Berapa Luas dan Batas Wilayah Indonesia? Ini Penjelasannya!

Berapa Luas dan Batas Wilayah Indonesia? Ini Penjelasannya!

Luas dan batas wilayah Indonesia menjadi salah satu kekayaan negara, sehingga NKRI menjaga dengan kekuatan penuh menumpas segala bentuk perbuatan illegal yang merugikan negara adalah wajib. Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri perikanan dan kelautan Indonesia dengan jargonnya “tenggelamkan” membuktikan bahwa negara benar-benar tegas menjaga keutuhan luas dan batas NKRI.

Pemerintah tidak akan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang melakukan kegiatan baik secara sengaja maupun tidak sengaja, sehingga merugikan negara. Alhasil mau tidak mau mereka harus mempertanggung jawaban dan berhadapan dengan hukum yang berlaku di negara Indonesia.

Dengan demikian bisa menjadi salah satu bentuk agar para pelaku tindakan illegal jera dan mereka yang melihat supaya bisa  belajar bagaimana tindakan yang tidak seharusnya mereka lakukan.

Jenis Luas dan batas wilayah Indonesia

Luas dan batas wilayah Indonesia sudah kita pelajari sejak SD, salah satunya melalui mata pelajaran ilmu sosial. Luas indonesia tercatat sebesar 5.455.675 km2, dimana 3.544.744 km2 atau sekitar 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan. Batas negara Indonesia di batasi oleh negara-negara yang mayoritas masuk dalam kawasan ASEAN, begitupun Indonesia yang juga termasuk salah satu anggota dari ASEAN.

Dilhat melalui bentuknya, negara Indonesia memiliki 3 batas teritorial. Artinya selama masih dalam batas tetiorial masyarakat Indonesia bisa melakukan kegiatan yang tidak melanggar hukum. Namun tidak bagi warga negara asing yang ingin melakukan kegiatan melewati batas terotorial Indonesia wajib memberikan laporan kepada pihak terkait apa alasan atau keperluan ingin melakukan kegiatan melewati batas tersebut. Berikut ini batas tetiorial yang ada di Indonesia, yang dibedakan menjadi berikut:

Berapa Luas dan Batas Wilayah Indonesia? Ini Penjelasannya!

A.    Batas Laut

Menjaga luas dan batas wilayah Indonesia yang berada di lautan menjadi salah satu bukti kecintaan ratyat untuk menjaga keutuhan NKRI. Batas laut Indonesia dijaga oleh tentara-tentara yang kuat, batas laut diukur menggunakan metode penarikan garis dimulai dari bagian pantai paling rendah saat air laut surut menuju beberapa mil ke depan. Penentuan batas laut ini memiliki beberapa jenis zona:

1.    Batas Laut Teritorial
Luas dan batas wilayah Indonesia yang sebagain besar adalah lautan dan langsung berbatasan dengan negara lain. Membuat negara membuat beberapa zona, salah satunya batas laut teritorial yang diukur dengan menarik sebuah garis dasar menggunakan perhitungan jarak 12 mil atau 19,3 km menuju ke arah laut lepas. Pengertian garis dasar sendiri adalah penarikan garis dari pantai saat air laut surut.

Laut yang berada di bagian dalam garis dasar disebut laut pedalaman. Indonesia dalam batas laut teritorial ini, memiliki ketentuan dan hak mutlak yang harus dipatuhi oleh siapapun, baik masyarakat Indonesia atau warga asing. Negara lain bisa melakukan kegiatan disini dengan syarat mendapat izin dari pemerintah Indonesia. Batas laut teritorial Indonesia, terhitung 282.583 km2.

2.    Batas Landasan Kontinen
Dapat di hitung melakukan dasar laut yang diperhatikan secara segi geologi atau geomorfologinya adalah kelanjutan dari benua atau kontinen. Landasar kontinen sendiri terhitung 200 m, artinya wilayah lautan dangkal sekitar 200 m masuk dalam wiayah negara yang masuk kawasan laut itu.  Batas kontinen dihitung menggunakan garis dasar pantai menuju luar pantai dengan pengukuran jarak sejauh 200 mil. Indonesia memiliki batas landasan kontinen seluas 2.749.00 km2.

3.    Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE)
Luas dan batas wilayah Indonesia juga dihitung menggunakan metode ZEE yaitu wilayah yang dihitung sejauh 200 mil lepas pulau paling luar ketika air laut surut. Indonesia mempunyai luas ZEE 2.936.345 km2. Indonesia mempubliksikan luas ZEE pada 21 Maret 1980. Kegiatan dalam batas ZEE diatur dengan Undang-Undang No.5 tahun 1983 pasal 5 yang mengatur tentang ZEE. Indonesia mempunyai hak dalam ZEE, yaitu:
a)    Melakukan ekploitasi, eksplorasi, pengelolaan serta konservasi sumber daya alam.
b)    Melakukan perlindungan, penelitian serta pelestarian laut.
c)    Palayanan Internasional di Inzinkan melewati wilayah ZEE dengan memasang sarana perhubungan laut.

B.    Batas Darat

Luas dan batas wilayah Indonesia yang kedua adalah batas darat yang merupakan batasan negara yang masuk dalam daratan serta secara langsung berbatasan dengan wilayah lain. Batas darat Indonesia termasuk gunung, hutan dan daratan lainnya yang mempunyai akses maupun tidak yang telah disepakati oleh negara batasan.

Indonesia berbatasan dengan 3 negara. Provinsi Papua yang berbatasan langsung dengan Papua New Guinea, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Timor Leste, Prov Kalimantan Barat dan Timur yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

{|CATATAN| Jika Anda berpikir untuk melawatkan artikel terkait berikut ini, maka buanglah pikiran tersebut:
1) Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan 
2) Karakteristik Wilayah Daratan di Indonesia}
 

C.   Batas Udara

Luas dan batas wilayah Indonesia di bagi 2 batas, yaitu batas vertikal dan batas horizontal. Memberlakukan 2 jenis batas ini lebih mudah dilanggar sebab memang menjaga perbatasan udara bukan hal yang mudah dan memerlukan biaya yang cukup mahal. Berikut penjelasan dari kedua batas tersebut:

1.    Batas Udara Vertikal Wilayah Indonesia
Luas dan batas wilayah Indonesia secara vertikal yaitu berada pada area udara setinggi 110 km dari konfigurasi ketinggian permukaan di negara Indonesia.

2.    Batas Udara Horizontal wilayah Indonesia
Luas dan batas wilayah Indonesia mempunyai luas yang setara dengan luas negara Indonesia, yaitu 5.455.675 km2.

Luas dan batas wilayah Indonesia yang sangat luar biasa yang terdiri dari sebagian besar lautan memang menjadi kekayaan melimpah. Luas dan batas wilayah yang demikian menyimpan banyak sekali sumber daya serta memberikan kedhidupan bagi jutaan masyarakat Indonesia. Bukan hanya masyarakat, aneka flora dan fauna juga melengkapi kekeyaan alam Indonesia. Mari kita sebagai masyarakat Indonesia menjaga keutuhan negara ini dengan sepenuh hati untuk kelangsungan anak cucu selanjutnya.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar