Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Apakah Anda tahu teks Sumpah Pemuda? Apa Anda hafal teks Sumpah Pemuda tersebut? Menurut Anda bagaimana makna dari Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia? Serta bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda bagi perjuangan Bangsa Indonesia?

Pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta, Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda dari berbagai daerah. Ikrar Sumpah Pemuda adalah tekad untuk memulai jalan baru dalam mengusir penjajah melalui pergerakan nasional.


Bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda terhadap pergerakan nasional bangsa Indonesia?

Pada masa penjajahan, perjuangan para pemuda untuk mengikatkan diri dalam bingkai bangsa Indonesia tidak bisa terbendung. Pada tahun 1925 secara tegas Perhimpunan Indonesia mengeluarkan sebuah pernyataan yang berisi mengenai penegasan tekad untuk bersatu mengusir penjajah.

Pernyataan tahun pada 1925 tersebut dikenal dengan manifesto Perhimpunan Indonesia, yang memperoleh dukungan dari berbagai organisasi. Manifesto 1925 sangat menggugah kesadaran bangsa Indonesia pada saat itu, dan secara langsung sangat mempengaruhi pola pergerakan nasional bangsa Indonesia. Akhirnya gagasan manifesto 1925 terealisasi pada saat Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda II tahun 1928.

Kongres Pemuda II adalah kelanjutan dari Kongres Pemuda I pada tahun 1926. Banyaknya organisasi pergerakan yang bersifat modern yang berdiri mendorong keinginan untuk bekerja sama. Kongres Pemuda menyadari akan banyaknya persamaan kepentingan, berbagai dialog antar pergerakan pun banyak dilaksanakan. Para pemuda dan para pelajar memiliki pemikiran untuk membentuk sebuah kekuatan besar dalam menghadapi penjajahan Belanda.

Kesadaran untuk membentuk sebuah bingkai pergerakan kebangsaan mulai tampak dengan berdirinya berbagai organisasi nasionalis yang sifatnya terbuka. Mereka tidak lagi memandang latar belakang etnis, agama, maupun daerah asal. Beberapa organisasi yang pada awalnya bersifat etnis maupun kedaerahan kemudian berubah menjadi bersifat nasionalis.

Selain itu juga komunikasi antar tokoh pergerakan, semakin membuka pandangan nasionalisme yang lebih tegas. Dalam hal ini langkah-langkah jelas untuk berjuang bersama dibuktikan dengan diselenggarakannya kongres-kongres pemuda.


Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia

Kapan kongres Pemuda II diselenggarakan?

Kongres Pemuda II sendiri diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, yang dihadiri oleh perwakilan organisasi pemuda dari seluruh Indonesia. Dimana dalam kongres Pemuda II ini, keinginan untuk membentuk sebuah negara Indonesia merdeka semakin tegas. Pada saat itu suasana kebangsaan benar-benar tidak bisa dibendung lagi. Lalu pada tanggal 28 Oktober 1928, dibacakanlah keputusan hasil Kongres pemuda II, yaitu berupa ikrar pemuda yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Sementara itu, selain menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda, Kongres II juga turut menetapkan lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman sebagai lagu kebangsaan Indonesia serta menetapkan bendera merah putih sebagai lambang negara Indonesia. Selanjutnya, didirikanlah Indonesia Muda pada tahun 1930 yang berasaskan kebangsaan dan bertujuan Indonesia Raya.

Berkat ikrar Sumpah Pemuda, persatuan bangsa Indonesia semakin lama semakin kuat. Rakyat dari Sabang (Aceh) sampai Merauke (Papua) bertekad untuk mengusir penjajah bersama. Sejak saat itu penjajah Belanda menghadapi kekuatan yang sangat besar, yaitu rakyat Indonesia. Dengan begitu Belanda tidak bisa lagi memecah belah bangsa Indonesia.


Lalu bagaimana sikap pemerintah Belanda terhadap Kongres Pemuda II?

Pemerintah Belanda tentu saja sangat marah dan menekan rapat-rapat apa saja yang diselenggarakan oleh para tokoh pemuda. Lagu Indonesia Raya juga pernah dilarang dan penyebutan Indonesia Merdeka tidak diperbolehkan pada saat itu.

Tidak kehilangan akal, para tokoh pemuda mencari siasat lain. Pada Kongres Pemuda III di Yogyakarta pada tahun 1938, tujuan kemerdekaan Nusa dan Bangsa diganti menjadi menjunjung tinggi martabat nusa dan bangsa.


Bagaimana pengaruh Sumpah Pemuda bagi perjuangan bangsa Indonesia?

Sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda, persatuan bangsa Indonesia semakin kuat. Perjuangan pun dilakukan secara bersama, terorganisir, serta tidak tergantung pada satu pemimpin saja. Perjuangan nasional tersebut pada akhirnya membuahkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bisa kita nikmati hari ini.

Perjuangan para pemuda untuk menunjukkan identitas Indonesia pada saat itu benar-benar menghadapi kesulitan besar, akan tetapi para pemuda tidak pernah putus asa dalam berusaha. Dalam hal ini kita bisa meniru kegigihan mereka berupa semangat dan tekad untuk berhasil. Di zaman kemerdekaan saat ini, sudah sepantasnya kita selalu mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari kita.


Tidak ada komentar untuk "Pengaruh Sumpah Pemuda Bagi Perjuangan Bangsa Indonesia"