10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika

10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika

Perkembangan zaman sekarang ini semakin canggih, mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia dan alam semesta. Pada tataran kehidupan manusia, penggunaan teknologi digital semakin diterapkan pada berbagai perangkat dan peralatan yang dibutuhkan masyarakat di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, olahraga, dan hiburan.


Di era digital, normal baru pandemi Covid-19, sebagian besar industri mengandalkan data dan program perangkat lunak. Ilmu komputer dan teknologi informasi mempengaruhi semua bidang kehidupan, mulai dari penelitian ilmiah hingga pengembangan kesehatan, transportasi, perbankan, komunikasi, dan banyak lagi. Benda-benda seperti oven microwave, lemari es, dan kunci pintu juga terhubung ke jaringan Wi-Fi dan asisten pribadi jarak jauh (Internet of Things). Era ini juga menyaksikan disrupsi dan perubahan peran manusia, yang perlahan berubah seiring berjalannya waktu secara keseluruhan.

Informatika adalah bidang ilmiah yang berkaitan dengan studi, desain, pembuatan sistem komputer dan prinsip-prinsip yang menjadi dasar desainnya. Komputasi adalah ilmu yang berhubungan dengan penggunaan pemodelan matematika dan komputer untuk memecahkan masalah ilmiah. Istilah informatika sesuai dalam bahasa Inggris dengan istilah informatics, computing, atau computer science.

Informatika melibatkan pemodelan komputasi dan penerapannya dalam pengembangan sistem komputer. Apa itu komputasi? Menurut KBBI, komputasi adalah: (1) perhitungan dengan menggunakan komputer. (2) Dalam matematika, perhitungan dilakukan dengan menggunakan angka atau variabel yang dilakukan menurut serangkaian langkah yang diberikan.

Setelah lebih dari 20 tahun pengembangan, informatika telah berkembang menjadi salah satu disiplin ilmu independen saat ini. Ilmu komputer dapat dianggap sebagai cabang ilmu yang berbeda karena membawa cara berpikir yang unik (pemikiran komputasional) kepada manusia yang berbeda dari disiplin ilmu lainnya. Juga, setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung pada teknologi tertentu.

Landasan berpikir untuk mempelajari ilmu komputer disebut berpikir komputasional. Berpikir komputasional adalah kerangka kerja dan proses berpikir yang melibatkan penalaran tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem dan persoalan. Cara berpikir ini didukung dan dilengkapi dengan teknologi serta pengetahuan teoretis dan praktis untuk menganalisis, memodelkan, dan memecahkan masalah.


10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika


Lalu Apa Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika?

Mempelajari informatika sama pentingnya dengan mempelajari ilmu untuk bertahan hidup. Karena dengan perkembangan jaman yang semakin maju, Anda akan terlindas oleh perkembangan jaman itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 alasan pentingnya mempelajari informatika:


1)   Mampu Berpikir Komputasional

Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan masalah dimana cara penyelesaiannya jika dikembangkan dapat dilakukan oleh komputer. Dengan kata lain mencari cara untuk menyelesaikan berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan efisien sehingga pemecahannya dapat diaplikasikan dalam komputer. Mampu berpikir komputasional dalam menciptakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif.

Dalam Informatika ada ide dasar yang disebut berpikir komputasional. Pemikiran komputasional memiliki empat pilar: dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan algoritma. Berpikir komputasional mendorong seseorang untuk berpikir lebih kritis.


2)   Membentuk Pribadi yang Kreatif dan Terstruktur

Informatika dapat mengubah pola pikir menjadi lebih baik. Karena kita dituntut menemukan ide-ide baru secara tidak langsung dari pemikiran sendiri. Selain itu, kita dapat mengundang teman untuk berbagi ide dan menghasilkan ide yang lebih besar. Dengan cara ini, informatika dapat membantu meningkatkan kreativitas. Selain itu, informatika melatih kita untuk melakukan segalanya dengan benar dan terstruktur. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang membiasakan dan benar-benar membentuk kepribadian menjadi lebih terstruktur.


3)   Prospek Masa Depan yang Menjanjikan

Alasan Informatika penting untuk dipelajari adalah karena informatika memiliki prospek masa depan yang menjanjikan. Saat ini, semakin banyak perusahaan besar dan start-up yang membutuhkan lulusan di bidang studi informatika ini.

Tentu kita semua tahu bahwa kita sedang menuju ke era Society 5.0. Di zaman sekarang ini, Anda akan bersaing secara global dengan teknologi yang sangat canggih. Di era 5.0, manusia akan berperan besar dalam perkembangan teknologi. Dengan mempelajari informatika, kita diharapkan akan terlatih untuk menguasai keterampilan dan mengembangkan keterampilan baru. Informatika dibangun untuk mempersiapkan diri kita untuk masa depan.


4)   Pilihan Pekerjaan yang Luas

Teknologi informasi sangat beragam dan tidak terbatas pada perbaikan komputer dan laptop. Informatika memungkinkan Anda untuk mengarahkan karir Anda ke arah yang berbeda. Karir berkisar dari penulis teknis, pengembang web, direktur teknologi informasi, dan chief technology officer. Mempelajari Informatika juga mempersiapkan diri untuk berspesialisasi dalam bidang minat yang lebih luas.

