Kualitas Penduduk dan Pergerakan Nasional Indonesia

Kualitas Penduduk dan Pergerakan Nasional Indonesia

Pernahkah kalian mendengar istilah kualitas penduduk? Kualitas penduduk berkaitan dengan kemampuan penduduk untuk mengolah serta memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus meningkatkan kesejahteraannya.

Indikator kualitas atau dengan kata lain mutu sumber daya manusia, bisa dilihat dari beberapa aspek seperti misalnya tingkat pendidikan, pendapatan, dan tingkat kesehatan. Indikator dari tingkat kesehatan penduduk bisa dilihat dari angka kematian dan juga angka harapan hidup.


Dalam hal ini angka kematian yang tinggi menggambarkan tingkat kesehatan penduduknya yang rendah, sementara angka harapan hidup yang tinggi mengambarkan bahwa tingkat kesehatan penduduk sangat baik.

Disamping itu, tingkat kesehatan penduduk juga tidak serta merta bisa dilepaskan dari pendapatan penduduk itu sendiri. Semakin tinggi pendapatan penduduk, maka pengeluaran untuk mendapatkan pelayanan kesehatan juga akan semakin tinggi. Selain itu juga, penduduk yang pendapatannya tinggi bisa menikmati makanan yang berkualitas yang memenuhi standar kesehatan. Sedangkan orang yang tingkat pendidikannya tinggi diharapkan mempunyai produktivitas yang tinggi pula jika dibandingkan dengan orang yang berpendidikan rendah.

Lebih jauh, masalah kualitas penduduk juga bisa dilihat dari tingkat kemakmurannya. Walaupun Indonesia tidak termasuk ke dalam negara miskin, akan tetapi jumlah penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan masih cukuplah besar. Ada puluhan juta penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan menurut standar yang ditetapkan PBB. Tentu saja hal ini menjadi tanggungjawab bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan ini.


Apa hal yang mempengaruhi kualitas penduduk Indonesia?

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi kualitas penduduk Indonesia, yaitu tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan kondisi kesehatan. Tingkat pendidikan merupakan potensi sumber daya manusia yang unggul. Sementara tingkat kesehatan mencerminkan kesejahteraan suatu negara. Sedangkan tingkat pendapatan yang tinggi akan sangat mempengaruhi upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat di suatu negara. Ketiga indikator ini saling mempengaruhi satu sama lain.

Kita dapat melihat kualitas penduduk di sekitar tempat tinggal kita dengan mencari datanya di kantor kelurahan atau kecamatan. Kita dapat menemukan data-data pendidikan, kesehatan, dan tingkat pendapatan. Selain itu ada juga data tingkat buta huruf masyarakat, tingkat kesejahteraan berdasarkan rata-rata penghasilan masyarakat, dan tingkat pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan yang ditamatkan. Dengan menggunakan tiga indikator yang telah disebutkan, kita dapat menilai bagaimana kualitas penduduk di sekitar tempat tinggal kita sendiri.

Dalam bidang pendidikan, tinggi dan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat akan turut menentukan tinggi rendahnya kualitas sumber daya masyarakat itu sendiri. Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Contohnya, pada masyarakat maritim, pendidikan yang baik dan diperlukan adalah pendidikan kemaritiman, sementara pada masyarakat pertanian yang diperlukan adalah sekolah pertanian, dan sebagainya.

Apabila kita berbicara mengenai kesehatan, kesehatan yang baik akan berdampak pada rakyat yang bisa bekerja secara optimal, dan biaya pengobatan dapat ditekan. Dalam hal ini kesehatan masyarakat yang baik akan berdampak langsung pada kinerja masyarakat itu sendiri. Salah satu cara untuk melihat tingkat kesehatan masyarakat ialah dengan melihat usia harapan hidup masyarakat. Dalam hal ini semakin tinggi usia harapan hidup suatu negara, maka itu artinya kesehatan masyarakat suatu negara semakin baik.

Selain itu, tingkat pendapatan juga merupakan ukuran tingkat kesejahteraan suatu masyarakat. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka akan semakin baik kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Semakin rendah angka kemiskinan di suatu negara, maka akan semakin makmur kehidupan masyarakat negara tersebut.

Kualitas penduduk merupakan kunci keberhasilan pembangunan. Jumlah penduduk yang besar belum tentu akan berhasil membawa kemajuan suatu negara. Akan tetapi penduduk yang berkualitas bisa dipastikan akan mampu membawa kemajuan pada bangsa dan negara. Oleh karenanya kita sebagai bangsa Indonesia harus selalu berusaha meningkatkan kemampuan agar menjadi penduduk yang berkualitas.


Kualitas Penduduk dan Pergerakan Nasional Indonesia

Hubungan Kualitas Penduduk dengan Pergerakan Nasional

Kualitas penduduk bukan hanya berpengaruh pada pembangunan nasional pada masa ini. Melainkan perkembangan pergerakan nasional bangsa Indonesia pada masa penjajahan, juga sangat dipengaruhi oleh peningkatan kualitas penduduk Indonesia pada saat itu.

Kata kuncinya adalah kualitas penduduk sangat berpengaruh terhadap pembangunan suatu bangsa. Perjuangan dalam pembangunan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh kualitas penduduk Indonesia. Penduduk yang berkualitas akan senantiasa melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas pula. Dan pemimpin yang berkualitas akan mampu membawa bangsa dan negara menuju kejayaan.

Pentingnya kualitas penduduk dalam perjuangan bangsa Indonesia bisa dilihat pada masa pergerakan nasional. Jika kalian mengetahui makna kebangkitan nasional dan pergerakan nasional Indonesia, maka kalian akan mengetahui bahwa salah satu pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia ialah karena peningkatan kualitas penduduk di Indonesia pada saat itu.

Berdasarkan indikator pendidikan, kualitas penduduk Indonesia pada masa penjajahan sangatlah rendah. Bahkan jumlah rakyat Indonesia yang bisa baca tulis sangatlah sedikit. Selain itu juga, kondisi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan juga sangat memprihatinkan. Dalam hal ini tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang rendah, mengakibatkan bangsa asing yang datang ke Indonesia mudah mengelabuhi bangsa Indonesia.

Singkat cerita, pada awal abad XX, terjadi perubahan penting pada kualitas penduduk Indonesia. Perubahan ini terutama dalam bidang pendidikan. Dimana semakin banyak sekolah yang berkembang di Indonesia, begitupun semakin banyak kaum terpelajar Indonesia. Kelompok inilah yang pada akhirnya berperan besar pada pergerakan nasional Bangsa Indonesia pada masa itu.

Pada intinya, semakin membaiknya kualitas pendidikan di Indonesia, turut menjadikan kualitas penduduk Indonesia semakin meningkat. Meningkatnya kualitas penduduk Indonesia ini berpengaruh langsung terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia.


Tidak ada komentar untuk "Kualitas Penduduk dan Pergerakan Nasional Indonesia"