Keunggulan Iklim Indonesia Dibanding Negara Lain

Keunggulan Iklim Indonesia Dibanding Negara Lain

Berdasarkan pembagian iklim matahari yang mencakup iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin/kutub, maka Indonesia terletak di daerah dengan iklim tropis. Indonesia sendiri juga terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, sehingga Indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah tahun sekali, yaitu angin musim Barat dan angin musim Timur. Hal ini sebabnya wilayah negara Indonesia mempunyai iklim musim/muson.

Keunggulan iklim Indonesia adalah iklim muson tropis, itu berarti Indonesia mempunyai iklim yang panas dengan musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap 6 bulan (setengah tahun) sekali, sehingga aktivitas pertanian serta ekonomi lainnya bisa berlangsung sepanjang tahun.

{|CATATAN| Baca juga artikel terkait berikut ini: Keunggulan Tanah Indonesia Dibanding Negara Lain}

Keunggulan Iklim Indonesia Dibanding Negara Lain

Keberadaan Indonesia letaknya di daerah tropis sekaligus juga dipengaruhi oleh angin musim, maka Indonesia mempunyai iklim musim/muson tropis. Keunggulan iklim muson tropis diantaranya ialah temperatur yang tidak terlalu ekstrim (tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin). Selain itu juga, iklim muson tropis mengakibatkan terjadinya musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap setengah tahun (6 bulan) sekali.

Keadaan seperti itu memungkinkan masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Hal ini berbeda dengan beberapa negara lain seperti halnya di Eropa dan Australia. Pada saat memasuki musim dingin, masyarakat di sana sangat kesulitan melaksanakan kegiatan ekonomi.

Lebih lanjut keunggulan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis diantaranya bisa bekerja sepanjang tahun dan bisa menanam tanaman sepanjang tahun. Sementara kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis diantaranya ialah ada yang menjadi pemalas, karena tidak mempunyai tantangan yang berat.

0 komentar

Posting Komentar