Keunggulan Tanah Indonesia Dibanding Negara Lain

Keunggulan Tanah Indonesia Dibanding Negara Lain

Anda mungkin sering memperhatikan kondisi tanah di sekitar tempat tinggal anda. Bagaimana masyarakat memanfaatkan tanah di lingkungan anda? Perbedaan apa saja yang anda temukan pada kondisi tanah di lingkungan anda? Lalu keunggulan apa saja yang ada pada kondisi tanah Indonesia?

Pada pembahasan terdahulu, sudah dijelaskan mengenai berbagai jenis tanah di Indonesia. Tanah di Indonesia sangat subur, salah satu alasannya adalah karena Indonesia berada di daerah vulkanis. Indonesia mempunyai banyak gunung berapi yang letusannya setiap saat bisa menyuburkan tanah. Kenapa gunung berapi dapat menyuburkan tanah?

Letusan gunung berapi menyemburkan abu vulkanis, abu vulkanis ini sebagai penyubur kembali tanah yang tadinya kurang subur. Tanah Indonesia yang subur menjadikan berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik. Kondisi tanah yang subur, ditopang dengan iklim tropis dan sinar matahari serta curah hujan yang cukup merupakan sebuah keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah Indonesia. Dengan kata lain tanah di Indonesia bisa ditanami dengan berbagai jenis tanaman dan memberikan hasil yang besar.

Tanah Indonesia yang subur akan memungkinkan berbagai jenis hewan/fauna bisa hidup dengan baik. Dengan kondisi tanah yang subur, lalu iklim tropis dan curah hujan yang cukup, tanah Indonesia bisa ditanami berbagai jenis tanaman sebagai penyedia makanan bagi berbagai jenis hewan/fauna di Indonesia. Itulah alasan kenapa Indonesia juga kaya dengan berbagai jenis hewan, baik itu yang hidup secara alami ataupun yang sengaja diternakkan.

{|CATATAN| Baca juga artikel terkait berikut ini: Keunggulan Iklim Indonesia Dibanding Negara Lain}

Keunggulan Tanah Indonesia Dibanding Negara Lain

Keunggulan Geostrategis Indonesia

Keunggulan letak geostrategis Indonesia berhubungan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudera yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Lalu mengapa letak tersebut dikatakan sebegai letak yang strategis?

Lokasi Indonesia ibarat berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional. Contoh diantaranya ialah perdagangan bangsa Asia dan Australia, bahkan bangsa-bangsa lain dari seluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Perdagangan tersebut melewati wilayah darat, laut, maupun udara.

0 komentar

Posting Komentar