Apa Itu Surel dan Contohnya

Pengertian Surel / Email

Surel adalah singkatan dari surat elektronik, dalam bahasa inggris disebut sebagai electronic mail (email). Istilah email ini mungkin terasa lebih familiar ditelinga kebanyakan orang ketimbang istilah surel karena kebanyakan orang lebih sering menggunakan kata email. Jadi, surel merupakan email dalam bahasa Indonesia.

Surat elektronik (electronic mail) atau surat elektronik / surel adalah suatu cara dan alat untuk bertukar pesan (surat) dengan menggunakan alat elektronik. Email mulai digunakan pada 1960-an tetapi masih terbatas penggunaannya hanya pada satu komputer. Namun sekarang E-mail beroperasi melalui jaringan komputer yang luas atau Internet dan dapat menjangkau pengguna di seluruh dunia.

Email atau surat elektronik seperti namanya, menyediakan kemampuan untuk mengirim pesan melalui Internet dalam bentuk teks, gambar, file, video, dll. E-mail memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan surat tradisional yang dikirim melalui POS, terutama kecepatan pengiriman pesan ke alamat penerima. Hanya beberapa detik setelah menekan tombol kirim, pesan langsung dibaca oleh penerima.

Untuk menggunakan email, Anda memerlukan alamat email terlebih dahulu. Alamat email adalah identitas pemegang akun, biasanya berupa nama pengguna atau nama unik, disertai dengan penyedia layanan dan domain.

Setiap pengguna layanan email di dunia memiliki alamat yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan email dan masalah lain yang dapat disebabkan oleh alamat email duplikat. Alamat email adalah alamat lengkap Anda, sama seperti tukang pos biasa. Anda dapat menggunakan alamat ini untuk mengirim surat kepada orang lain atau mitra yang sudah memiliki alamat email. Baik pengirim maupun penerima surat harus memiliki alamat email.

Penyedia layanan email tumbuh seperti jamur saat ini. Anda dapat memilih penyedia layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penyedia layanan email gratis global yang mudah digunakan seperti Gmail dan Yahoo Mail.


Sejarah Surel / Email

Email digunakan pada tahun 1960-an. Tidak ada Internet saat itu, hanya kumpulan komputer bingkai utama yang terhubung bersama untuk membentuk jaringan. Email telah populer sejak tahun 1980-an. Banyak perusahaan pos di berbagai negara sekarang kehilangan pendapatan karena orang tidak lagi menggunakan layanan pos.

Konsep email pertama kali diusulkan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson kemudian bekerja untuk Badan Pertahanan Amerika Bolt Veranek dan Newman "BBN". Pertama, Ray bereksperimen dengan program komputer yang disebut SNDMSG. Digunakan untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga pengguna komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pengguna komputer. Saat itu, sudah umum bagi banyak orang untuk bergiliran menggunakan komputer yang sama.

Eksperimen Ray dilanjutkan dengan menghubungkan SNDMSG melalui protokol file yang disebut CYPNET, memungkinkan program SNDMSG untuk mengirim pesan ke komputer lain saat masih berada di jaringan ARPAnet yang sama. Percobaan berhasil dan email pun lahir.

Pesan email pertama yang dikirim oleh Ray pada tahun 1971 adalah email pertama di dunia. Isi pesan berupa 'kata-kata uji' sudah benar-benar terlupakan, dan kemungkinan pesan pertama yang dikirimnya adalah QWERTYUIOP atau karakter serupa," kata Ray di akun Flickr-nya. Pada tahun 1972, Ray memperkenalkan simbol @ (diucapkan ET dalam bahasa Indonesia) sebagai identitas email untuk membedakan antara identitas pengguna dan domain. @ (ditulis sebagai AT dalam bahasa Inggris) berarti Di.

Baca juga:

1) Peramban dan Search Engine: Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh, Perbedaan dan Cara Kerja 

2) Folder dan File: Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Pengelolaan File dan Folder


Keuntungan Menggunakan Surel / Email

Surat kertas sudah jarang lagi digunakan hari ini. Hal ini karena pengiriman memakan waktu yang sangat lama. Juga butuh beberapa hari untuk menunggu jawaban. Oleh karena itu, penggunaan e-mail sangat marak saat ini karena banyak kelebihannya. Ada banyak keuntungan menggunakan surel / email, keuntungan tersebut antara lain yaitu:

1)    Pengiriman cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.

