Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia terhadap Kolonialisme Barat

Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia terhadap Kolonialisme Barat

Keunggulan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia selain menjadi kekayaan Indonesia, juga disisi lain menjadi salah satu pendorong bangsa-bangsa asing untuk datang ke Indonesia. Salah satu tujuan kedatangan mereka ialah untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia sangat bermanfaat bagi pembangunan Indonesia sendiri. Akan tetapi disisi lain, kedatangan bangsa asing tersebut juga merugikan bangsa Indonesia. Keinginan mereka untuk menguasai kegiatan ekonomi di Indonesia merupakan salah satu yang merugikan bangsa Indonesia. Kali ini kita akan membahas dampak kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia terhadap kolonialisme dan imperialisme di Indonesia.

Perhatikan gambar dibawah mengenai peta kekayaan hasil bumi Indonesia di berbagai daerah. Peta tersebut menggambarkan bagaimana kekayaan alam Indonesia. Keunggulan lokasi Indonesia, berpengaruh terhadap kondisi dan kekayaan alam Indonesia. Karena kekayaan tersebutlah, banyak bangsa asing tertarik untuk datang dan bahkan ingin menguasai kekayaan alam Indonesia.

Pengaruh Keunggulan Lokasi Indonesia Terhadap Kolonialisme Barat

Selain kekayaan pertanian dan perkebunan, Indonesia juga kaya dengan berbagai kekayaan laut dan aneka tambang. Keragaman kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia mendorong bangsa-bangsa asing untuk turut serta memanfaatkannya.

{|CATATAN| Karena pembahasan ini saling berkaitan, maka adalah salah jika Anda melewatkan 3 artikel terkait berikut ini:
1) Latar Belakang Penjajahan dan Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia 
2) Kebijakan-Kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda Terhadap Rakyat Indonesia 
3) Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap VOC dan Pemerintah Hindia Belanda}

Keunggulan lokasi yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu pendorong terjadinya interaksi dan komunikasi dengan berbagai bangsa di dunia. Berbagai kekayaan alam Indonesia sangat dibutuhkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Selain itu juga Indonesia merupakan salah satu daerah pemasaran berbagai komoditas bangsa-bangsa lainnya.

Berbagai kekayaan alam Indonesia itulah yang menjadi daya tarik kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia. Mereka pada dasarnya datang ke Indonesia untuk mendapatkan berbagai komoditas yang akan dijual ke negara lain. Ketertarikan bangsa-bangsa asing terhadap kekayaan Indonesia terjadi sejak dulu. Berbagai pengaruh keunggulan lokasi Indonesia sangat berpengaruh terhadap imperialisme dan kolonialisme di Indonesia dimasa lalu.


Sumber Referensi:
https://www.academia.edu/34727487/IPS_Pengaruh_Keunggulan_Lokasi_Terhadap_Kolonialisme_Barat_di_Indonesia_Power_Point
http://ciaoferauf1402.blogspot.com/2014/10/pengaruh-keunggulan-lokasi-terhadap.html

0 komentar

Posting Komentar