4 Sifat Penting Pembangunan Ekonomi

4 Sifat Pembangunaan Ekonomi

Pembangunan ekonomi sangat penting bagi suatu negara, dimana suatu negara yang memiliki pembangunan ekonomi yang pesat dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di negara tersebut. Sehingga dalam hal ini, setiap negara akan selalu berusaha keras agar pembangunan ekonomi negaranya dapat tumbuh dengan baik.

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses untuk meningkatkan pendapatan perkapita penduduk dalam jangka panjang. disertai dengan perubahan ciri-ciri penting suatu masyarakat, seperti perubahan dalam teknologi, pola pikir masyarakat, maupun kelembagaan.


Lebih jauh, secara umum pembangunan ekonomi memiliki empat (4) sifat penting, antara lain yaitu:


1)    Suatu Proses

Pembangunan Ekonomi adalah suatu proses, dalam arti bahwa pembanguann ekonomi itu berlangsung secara terus menerus (kontinue) bukan merupakan suatu kegiatan yang bersifat insidental.


2)    Usaha untuk Meningkatkan Pendapatan Per Kapita

Suatu negara bisa dikatakan mengalami pembangunan ekonomi apabila terjadi kenaikan dalam pendapatan perkapita penduduknya. Dalam hal ini kenaikan pendapatan perkapita merupakan cerminanan terjadinya kesejahteraan ekonomi masyarakat di suatu negara.


3)    Kenaikan Pendapatan Per Kapita Berlangsung dalam Jangka Panjang

Jika pendapatan per kapita suatu negara secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun bukan berarti bahwa pendapatan per kapita harus selalu mengalami kenaikan terus menerus, akan tetapi pada suatu waktu tertentu bisa saja turun, namun turunnya tidak terlalu besar. Hal ini merupakan salah satu sifat yang normal dari pembangunan ekonomi.


4)    Kenaikan Pendapatan Per Kapita Diikuti dengan Terjadinya Perubahan Teknologi dan/atau Kelembagaan

Dalam artian bahwa terjadi pembangunan ekonomi bukan saja berarti peningkatan pendapatan per kapita saja, akan tetapi kenaikan pendapatan per kapita juga diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi. Seperti misalnya pada sektor pertanian, yang dulunya pengolahan lahannya menggunakan tenaga hewan, sekarang sudah menggunakan traktor/mesin.


4 Sifat Penting Pembangunan Ekonomi

Pentingnya SDA dalam Pembangunan Ekonomi

Untuk memahami pentingnya sumber daya alam terhadap pembangunan ekonomi, maka kita bisa belajar dari sebuah contoh yang menunjukkan bahwa masyarakat dapat mencapai kemakmuran karena berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Katakanlah Kalimantan, bisa mengolah batu bara, emas dsb. Di Riau dengan tambang minyaknya, dan contoh lainnya.

Salah satu penyebab suatu negara mengalami kemiskinan salah satu faktornya adalah karena tidak memiliki cukup sumber-sumber alam. Ini memang benar, bahwa rendahnya pendapatan suatu daerah, salah satunya disebabkan oleh sumber-sumber alam yang tersedia baik dalam jumlah, jenis ataupun kualitasnya rendah.

Tanpa adanya sumber daya alam yang cukup di suatu negara, maka tidak akan ada banyak harapan untuk berhasil melakukan pembangunan ekonomi di negara tersebut. Contoh dalam sejarah menunjukkan bahwa beberapa kerajaan seperti Kahuripan, Singosari memanfaatkan air sungai Brantas untuk irigasi, dan ini terbukti membawa kemakmuran bagi rakyatnya.

Lebih jauh, Simon Kuznets, mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi dibatasi oleh kekurangan absolut dari sumber daya alam. Dari pernyataan tersebut tersirat perkiraan bahwa negara-negara miskin akan sumber daya alam cenderung akan terhambat pertumbuhan ekonominya. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam mempunyai banyak manfaat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Jika kita berbicara tentang sumber daya alam, semakin hari semakin menunjukkan salah satu masalah yang harus dihadapi yaitu semakin tipisnya persediaan sumber daya alam. Jika sumber daya alam terus menerus dieksploitasi untuk mengejar pertumbuhan ekonomi, maka kemungkinan beberapa tahun kemudian sumber daya alam akan habis dan pertumbuhan pembangunan ekonomi akan mengalami masalah besar.

Maka untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi, kita dituntut untuk bersikap arif, menyadari bahwa generasi mendatang berhak untuk menikmati sumber daya alam yang ada sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengelola sumber daya alam secara bertanggung jawab.


Posting Komentar untuk "4 Sifat Penting Pembangunan Ekonomi"