Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Ketika kita akan mempelajari tentang “permintaan” (demand), maka sebaiknya kita menempatkan diri seolah-seolah sebagai pembeli agar nantinya mudah menghayati makna dari permintaan itu sendiri.

Sebagai contoh pada saat tahun ajaran baru, harga buku di pasaran cenderung mengalami kenaikan karena dipicu oleh banyaknya permintaan terhadap buku tersebut. Para siswa sangat memerlukan buku, sehingga mereka tetap akan membelinya walaupun harganya mahal. Begitu juga sebaliknya jika harga buku tersebut harganya turun, maka jumlah buku yang ingin dibeli oleh masyarakat akan tetap banyak, karena didorong faktor kebutuhan.

Dari contoh tersebut, bisa disimpulkan bahwa jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat tergantung dari kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang itu sendiri. Dan jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu disebut dengan permintaan.

{|CATATAN| Selain permintaan, ada juga yang dinamakan dengan penawaran, apa itu? Simak selengkapnya dalam artikel berikut: Faktor yang Mempengaruhi Penawaran}

Dalam hal ini kemampuan manusia untuk melakukan permintaan terhadap suatu barang atau jasa sangatlah terbatas. Keterbatasan manusia dalam melakukan permintaan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Berikut ini faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan tersebut:

1)   Harga Barang

Harga suatu barang akan turut mempengaruhi banyaknya jumlah barang yang diminta. Apabila harga barang naik maka jumlah barang yang diminta akan berkurang dan jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.

Sebagai contoh jika pada awalnya harga suatu barang Rp 1.000,00 per unit, lalu kemudian naik menjadi Rp 1.500,00 per unit, maka kemungkinan jumlah barang yang diminta akan turun. Akan tetapi jika harga barang tersebut turun menjadi Rp 500,00 per unit maka kemungkinan jumlah barang yang diminta akan bertambah.

2)   Pendapatan Masyarakat

Jumlah pendapatan yang didapatkan oleh seseorang akan sangat mempengaruhi permintaan barang orang tersebut. Apabila jumlah pendapatan rata-rata setiap orang naik maka jumlah barang yang diminta cenderung akan bertambah. Dan sebaliknya jika jumlah pendapatan turun ataupun tidak mempunyai pendapatan maka jumlah barang yang diminta akan turun atau berkurang.

3)   Selera Masyarakat

Selera yang dimiliki oleh seseorang akan sangat mempengaruhi permintaannya. Jika orang tersebut sangat menyukai suatu barang, meskipun harga barang tersebut mahal maka pembeli tersebut tidak menghiraukan adanya kenaikan harga pada barang tersebut. Jika selera masyarakat terhadap barang tersebut rendah maka permintaan akan barang tersebut juga akan rendah.

4)   Kualitas Barang

Setiap orang pasti menginginkan barang yang berkualitas. Oleh karena itu kualitas ini akan sangat mempengaruhi permintaan seseorang. Apabila kualitas suatu barang bagus dan harga barang tersebut lebih mahal dari barang lain dalam kategori yang sama, maka kebanyakan masyarakat cenderung akan lebih memilih membeli barang yang lebih mahal tersebut. Dan sebaliknya apabila kualitas barangnya jelek maka permintaan terhadap barang tersebut cenderung akan berkurang.

5)   Harga Barang Lain

Banyak atau sedikitnya jumlah barang yang diminta oleh seseorang biasanya dipengaruhi juga oleh harga dari barang lain. Seperti misalnya jika harga kopi lebih mahal dari harga teh, maka masyarakat cenderung akan membeli teh. Akan tetapi jika harga kopi lebih murah dari teh maka bagi mereka yang uangnya terbatas akan membeli kopi pengganti teh.

Permintaan gas akan tinggi kalau masyarakat menggunakan kompor gas, sebaliknya permintaan gas akan turun kalau masyarakat kembali menggunakan kompor minyak. Permintaan terhadap barang ini sangat dipengaruhi oleh harga barang lain.

6)   Jumlah Penduduk

Jumlah anggota keluarga yang jumlahnya kecil akan sangat mempengaruhi jumlah permintaan. Apalagi dengan bertambahnya jumlah penduduk suatu negara maka pasti akan sangat mempengaruhi permintaan terhadap barang.

7)   Ramalan Masa Depan

Masyarakat akan cenderung menambah permintaan terhadap suatu barang jika barang tersebut diperkirakan dimasa yang akan datang harganya akan naik. Akan tetapi jika harga barang tersebut cenderung akan turun dimasa yang akan datang, maka masyarakat akan menahan diri dan mengurangi permintaan terhadap barang tersebut.

Hubungan antara berbagai harga dengan jumlah barang yang diminta bisa digambarkan di dalam sebuah grafik yang disebut dengan kurva permintaan. Kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau jasa dengan harga dalam berbagai kondisi. Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa dilihat dalam sebuah daftar di bawah ini dan selanjutnya dibuat dalam bentuk grafik.

Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan

Lebih lanjut permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain yaitu sebagai berikut:

1)    Permintaan Menurut Daya Beli Konsumen

a)    Permintaan efektif, yakni permintaan yang didukung dengan kemampuan daya beli. Dalam artian permintaan ini berasal dari konsumen yang benar-benar mempunyai kemampuan untuk membeli barang dan melakukan sebuah transaksi.
b)    Permintaan potensial, yakni permintaan yang didukung dengan kemampuan daya beli, akan tetapi belum melakukan transaksi. Dalam arti permintaan ini masih berupa keinginan untuk membeli tetapi keinginan tersebut belum dilakukan atau belum melaksanakan transaksi.

2)    Permintaan Menurut Jumlah Konsumen

a)    Permintaan pasar, yakni permintaan yang dilakukan oleh masyarakat secara umum. Permintaan pasar ini bisa dihitung dengan menjumlahkan seluruh permintaan masing-masing orang atau individu.
b)    Permintaan individual, yakni permintaan dari masing-masing orang atau individu terhadap suatu barang. Permintaan individu ini tergantung dari kemampuan masing-masing orang.

{|CATATAN| Kami sarankan anda juga membaca artikel berikut: Pengertian Pasar, Fungsi dan Macam-Macam Pasar}


Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Permintaan
http://www.ilmu-ekonomi-id.com/2015/12/permintaan.html
https://khanfarkhan.com/faktor-yang-mempengaruhi-permintaan-suatu-barang/

Posting Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan"