6 Cara Agar Channa Pulchra Cepat Biru dan Gondrong

Cara Agar Channa Pulchra Cepat Biru dan Gondrong

Jika ditanya apa daya tarik utama dari ikan channa pulchra, maka sudah pasti jawabanya adalah warnanya yang biru. Merupakan dambaan bagi semua penghobi ikan channa jika memiliki ikan channa pulchra berwarna biru pekat, namun tentu tidak mudah membuat ikan channa pulcra berwarna biru pekat seperti dambaan semua orang, hal ini karna untuk mencapai level tersebut dibutuhkan proses treatment yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Karenanya banyak para penghobi ikan channa pulchra yang mencari cara agar ikan channa pulcra peliharaannya cepat berwarna biru. Maka atas dasar inilah dalam artikel kali ini Portal Kelas akan mencoba memberi saran tentang bagaimana cara agar ikan channa pulchra cepat berwarna biru dan gondrong.


1)   Pilih Ikan Channa Pulchra dengan Gen yang Bagus

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar ikan channa pulchra cepat biru dan gondrong adalah memilih bibit ikan channa pulchra yang memiliki gen bagus. Sebelum Anda berniat ingin memelihara ikan channa pulchra ada baiknya Anda mengetahui silsilah induk channa pulchra yang akan Anda pelihara.

Apakah induk ikan channa tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak, hal ini penting karena tidak dapat dipungkiri bahwa gen induk ikan channa sangat berpengaruh terhadap bagus atau tidaknya ikan channa. Jika induk ikan channa pulchra tersebut bagus maka kemungkinan besar keturunannya juga akan bagus, jadi perhatikan hal ini dengan baik agar ikan channa pulchra yang Anda pelihara nantinya akan cepat biru dan gondrong.


2)   Pakan Ikan Channa Pulchra

Cara yang kedua agar ikan channa pulchra Anda cepat biru dan gondrong adalah memberikan pakan yang sesuai. Pada dasarnya ikan channa pulchra dapat memakan beberapa jenis makanan, seperti ikan kecil, udang, cacing, ulat hongkong, maggot, pelet dan sebagainya. Tetapi dari sekian banyak makanan tersebut ada salah satu makanan yang dipercaya berpengaruh langsung terhadap warna ikan channa pulchra yaitu pelet premium blue.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua pelet dapat berpengaruh langsung terhadap warna ikan channa pulchra karena yang berpengaruh langsung adalah pelet yang mengandung pigmen biru, dalam hal ini pelet premium blue. Kandungan pigmen biru dalam pelet premium blue berfungsi menstimulus dan secara langsung membantu memperkuat warna biru pada ikan channa pulchra yang pada dasarnya memang memiliki warna biru. Oleh karena itu anda dapat menggunakan pelet premium blue sebagai pakan utama ikan channa pulchra milik Anda. Selain itu Anda juga bisa memberi ikan channa pulchra Anda makanan alami setiap tiga hari sekali, entah itu udang ataupun makanan lain agar insting alaminya tetap terjaga.


3)   Setting Air

Cara yang ketiga agar ikan channa pulchra cepat biru dan gondrong adalah menggunakan air yang baik. Kondisi air merupakan kunci keberlangsungan hidup ikan, tanpa air yang baik ikan tidak akan mungkin bertahan hidup lama, apalagi berkembang dan melakukan mutasi warna.

Selain itu air merupakan habitat ikan channa pulchra yang terhubung langsung dengan ikan channa itu sendiri, oleh karena itu Anda harus memperhatikan kualitas air yang Anda gunakan untuk memelihara ikan channa pulchra, jangan sampai Anda menggunakan air yang mengandung zat yang tidak baik untuk ikan channa Anda.

Dalam hal ini Anda bisa mengendapkan air yang akan Anda gunakan untuk memelihara ikan channa pulchra selama minimal satu hari, selain itu Anda juga bisa menambahkan obat anti jamur atau daun ketapang agar kualitas air tetap terjaga.


6 Cara Agar Channa Pulchra Cepat Biru dan Gondrong


4)   Penggunaan Pasir dalam Akuarium

Cara yang ke empat agar ikan channa pulchra cepat biru adalah penggunaan pasir dalam akuarium. Penggunaan pasir dalam akuarium pemeliharaan juga turut membantu ikan channa pulchra terlihat lebih biru dan cerah. Selain itu penggunaan pasir ini juga menambah kesan alami dan membuat ikan channa pulchra merasa hidup dihabitatnya. Dalam hal ini saya merekomendasikan pasir merah untuk Anda gunakan, tetapi Anda juga bisa membandingkannya dengan pasir lain dan pengaruhnya terhadap warna ikan channa pulchra.


5)   Pemilihan Backgroud Akuarium

Cara yang kelima yang harus Anda perhatikan untuk membuat ikan channa pulchra cepat biru adalah pemilihan backgroud akuarium. Percaya atau tidak, penggunaan backgroud dalam akuarium dapat membantu menonjolkan warna ikan yang dipelihara dalam akuarium tersebut, termasuk dalam hal ini warna ikan channa pulchra.

Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah warna backgroud yang digunakan. Ada warna ikan yang semakin menonjol ketika menggunakan backgroud hitam, ada juga ikan yang warnanya semakin menonjol ketika menggunakan backgroud putih, dan ada juga ikan yang warnanya makin menonjol ketika menggunakan backgroud biru ataupun hijau.

Dalam hal ini saya menyarankan Anda untuk menggunakan backgroud putih ketika memelihara ikan channa pulchra. Backgroud putih adalah warna yang netral dan cerah sehingga akan membantu menonjolkan warna ikan channa pulchra yang biru.


6)   Penggunan Lampu Akuarium

Cara yang ke enam yang harus Anda perhatikan untuk membuat channa pulchra cepat biru adalah penggunaan lampu akuarium. Sepertihalnya beckgroud, penggunaan lampu pada akuarium juga dapat menonjolkan warna ikan channa. Yang harus Anda perhatikan dalam hal ini adalah pemilihan warna lampu yang akan Anda gunakan.

Gunakanlah warna lampu yang cocok untuk ikan channa, dalam hal ini jika Anda memelihara ikan channa pulchra maka warna lampu yang direkomendasikan adalah warna putih. Selain membantu menerangi akuarium, lampu putih ini secara tidak langsung akan membantu menonjolkan warna biru pada ikan channa pulchra sehingga terlihat lebih cerah dan indah.


Posting Komentar untuk "6 Cara Agar Channa Pulchra Cepat Biru dan Gondrong"