Kondisi Persebaran Penduduk di Indonesia

Kondisi Persebaran Penduduk di Indonesia

Di beberapa daerah di Indonesia penduduknya masih sangat sedikit, atau bisa disebut juga masih kekurangan jumlah penduduk (under population). Contohnya di Papua, kepadatan penduduk disana rata-rata hanya 4 jiwa per kilometer persegi. Sementara jika dibandingkan dengan pulau Jawa kepadatan penduduknya mencapai 945 jiwa per kilometer persegi.

Pulau Jawa dan Madura dengan luas mencapai 132 ribu km2 berpenduduk 137 juta jiwa pada tahun 2010. Akan tetapi pulau-pulau lain di Indonesia, dengan luas yang berkali lipat dari pulau Jawa apabila seluruh penduduknya dijumlahkan tidak bisa mencapai jumlah penduduk yang ada di Pulau Jawa.

Lalu bagaimana dampak dari penduduk yang tidak merata ini? Kondisi persebaran penduduk yang tidak merata adalah sebuah permasalahan tersendiri bagi pembangunan, karena di daerah dengan penduduk yang padat dapat berarti tersedia cukup banyak tenaga kerja. Akan tetapi di daerah lain seperti di Papua dan Kalimantan, terjadi kekurangan tenaga kerja sebagai sumber daya manusia untuk melaksanakan pembangunan.

Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut di atas? Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mendatangkan tenaga terampil dari daerah-daerah lain.

Kondisi Persebaran Penduduk di Indonesia

Penduduk terpadat di Indonesia ialah Pulau Jawa. Mengapa bisa terjadi? Hal ini tidak terlepas dari sejarah kehidupan masyarakat Indonesia. Pulau Jawa merupakan daerah yang sangat subur dan pertanian tradisional sudah lama berkembang di pulau ini.

Di masa lalu, masyarakat masih menggunakan pola ekonomi tradisional berupa pertanian. Lokasi Pulau Jawa yang sebagian besar wilayahnya mudah untuk dijangkau menjadi salah satu alasan mengapa persebaran penduduk di Pulau Jawa terus terjadi. Selain itu juga pulau Jawa merupakan pusat perkembangan politik pada masa pengaruh Hindu, Buddha, Islam, serta masa penjajahan. Maka tidaklah heran jika sarana dan prasarana di Pulau Jawa lebih lengkap.

{|CATATAN| Ada beberapa artikel yang akan menambah referensi anda, silahkan kunjungi:
1) Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk (Pengertian, Jenis, Rumus) 
2) Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Komposisi Penduduk 
3) Migrasi Pengertian Penyebab dan Macam-Macam Migrasi 
4) Bentuk-Bentuk Transmigrasi yang Ada di Indonesia}

Berkat adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pusat kegiatan ekonomi masyarakat sekarang lebih tersebar ke seluruh Indonesia. Bahkan di Pulau Jawa saja yang penduduknya sudah sangat padat kini mulai mengalami kekurangan lahan untuk pengembangan pertanian. Pertanian dan juga pertambangan saat ini sudah berkembang di berbagai daerah di Indonesia.

Pemusatan penduduk di Pulau Jawa sangat merugikan bagi proses pembangunan nasional, oleh karena itu perlu dilakukan usaha untuk pemerataan penduduk yang seimbang antar daerah, sehingga seluruh potensi Indonesia bisa dikembangkan secara optimal.

Dalam hal ini salah satu cara untuk memeratakan jumlah penduduk ialah dengan melalui perpindahan penduduk dari daerah yang padat menuju ke daerah yang penduduknya masih jarang. Perpindahan penduduk ini bisa dilakukan dengan keinginan sendiri ataupun diprogramkan oleh pemerintah.


Sumber Referensi:
https://www.bps.go.id/publication/2011/05/23/35c86fd4076ef657ef89125d/pertumbuhan-dan-persebaran-penduduk-indonesia-hasil-sensus-penduduk-2010.html
https://apriandwisambudi.wordpress.com/2014/10/19/persebaran-penduduk-di-indonesia/

0 komentar

Posting Komentar