7 Macam Sifat Fisik Tanah

7 Macam Sifat Fisik Tanah

Tanah merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan bagian mutlak dari kehidupan manusia tempat berpijak di bumi. Tanah merupakan campuran atau kombinasi dari bahan-bahan organik, berbagai jenis cairan, serta jenis organisme yang tidak dapat dihitung jumlahnya yang juga bersama-sama membentuk kehidupan di bumi ini. Tanah memiliki sifat fisik tanah yang juga terbilang penting.

Sifat fisik tanah menjadi salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari tanah itu sendiri. Ada beberapa macam atau jenis dari sifat fisik tanah yang perlu Anda ketahui beserta definisi dari sifat tanah itu sendiri.

Definisi Tanah

Jika dilihat dari definisinya, tanah dapat diartikan sebagai sebuah bagian atau salah satu komponen dari kerak bumi atau permukaan bumi yang pada proses terbentuknya tersusun atas mineral dan juga bahan organik. Sebagai komponen yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup, tanah juga memiliki sifat fisik tanah yang menjadi penting untuk diketahui.

Seperti yang kita ketahui tanah terbentuk dari proses pelapukan dari batuan yang ikut dibantu oleh organisme-organisme serta faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, dan sifat fisik tanah akan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor atau hal yang berbeda-beda. Selain itu setiap daerah memiliki karakteristik tanahnya tersendiri.

Kemudian, jika dilihat dari segi kimiawi tanah memiliki fungsi untuk gudang dan penyuplai unsur hara atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah, secara biologis tanah berfungsi sebagai tempat berpijak segala makhluk hidup, dan dari segi klimatologi, tanah memiliki peran penting untuk menyimpan kandungan air dan menegah terjadinya erosi pada tanah tersebut.

{|CATATAN| Berikut rekomendasi artikel terkait:
1) Proses Pembentukan Tanah Faktor dan Jenis Tanah 
2) Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan dan Pembentukan Tanah

7 Macam Sifat Fisik Tanah

Macam atau Jenis Sifat Fisik Tanah

Sebelum terbentuk, tanah akan melalui sebuah proses pembentukan yang akan melibatkan banyak komponen dan juga faktor-faktor lain yang mempengaruhinya. Faktor-faktor atau komponen yang menentukan proses pembentukan tanah diantaranya adalah iklim, topografi (relief), organisme, dan juga waktu. Selain itu ada beberapa sifat fisik tanah yang perlu untuk Anda ketahui. Setidaknya ada 7 sifat fisik tanah yang perlu Anda ketahui:

1.    Bahan Induk Tanah

Hal pertama yang akan mempengaruhi sifat fisik tanah adalah bahan induk tanah. Bahan induk tanah dapat diartikan sebagai materi utama yang terbentuk melalui banyak faktor dan melalui proses kimiawi, fisika, dan juga biologis. Ada beberapa bahan induk tanah yang dapat disebutkan secara umum diantaranya adalah Quartz, Kalsit, Feldspar, dan Biotit.

2.    Tekstur Tanah

Sifat fisik tanah juga akan dipengaruhi oleh tekstur tanah. Tekstur yang dimiliki oleh tanah sendiri akan sanagt ditentukan oleh komponen penyusunnya yaitu adalah pasir, lumpur, dan juga tanah liat. Ketiga bahan tersebut akan membentuk tekstur tanah seperti apa yang terbentuk.

3.    Kepadatan Tanah

Kemudian faktor ketiga yang mempengaruhi sifat fisik tanah adalah kepadatan tanah. Tanah yang memiliki banyak material organik akan jauh lebih rendah tingkat kepadatannya dari pada tanah yang memiliki sedikit material organik. Kepadatan tanah menjadi penting karena tanah yang memiliki kepadatan yang rendah umumnya akan dapat menyimpan lebih banyak air daripada tanah yang memiliki kepadatan tinggi.

Selain itu tanah yang memiliki tingkat kepadatan yang tinggi juga umumnya memilliki kadar kandungan pasir yang juga tinggi. Ukuran tingkat kepadatan yang dimiliki oleh tanah pada umumnya berkisar antara 2,6 hingga 2,75 per cm3.

4.    Porositas Tanah

Porositas tanah dapat diartikan sebagai ruang kosong (pori-pori) yang berada diantara tekstur tanah dan bagian tersebut tidak berisi mineral ataupun bahan organik lainnya akan tetapi terisi oleh air ataupun gas. Porositas tanah juga bisa menjadi salah satu pengaruh dari sifat fisik tanah.

5.    Temperatur Tanah

Kemudian, sifat fisik tanah juga bisa dipengaruhi oleh temperatur tanah yang dimiliki oleh tanah itu sendiri. Temperatur tanah terbilang cukup penting karena temperatur tanah akan bisa menjadi tempat tumbuhnya biji tanaman serta bisa menyediakan nutrisi bagi tanaman tersebut.

6.    Warna Tanah

Warna tanah yang berbeda juga bisa mencerminkan seperti apa sifat fisik tanah tersebut. Warna tanah yang berbeda-beda tersebut pada umumnya ditentukan oleh kandungan material organik, kondisi drainase, kandungan mineral, serta seberapa tingkat oksidasi yang terkandung dalam tanah tersebut.

Warna berbeda-beda pada tanah juga bisa menjadi faktor paling dasar yang bisa membantu kita dalam menentukan atau membedakan jenis tanah yang ada. Ada beberapa warna tanah yang bisa kita temukan, warna tersebut diantaranya adalah warna kuning, warna kemerahan, warna hitam kecoklatan, dan juga warna coklat.

Warna tersebut akan ditentukan oleh bahan pembentuknya yang juga tergolong berbeda-beda pada setiap warnanya. Seperti contohnya warna kuning atau warna kemerahan yang terdapat pada tanah akan berasal dari mineral besi yang merupakan jenis mineral sekunder yang terdapat di dalam tanah.

Kemudian, warna hitam kecoklatan yang dijumpai pada suatu tanah akan dihasilkan dari material organik yang berada di tanah tersebut. Dan warna hitam akan berasal dari manggan, sulphur, dan nitrogen yang ada di dalam kandungan tanah tersebut.

7.    Konsistensi Tanah

Konsistensi tanah merupakan suatu kemampuan dari tanah untuk menempel pada objek tertentu dan juga kemampuannya untuk tidak berpisah atau terdeformasi. Konsistensi tanah juga merupakan faktor yang mempengaruhi sifat fisik tanah. Ada 3 kondisi yang bisa menggambarkan tingkat konsistensi tanah.

Ada 3 kondisi kelembapan yang bisa menggambarkan tingkat konsistensi tanah dan 3 hal tersebut diantaranya adalah kondisi kering, lembap, dan juga basah.


Penulis: Kazou Media

0 komentar

Posting Komentar