Pasar kerja komputer dan teknologi informasi berkembang. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan proses berpikir logis. Banyak dari karier dalam bidang ini sebagian besar menawarkan imbalan finansial yang substansial. 

Preferensi pribadi diperhitungkan saat mencari pekerjaan. Jika Anda lebih suka bekerja sendiri, ada pekerjaan teknologi informasi yang memungkinkan Anda melakukannya. Anda dapat bekerja sesuai dengan jadwal Anda sendiri.

Fleksibilitas juga mengarah pada kerja tim yang lebih baik. Misalnya, jika Anda memiliki janji dengan dokter, Anda memiliki banyak waktu untuk hadir. Mereka juga bisa menjadi karyawan yang lebih bahagia dan lebih puas karena mereka merasa diberdayakan oleh kemampuan mereka untuk menyesuaikan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mungkin juga ada peluang untuk berwiraswasta. Banyak profesional TI menjalankan bisnis mereka sendiri setelah bekerja sambil memegang pekerjaan penuh waktu di perusahaan mapan. Dengan cara ini, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan daripada biasanya, sehingga Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda lebih cepat.


5)   Tahu Tentang Perkembangan Teknologi

Siswa yang melanjutkan studi mereka di ilmu komputer dapat menganggap diri mereka beruntung. Pasalnya, mereka dilatih untuk peka terhadap perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Hal ini juga membantu untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi terkini sesuai materi. Pastinya akan sangat menyenangkan jika kita lebih mengetahui tentang perkembangan teknologi saat ini dibandingkan orang lain, ini akan menjadi daya tarik kita tersendiri.


6)   Mengetahui Bagaimana Cara Komputer Bekerja

Jika Anda mempelajari informatika, Anda mungkin terkejut melihat bagaimana cara komputer bekerja. Mengapa perangkat ini terdiri dari serangkaian proses yang kompleks. Sulit untuk mengikuti pada awalnya, tetapi ada banyak manfaat bagi mereka yang fokus belajar. Misalnya, untuk dapat menganalisis sistem yang digunakan dalam perangkat dan merancang sistem baru yang lebih inovatif. Ini akan bermanfaat bagi Anda kedepannya.


7)   Tahu Banyak Saat Membeli Perangkat

Mempelajari informatika tidak hanya membawa manfaat besar, tetapi juga secara tidak langsung membuat Anda lebih berhati-hati saat membeli perangkat. Saat Anda belajar, Anda akan menemukan istilah seperti RAM, hard drive, GPU, dan encoding. Setelah memahami fitur dan pro kontranya, Anda dapat mengetahui jenis perangkat mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menemukannya lebih cepat saat Anda pergi ke toko.


8)   Mampu Mengembangkan Sofware dan Hardware

Pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras merupakan salah satu materi utama dalam informatika. Ketika mempelajari informatika Anda akan dikenalkan dan dibibmbing untuk membuat perangkat lunak seperti aplikasi untuk smartphone dan perangkat keras seperti PC, printer, dan laptop. Setelah mempelajari informatika, Anda mungkin dapat membuat perangkat keras yang praktis dengan perangkat lunak yang mudah digunakan.


9)   Menghasilkan Banyak Uang

Memilih karir di bidang teknologi informasi dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi bisa dibilang salah satu faktor paling positif adalah jumlah uang yang bisa Anda peroleh. Jika Anda bekerja keras dan menaiki tangga, Anda bisa mendapatkan banyak uang. Ingat, sebagai lulusan baru yang baru saja memasuki dunia kerja, Anda tidak akan menghasilkan sebanyak seseorang yang telah berkecimpung di industri ini selama bertahun-tahun. Namun, Anda dapat mengharapkan gaji yang cukup tinggi di masa depan, terutama jika Anda berspesialisasi dalam penelitian atau bahasa pemrograman. Profesional TI termasuk di antara 10 pekerjaan dengan bayaran tertinggi.


10)Teknologi Informasi Selalu Diminati

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak karir yang bisa ditempuh dengan mempelajari informatika. Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan akan profesional TI meningkat. Semakin banyak keterampilan yang Anda miliki, semakin banyak Anda butuhkan.

Industri teknologi informasi terus menunjukkan tren permintaan yang menjanjikan di tengah kekurangan pekerjaan yang terus meningkat. Mempelajari informatika membuka Anda ke banyak peluang dan pekerjaan. Tidak masalah bidang teknologi informasi apa yang Anda kuasai, ada pekerjaan di industri ini.

Mempelajari sesuatu yang Anda sukai memberi Anda rasa pencapaian. Anda akan memiliki cara baru dalam melakukan sesuatu. Jika Anda benar-benar terpesona dengan dunia teknologi, mengapa tidak melangkah lebih jauh? Masa depan Anda dimulai dari sekarang. Mempelajari informatika adalah salah satu pencapaian terpenting dalam hidup dan kunci untuk pekerjaan impian Anda.

Setidaknya itulah 10 alasan pentingnya mempelajari informatika, tentunya masih banyak lagi alasan-alasan lainnya yang tidak disertakan di atas yang bisa meyakinkan Anda untuk segera mempelajari informatika, percayalah mempelajari informatika akan membawa Anda pada masa depan yang lebih baik.


Posting Komentar untuk "10 Alasan Pentingnya Mempelajari Informatika"