Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati (Nabati & Hewani)

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah seluruh kekayaan alam yang berwujud benda mati atau hidup yang ada pada suatu tempat dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia seperti hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, dan cahaya matahari.

Sumber daya alam mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena manusia hidup dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Dalam hal ini sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia dibedakan menjadi dua, yaitu sumber daya alam hayati dan non hayati.

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan, sementara sumber daya alam non hayati sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, seperti air, udara, bahan tambang dan sebagainya.

Indonesia memiliki berbagai jenis sumber daya alam yang sangat beragam. Sumber daya alam tersebut bisa memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia jika diolah dan dimanfaatkan secara bijak. Akan tetapi sebaliknya, jika sumber daya alam yang ada terus dieksploitasi secara berlebihan tanpa memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan, maka akan pasti akan mengakibatkan kerusakan lingkungan dan bencana alam.

Sumber daya alam mempunyai fungsi dan peran dalam bentuk manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya berbagai macam sumber daya alam tersebut, maka manusia akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dalam hal ini terdapat berbagai macam fungsi dan peran sumber daya alam bagi kehidupan manusia.


Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati

Seluruh makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini adalah sumber daya alam hayati. Dalam hal ini sumber daya alam dari tumbuhan disebut sebagai sumber daya alam nabati, sementara sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sebagai sumber daya alam hewani.


Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati (Nabati & Hewani)

Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Nabati Bagi Kehidupan

Sebagian besar sumber daya alam nabati yang ada di Indonesia berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan baku kayu olahan, dan obat-obatan.


1)   Sumber Daya Alam Nabati Sebagai Budi Daya Pangan

Sumber daya lama nabati sebagai tanaman budi daya pangan sering dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, vitamin, protein, dan lemak. Tanaman sebagai sumber karbohidrat ada di padi, ubi, jagung, dan kentang. Sementara tanaman sebagai sumber lemak diantaranya ada di kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit. Lalu tanaman sebagai sumber protein di kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainya, sedangkan tanaman sebagai sumber vitamin ada di buah dan sayuran.


2)   Sumber Daya Alam Nabati Sebagai Budi Daya Sandang

Sumber daya alam hayati yang digunakan sebagai sumber bahan pakaian antara lain serat rami sebagai bahan dasar rayon, kapas sebagai bahan dasar katun, dan serat sisal sebagai bahan dasar linen. Selain itu, inovasi saat ini bahan dasar kain dari tumbuhan juga diperoleh dari serat nanas dan pisang serta tanaman yang memiliki kandungan selulosa (serat tumbuhan) yang tinggi.

Pakaian yang berasal dari bahan tumbuhan pada umumnya mempunyai nilai harga yang tinggi karena produksinya yang terbatas serta perlakukan bahan yang khusus juga memiliki sifat yang hampir sama yaitu padat, kuat, tidak mudah kusut, dan tahan penyetrikaan.

Dalam hal ini bahan dasar kain dari tumbuhan didaptakan dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari batang pohon, biji, daun, dan buah. Tanaman digunakan manusia untuk membuat bahan baju atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga. Ada banyak hasil motif yang dihasilkan dengan berbagai macam corak yang beranekaragam, sehingga menambah nilai keindahan pada pakaian yang dikenakan.


3)   Sumber Daya Alam Nabati Sebagai Komoditi Kayu Olahan

Sebelum ada perkakas rumah tangga dari besi, alumunium dan sejenisnya, berbagai jenis kayu sudah lebih dulu dimanfaatkan sebagai bahan baku utama untuk menopang kehidupan. Pemanfaatan kayu olahan dibuat untuk pembuatan mebel, seperti misalnya kayu jati dan kayu lainnya yang sudah dibudidayakan dari hutan, seperti rotan, meranti, rasamala, dan bambu.


4)   Sumber Daya Alam Nabati Sebagai Bahan Obat-Obatan

Sumber daya alam nabati selain bisa digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku lain, juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti diantaranya kumis kucing, jahe, kunyit, kencur, dan temulawak termasuk bunga Rosella.

Bunga Rosella adalah salah satu sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/gizi dan baik bagi kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi bunga Rosella baik untuk mengatasi keluhan kesehatan dan bermanfaat sebagai bahan antiseptik. Berbagai hasil olahan dari bunga Rosella bisa berupa sari bunga Rosella dan teh bunga Rosella.