2)    Biaya pengiriman pesan gratis dan tidak perlu membayar prangko.

3)    Dapat menjangkau seluruh dunia.

4)    Anda dapat melampirkan dokumen, file gambar, foto, video, PDF, dll.

5)    Bisa disimpan untuk waktu yang lama.

6)    Ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas (paperless).

7)    Tidak memerlukan jasa orang lain (kurir).

8)    Pengiriman dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Apa Itu Surel dan Contohnya


Contoh Alamat Surel / Email

Mungkin Anda penasaran, seperti apakah contoh alamat surel / email itu. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

portalkelas@gmail.com

Keterangan:

portalkelas merupakan nama pengguna yang dituju oleh mailserver.

gmail.com merupakan mailserver dengan rincian sebagai berikut:

gmail: nama domain

com: kategori domain commercial.

Nama pengguna diatas bisa diisi apa saja dengan nama yang Anda inginkan. Sementara untuk mail server merupakan server yang bertugas mengirim dan menerima pesan. Meskipun kelihatannya sederhana, tugas mail server sebetulnya sangat kompleks dan rumit. Sebelum pesan diterima ke alamat surel tujuan, mailserver melaksanakan banyak tugas dengan melewati serangkaian server-server lain sebelum akhirnya terkirim.


Penyedia Layanan Surel / Email

Sekarang Anda memahami beberapa hal tentang email. Mungkin Anda sekarang sedang berpikir tentang cara membuat alamat email untuk diri Anda sendiri. Namun sebelum melakukannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa penyedia layanan email gratis di Internet. Sebenarnya ada banyak layanan yang tersedia, tetapi untuk saat ini saya hanya akan memilih tiga yang populer.


1)    Gmail

Gmail saat ini merupakan layanan surel / email paling populer. Menurut data, lebih dari 1,5 miliar orang menggunakan Gmail di seluruh dunia. Gmail yang dimiliki oleh raksasa Google ini memiliki reputasi yang sangat baik, terutama dalam hal keamanan. Padahal salah satu hal yang harus dipertimbangkan pengguna saat memilih layanan email adalah keamanan. Pastikan bahwa pesan yang Anda kirim dan terima melalui email tidak mengandung virus, spam, atau item berbahaya lainnya.

Keuntungan lainnya adalah Gmail terintegrasi dengan semua produk Google lainnya seperti Youtube, Google Drive, Chrome dll. Sekalipun saat ini Anda memiliki smartphone dengan OS Android, sebelum Anda memasukkan alamat email melalui Gmail, perlu diketahui bahwa tidak semua layanan Android tersedia. Integrasi ini memungkinkan Anda mengakses semua produk dan layanan Google menggunakan alamat email Anda. Kelebihan lain dari gmail sendiri yaitu setiap penggunanya bisa mendapatkan 15 GB penyimpanan gratis. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain gmail.com. Seperti “portalkelas@gmail.com”


2)    Yahoo Mail

Sebelum Gmail berkuasa seperti sekarang ini, Yahoo adalah penyedia layanan email yang sangat populer saat itu, dan kebanyakan orang menggunakan Yahoo. Yahoo Mail adalah penyedia layanan email yang sudah ada sejak tahun 1997. Sebelum zaman Gmail, kebanyakan orang di dunia menggunakan Yahoo Mail sebagai alamat email mereka. Meskipun Gmail telah kehilangan banyak ketenarannya, Yahoo Mail masih memiliki basis pengguna yang setia untuk saat ini. Dengan menggunakan email dari Yahoo, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menyimpan pesan di yahoo sebanyak 1TB secara gratis. Contoh email dari Yahoo biasanya menggunakan domain yahoo. Seperti “portalkelas@yahoo.com”.


3)    Outlook

Outlook adalah layanan email gratis dari Microsoft, sebelumnya dikenal sebagai Windows Live Hotmail. Mirip dengan Gmail Google, Anda juga dapat mengintegrasikan semua layanan Microsoft seperti Skype, MS. Office, One Drive Cloud, dll. dengan membuat akun Outlook. Penyedia layanan email yang satu ini disediakan gratis oleh Microsoft. Biasanya contoh emailnya menggunakan domain outlook.com. Seperti “portalkelas@outlook.com”.


