4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan barang maupun jasa masyarakat dibutuhkan kesediaan para produsen dalam memperoduksi berbagai barang pada tingkat harga, yang disebut sebagai penawaran. Penawaran ini dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai penghasil barang.

Produsen berusaha untuk memproduksi berbagai jenis barang maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Seluruh barang dan jasa yang dihasilkan tersebut kemudian akan ditawarkan kepada konsumen.

Tinggi atau rendahnya jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen tergantung dari harga barang itu sendiri. Jika harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung akan bertambah, dan sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung akan berkurang.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa, Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Dalam hal ini pengertian penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkatan harga.

{|CATATAN| Selain penawaran, ada yang dinamakan juga dengan permintaan, apa itu? Simak lebih lanjut dalam artikel berikut: Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Permintaan}

Lebih lanjut terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi produsen dalam menentukan penawaran. Berikut 4 faktor yang mempengaruhi penawaran, antara lain yaitu:

1)   Biaya Produksi

Untuk menghasilkan suatu barang pasti menimbulkan biaya produksi. Dan tinggi rendahnya biaya produksi yang dikeluarkan ini nantinya akan menentukan pula harga jugal barang. Jika biaya produksi suatu barang/jasa tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi barang/jasa tersebut dan akibatnya penawaran akan berkurang. Dan sebaliknya apabila biaya produksi murah maka produsen akan semakin banyak menghasilkan barang dan otomatis penawaran akan bertambah.

2)   Teknologi

Teknologi yang dipakai oleh produsen dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah serta kualitas dari barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang dipergunakan maka kualitas dan jumlah barang yang dihasilkan akan bertambah dan otomatis akan berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.

3)   Harapan Akan Mendapatkan Laba

Harapan untuk mendapatkan keuntungan atau laba yang banyak mendorong para produsen berlomba untuk meningkatkan jumlah produksinya, memperluas dan mengambangkan usahanya agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar tersebut.

4)   Faktor-Faktor Non Ekonomi

Faktor non ekonomi seperti halnya, bencana alam, kebijakan pemerintah, larangan impor, dan sebagainya, akan sangat berpengaruh pada penawaran yang dilakukan oleh produsen.

Lalu bagaimana hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan? Seperti yang dikatakan dalam bunyi hukum penawaran “Jika harga barang yang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang.”

Antara harga dengan penawaran ada suatu hubungan yang lurus dimana harga berbanding lurus dengan penawaran. Lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini:

Tabel harga dan jumlah penawaran per butir telur

4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Dari tabel tersebut bisa dibuat suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran. Perhatikan kurva dibawah. Kurva penawaran sendiri adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.

4 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

{|CATATAN| Untuk menambah wawasan anda, kami sarankan anda juga membaca artikel berikut: Pengertian Pasar, Fungsi dan Macam-Macam Pasar}


Sumber referensi:
https://www.berpendidikan.com/2015/09/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-penawaran.html
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-penawaran-dan-7-faktor-yang-memengaruhinya/

0 komentar

Posting Komentar