Pembagian 4 Zaman Berdasarkan Geologis

Pembagian 4 Zaman Berdasarkan Geologis

Pada zaman dulu keadaan bumi tidak seperti sekarang. Sebelum adanya kehidupan, bumi mengalami banyak sekali perubahan. Pada awalnya bumi dalam keadaan panas dan pijar sehingga tidak ada satupun mahkluk yang mampu hidup didalamnya. Lalu kemudian bumi mendingin dan terbentuklah kerak atau bisa disebut kulit bumi.

Mahkluk hidup mulai ada seiring dengan semakin mendinginnya permukaan bumi. Dalam hal ini proses perubahan bumi terbagi atas beberapa fase atau zaman. Perubahan dari satu zaman menuju zaman berikutnya memakan waktu yang sangat lama, sampai dengan jutaan tahun.

Menurut para ahli dalam bidang geologi, sejarah perkembangan bumi terbagi menjadi empat (4) zaman, yaitu zaman arkaikum, zaman palaeozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum atau kenozoikum. Zaman neozoikum terbagi lagi dalam dua bagian zaman, yakni zaman tertier dan zaman kwartier. Dan pada zaman kwartier inilah mulai ada tanda-tanda kehidupan manusia di bumi.

{|CATATAN| 4 artikel berikut tidak kalah penting untuk dibaca:
1) Mengenal Masa Praaksara 
2) Zaman Batu dan Zaman Logam 
3) Pengertian Zaman Batu, Pembagian dan Peninggalan Zaman Batu 
4) Pembagian Masa Berdasarkan Perkembangan Kehidupan}

Pembagian 4 Zaman Berdasarkan Geologis

1)    Zaman Arkaikum

Zaman Arkaikum adalah zaman tertua, zaman ini berlangsung kira-kira sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. Pada zaman arkaikum kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum ada kehidupan diatasnya.

2)    Zaman Palaeozoikum

Zaman Palaeozoikum atau zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira sejak 340 juta tahun yang lalu. Zaman palaeozoikum telah ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan, antara lain dengan munculnya binatang-binatang kecil yang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, reptil dan amfibi.

3)    Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum atau zaman kehidupan pertengahan, berlangsung kira-kira sejak 140 juta tahun lalu. Pada zaman mesozoikum, kehidupan di bumi semakin berkembang. Binatang-binatang sudah mencapai bentuk tubuh yang sangat besar. Kita mengenalnya dengan sebutan Dinosaurus. Selain itu juga mulai muncul berbagai jenis burung. Zaman mesozoikum disebut juga dengan zaman reptil karena pada zaman mesozoikum ini jenis binatang reptil yang paling banyak ditemukan.

4)    Neozoikum atau Kenozoikum

Zaman Neozoikum atau zaman kehidupan baru, berlangsung kira-kira sejak 60 juta tahun yang lalu. Zaman neozoikum atau kenozoikum dibagi menjadi dua, yakni zaman tertier dan zaman kuartier.

a)    Zaman Tertier
Di zaman tertier jenis-jenis reptil yang ukurannya besar mulai punah dan bumi pada umumnya dikuasai oleh hewan-hewan besar yang menyusui. Contohnya seperti jenis gajah purba (mammuthus) yang pernah hidup di Amerika Utara dan juga Eropa Utara.

b)    Zaman Kuartier
Zaman kuartier ini berlangsung kira-kira sejak 3.000.000 tahun yang lalu. Zaman ini sangat penting bagi manusia, karena zaman ini merupakan awal kehidupan manusia pertama kali di muka bumi.


Sumber Referensi:
http://www.donisetyawan.com/pembagian-zaman-pra-aksara-secara-geologi/
https://mustaqimzone.wordpress.com/2010/02/18/pembagian-zaman-berdasarkan-geologi/

0 komentar

Posting Komentar