Cara Membuat Surel / Email

Setelah mengetahui apa itu email? Selanjutnya, Anda juga perlu memahami bagaimana email dibuat dan dikirim. Jangan khawatir, ini sangat mudah. Pastikan Anda memiliki Gmail atau aplikasi email yang diunduh di ponsel Anda. Berikut cara membuat email:

1)    Akses salah satu penyedia layanan email (gmail, yahoo, mail.com, outlook.com, proton email, tutanota, lycos email, aol email, yendex email, redputih.id).

2)    Isi formulir yang diminta oleh penyedia email Anda. Mulai isi dengan nama depan, nama belakang, nomor telepon, tanggal lahir.

3)    Konfirmasikan pendaftaran Anda jika penyedia email Anda memerlukannya. Beberapa penyedia email biasanya memerlukan verifikasi nomor telepon.

4)    Selesai. Anda sekarang memiliki email sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini cara membuat akun email dengan layanan populer seperti Gmail dan Yahoo.


Cara membuat akun di Gmail

1)    Buka gmail.com di browser komputer Anda

2)    Klik buat akun

3)    Pilih “untuk diri sendiri”

4)    Lengkapi semua data (nama depan, nama belakang, nama pengguna, dan sandi)

5)    Klik “berikutnya”

6)    Masukkan nomor ponsel yang kamu gunakan

7)    Lengkapi tanggal kelahiran kamu, lalu klik “berikutnya”

8)    Maka kamu akan dibawa ke halaman privasi dan persyaratan. Scroll ke bawah dan klik “saya setuju”

9)    Selesai.


Cara membuat akun email di Yahoo

1)    Buka Yahoo Mail

2)    Klik “create an account” atau “buat akun”

3)    Isi semua data (nama depan, nama belakang, username/nama pengguna, password, nomor ponsel, dan tanggal lahir

4)    Kemudian klik “continue”

5)    Cek SMS masuk dari Yahoo yang dikirim ke nomor ponsel kamu

6)    Masukkan kode verifikasi dan klik “verify”

7)    Terakhir klik “done” dan kamu akan dibawa ke halaman utama Yahoo Mail

8)    Selesai.


Cara Mengirim Surel / Email

Setelah Anda membuat email sendiri, yang perlu Anda ketahui hanyalah cara mengirim dan menerima email. Saat mengirim email, Anda harus terlebih dahulu memasukkan alamat email, subjek, dan isi pesan. Saat mengirim dua pesan sekaligus, alamat email pertama dan kedua harus dipisahkan dengan tombol spasi atau tombol tab pada keyboard layar. Selanjutnya, di bagian object, Anda harus menulis beberapa kata yang menjelaskan konten email yang Anda kirim. Ini memudahkan penerima email untuk mengirim.

Sekarang akhirnya, Anda dapat menulis pesan Anda secara rinci di bagian penting, yaitu badan email, yang sering disebut "badan pesan". Batas karakter untuk badan email biasanya 2000 karakter. Selain itu, Anda memiliki keuntungan dapat mengirim gambar, dokumen, dan bahkan file audio melalui email untuk melengkapi isi pesan Anda. Setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah mengklik "Kirim" atau "Send". Ketika sebuah pesan terkirim, itu akan direkam di bagian "Pesan Terkirim" pada aplikasi email Anda.

Agar lebih jelas kami akan memandu Anda mengirim pesan menggunakan email Gmail secara detail. Berikut ini langkah-langkahnya:

1)    Klik tanda (+ tulis) di atas tulisan kotak masuk. Nanti akan muncul pop up di sebelah kanan bawah.

2)    Isi dengan format sebagai berikut: Kepada: isi alamat surel yang dituju. Subjek: berisi judul dari pesan yang akan dikirim. Pesan: pesan atau isi utama dari surel / email.

3)    Selain teks, Anda juga bisa melampirkan file gambar, video dan folder dengan cara mengklik ikon clip paper.

4)    Setelah semuanya selesai Anda bisa langsung klik kirim. Dalam hitungan detik email Anda sudah terkirim ke penerima.


Posting Komentar untuk "Apa Itu Surel dan Contohnya"