Sejarah Awal Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah Awal Masuknya Islam ke Indonesia

Ketika sektor perdagangan di sekitar Selat Malaka dan juga daerah lainnya di kepulauan Indonesia semakin lama semakin maju, para pedagang dari Arab, Persia, dan Gujarat juga turut meramaikan kegiatan perdagangan tersebut.

Kapal-kapal dagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat mulai mendatangi beberapa tempat di pesisir Sumatera sejak abad ke-7 Masehi. Dan melalui hubungan dagang ini, para pedagang memperkenalkan ajaran serta nilai-nilai Islam kepada masyarakat Indonesia. Selain pedagang, para ulama dan mubaligh juga turut serta memperkenalkan ajaran Islam di Indonesia. Hasilnya, terbentuklah sejumlah pemukiman muslim di berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan Maluku.

Pada abad ke-13 Masehi, mulailah berdiri kerajaan-kerajaan bercorak Islam di Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini lahir sebagai suatu kekuatan politik, ekonomi, serta budaya yang baru setelah berakhirnya masa kerajaan Hindu Buddha di Indonesia.

Sejarah Awal Masuknya Islam Ke Indonesia

Masuknya Islam ke Indonesia

Kapan pertama kali Islam masuk ke Indonesia dan dari mana asalnya? Ada beberapa pendapat yang menjelaskan waktu masuknya Islam beserta tempat asalnya. Pendapat-pendapat tersebut antara lain sebagai berikut:

1)    Pendapat pertama mengungkapkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi.

Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) menyatakan bahwa Islam berasal dari tanah kelahirannya, yakni Arab ataupun Mesir. Proses masuknya ini berlangsung pada abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi. Hal ini didasarkan pada bukti bahwa bangsa Indonesia sejak awal sudah menganut mazhab Syafi’i yang sama dengan mazhab yang telah dianut di Mekkah.

Sama halnya dengan pendapat dari Hamka, teori yang mengungkapkan bahwa Islam berasal dari Mekkah dikemukakan juga oleh Anthony H. Johns. Menurut Anthony, proses Islamisasi dilaksanakan oleh para musafir (kaum pengembara) yang datang ke Indonesia. Bukti lainnya mengenai masuknya Islam pada abad ke-7 Masehi ialah catatan dari Dinasti Tang yang memiliki judul Hsin-tangshu (Sejarah Dinasti Tang) yang menyebutkan bahwa pada 674 M sudah ada pemukiman pedagang Arab di Polu-shih (Barus, Pantai Barat Sumatra).

2)    Pendapat kedua diutarakan oleh Hoesein Djajadiningrat. Ia mengungkapkan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia.

Pendapat ini berdasarkan pada kesamaan budaya serta tradisi yang berkembang antara masyarakat Persia dan masyarakat Indonesia. Tradisi tersebut antara lain yaitu perayaan 10 Muharram atau Asyuro sebagai hari suci kaum Syiah atas kematian Husein bin Ali, seperti halnya yang berkembang dalam tradisi Tabot di Pariaman, Sumatra Barat serta Bengkulu.

{|CATATAN| Sadar atau tidak, Anda pasti membutuhkan artikel terkait berikut ini:
1) Pengaruh Islam Terhadap Masyarakat Indonesia di Berbagai Bidang 
2) Awal Proses Persebaran Islam di Indonesia}

3)    Pendapat ketiga mengetakan bahwa Islam masuk ke kepulauan Indonesia berasal dari Gujarat sekitar abad ke-13 Masehi.

Menurut Snouck Hurgronje, orang yang menyebarkan Islam di Indonesia berasal dari Gujarat (India). Pendapat serupa dikemukan oleh Mouquette (Ilmuwan Belanda) yang mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-13-14 Masehi. Penentuan waktu tersebut atas dasar tulisan pada batu nisan Sultan Malik al-Saleh yang berangka tahun 698 H atau 1297 M.

Mouquette melihat adanya kesamaan batu nisan Malik al-Saleh dengan batu nisan yang terdapat di Cambay, Gujarat. Bukti lainnya mengenai masuknya Islam pada abad ke-13 M ialah catatan Marcopolo (pedagang Venesia) yang pernah singgah di Sumatera dalam perjalanan pulangnya dari Cina pada sekitar tahun 1292. Ia menyebutkan bahwa Perlak adalah kota Islam.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut di atas bisa disimpulkan bahwa Islam yang datang pada abad ke-7 M berasal dari Arab. Sementara itu Islam yang datang pada abad ke-13 Masehi berasal dari Gujarat. Atau, bisa juga disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia secara perlahan-lahan yang dimulai pada abad ke-7 Masehi dan memperoleh bentuknya secara politik pada abad ke-13 Masehi.


Sumber Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Islam_di_Indonesia
https://sejarahlengkap.com/agama/islam/sejarah-islam-di-indonesia

Posting Komentar untuk "Sejarah Awal Masuknya Islam ke Indonesia"