Selain berbagai jenis pemanfaatan sumber daya alam nabati yang telah dibahas di atas, berbagai tanaman lainnya yang juga biasa dimanfaatkan di Indonesia antara lain yaitu:

1)    Jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain serai, kayu putih, cengkih, tengkawang, dan kenanga.

2)    Jenis tanaman untuk keperluan industri. Beberapa jenis tanaman dibudidayakan secara luas dalam bentuk perkebunan untuk keperluan industri. Seperti misalnya, kopi, teh, tebu, vanili, tembakau, lada, gambir, dan sebagainya.

3)    Tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber protein diantaranya yaiu kedelai, kacang hijau, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

4)    Jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias diantaranya yaitu bunga mawar, anggrek, melati, dan lain sebagainya.


Fungsi dan Peran Sumber Daya Hewani Bagi Kehidupan

Sumber daya alam hewani dimanfaatkan sebagai sumber pangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk makanan sehari-hari, seperti diantaranya hewan ternak, ikan, dan sebagainya. Selain itu hewan juga dimanfaatkan sebagai benda-benda seni kerajinan tangan yang bernilai seni kreatif. Misalnya hewan yang memiliki bulu yang indah diawetkan lalu digunakan untuk hiasan rumah.

Lebih lanjut, hewan ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana bersosialisasi dan mengembangkan budaya seperti misalnya Karapan Sapi yang ada di Madura, Adu Domba di Garut, dan sebagainya. Sementara itu pemanfaatan hewan seperti sapi dan kerbau dapat dimanfaatkan tenaganya untuk membantu bajak sawah.

Dalam bidang teknologi, sumber daya hewan dimanfaatkan juga untuk meningkatkan nilai budaya manusia dan nilai kehidupan, seperti misalnya bentuk kapal selam diadopsi dari cara ikan menyelam, bentuk pesawat yang meniru struktur morfologi burung, dan lain sebagainya.


1)   Perikanan

Perikanan adalah sumber daya alam hayati yang sangat potensial yang bisa dikembangkan di Indonesia, dimana wilayah Indonesia 2/3 nya adalah perairan. Sumber daya perikanan ialah sumber makanan bagi kehidupan manusia. Ikan sangat digemari oleh karena mengandung banyak gizi yang tinggi. Jepang salah satu negara maju di Asia merupakan negara yang dengan tingkat konsumsi ikannya terutama ikan laut yang sangat tinggi.

Hasil dari perikanan selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa diekspor ke negara lain. Ekspor perikanan Indonesia cukup tinggi. Selain itu, sumber daya perikanan sering juga dimanfaatkan untuk mencari sarana hiburan, misalnya dengan memancing ikan. Disisi lain hasil-hasil dari laut juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan aneka kerajinan.


2)   Peternakan

Peternakan adalah salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Sumber daya alam hayati ini bisa berupa hewan liar ataupun hewan yang sudah dibudidayakan. Lebih jauh dalam hal ini, peternakan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:


a)    Peternakan Potong dan Kerja

Jenis peternakan ini dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan seperti membajak sawah, mengangkat barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya juga bisa diambil dagingnya. Berbagai macam binatang yang termasuk didalam jenis ini antara lain sapi, kuda, kambing, dan domba.


b)    Peternakan Perah

Susu adalah salah satu produk utama dalam peternakan perah. Sapi, kambing, dan kuda ialah beberapa jenis hewan yang diambil produksi susunya untuk dimanfaatkan sebagai pemenuh kebutuhan hidup manusia. Susu adalah salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.


c)    Peternakan Unggas

Peternakan unggas adalah jenis hewan yang mempunyai bulu dan sayap untuk diambil daging maupun telurnya. Beberapa hewan yang termasuk dalam katagori ini diantaranya ayam, bebek, merpati, dan kalkun.


d)    Aneka Satwa

Aneka satwa adalah hewan yang belum lama didomestikasi. Jenis ini dimanfaatkan sebagai penghasil bahan pangan berprotein tinggi. Contoh dari aneka satwa ini diantaranya, cacing tanah, burung unta, lebah madu, ulat sutera, dan burung walet.


Posting Komentar untuk "Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati (Nabati & Hewani)"