilayah tropis.

Kemudian, jika dilihat dari garis bujur, maka negara Indonesia dapat dibagi menjadi 3 (tiga) daerah waktu yang berlaku. Tiga daerah itu adalah Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA), dan yang terakhir adalah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT).

{|CATATAN| Jika Anda berpikir untuk melawatkan artikel terkait berikut ini, maka buanglah pikiran tersebut:
1) Berapa Luas dan Batas Wilayah Indonesia? Ini Penjelasannya ! 
2) Karakteristik Wilayah Daratan di Indonesia}

Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan

Pengaruh dari Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia akan memberikan pengaruhh terhadap negara Indonesia itu sendiri. Ada beberapa pengaruh letak geografis Indonesia yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1.   Adanya 2 Musim

Pengaruh pertama dari letak geografis Indonesia adalah adanya dua musim yang terdapat di Indonesia. Hal ini dikarenakan, Indonesia yang terletak diantara dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik akan dilalui oleh angin muson. Angin muson ini akan secara konstan berganti arah setiap 6 bulan sekali atau dua kali berganti ara dalam satu tahun. Dengan adanya angin muson ini membuat Indonesia memiliki dua musim yaitu kemarau dan juga musim hujan.

2.   Pengaruh Terhadap Keadaan Alam atau Kondisi Alam

Dengan letak geografis Indonesia seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, kondisi alam Indonesia juga akan sangat terpengaruh dengan hal ini. Pengaru tersebut dapat terlihat dari wilaya Indonesia yang memiliki iklim laut.

Iklim ini selain disebabkan oleh letak geografis Indonesia juga disebabkan oleh bentuk negara Indonesia tersebut yang berbentuk negara kepulauan sehingga banyak mendaptkan pengaruh angin laut dan bisa mendatangkan banyak hujan.

3.   Letak yang Sangat Strategis

Kemudian, pengaruh selanjutnya dari letak geografis Indonesia adalah letaknya yang sangat strategis. Hal ini dikarenakan Indonesia yang berada pada posisi silang dua benua dan juga dua benua membuat negaranya dilalui ole banyak sekali persimpangan atau lalu lintas perdagangan internasional baik lewat jalur udara auapun laut.

Memang sudah sejak masa lalu bahkan masa kerajaan Indonesia mendapatkan banyak keuntungan dari letak geografisnya yang sanagt strategis tersebut. Dengan kondisi demikian, memungkinkan Indonesia akan berubah menjadi negara yang besar dan kuat dalam bidang ekonomi karena letak tersebut.

4.   Keadaan Penduduk

Selanjutnya, pengaruh dari letak geografis Indonesiaadalah keadaan penduduknya. Keadaan penduduk Indonesia menjadi sangat beragam mulai dari bidang budaya, sosial, hingga agama. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pengaruh yang masuk pula ke Indonesia itu sendiri.

Selain itu, penduduk Indonesia sendiri termasuk sebagai salah satu penduduk yang berpotensi menjalin banyak kerjasama dengan banyak masyarakat lain di negara yang berbeda karena letaknya yang sangat strategis. Kemudian, masyarakat Indonesia juga berpotensi sekali untuk memanfaatkan letak geografis yang sangat strategis ini dalam bidang ekonomi ataupun perdagangan.

Hal ini bukan tanpa alasan, dengan kondisi lokasi yang strategis dan dipadukan dengan pengetahuan bisnis yang mumpuni, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan keuntungan lokasi ini untuk memperluas pasar usaha mereka.

5.   Keberagaman Sosial Budaya

Dan pengaruh terakhri dari letak geografis Indonesia adalah keberagaman yang terjadi pada masyarakat atau penduduknya. Seperti yang telah disinggung sedikit sebelumnya, Indonesia merupakan negara dengan letak sangat strategis yang memungkinkan masuknya banyak kebudayaan, agama, pengaruh bahasa, dan peradaban dari banyak wilayah berbeda.

Apalagi didukung dengan bentuk negara Indonesia yang berbentuk kepulauan semakin membuat pengaruh-pengaruh tersebut lebih mudah masuk ke negara Indonesia. Pengaruh tersebut bisa masuk ke Indonesia melalui saluran-saluran penetrasi yang sangat beragam mulai dari saluran pendidikan, saluran perdagangan, dan juga saluran perkawinan.

Dengan menggunakan sala satu saluran tersebut maka pengaruh yang ingin memasuki Indonesia bisa masuk dengan mudahnya ke negara Indonesia itu sendiri akibat letak geografis Indonesia.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar